Murai Batu Lambat Panas

Murai Batu Lambat Panas ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Banyak perilaku murai batu yang ada ketika lomba, salah satunya adalah murai batu lambat untuk berkicau, dimana murai batu lawannya sudah panas dengan emosi, kicauan dan gaya bertarungnya, namun murai batu yang lambat panas masih belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya ketika lomba, meskipun pada akhirnya burung bisa tampil seperti lawanya.

Ya, lambat panas menjadikan penampilan burung tersebut terlihat kurang optimal ketika lomba, dan tentunya hal tersebut tidak disukai oleh pemiliknya, dan sebagai burung tententu dengan kondisi seperti itu ada permasalahan yang harus di atasi.

Daftar Isi

Penyebab Murai Batu Lambat Panas

Murai batu memiliki mental fighter dan teritorial, dimana di tempatnya berada murai batu lainnya, burung akan merasa terganggu dan mengeluarkan kicauannya yang cenderung untuk mengintimidasi lawannya.

Lihat Juga : Terapi Mandi Malam untuk Murai Batu Agar Gacor

Dan ketika murai batu ketika di dekati oleh murai batu lainnya, dan burung tidak langsung “ menyerang “  dengan kicauan yang mengintimidasi lawannya, maka ada beberapa kemungkinan yang membuatnya berperilaku seperti itu seperti :

  • Murai Batu Kurang Emosi
  • Murai Batu Kurang Birahi
  • Murai Batu Kurang Energi

Ya, ketiga hal tersebut kemungkinan besar yang membuat murai batu menjadi telat panas, karena faktor emosi, faktor birahi dan energi yang cukup menjadi faktor membuat burung rajin bunyi dan memiliki mental yang bagus.

Lihat Juga : Suara Murai Batu Full Isian

Cara Mengatasi Murai Batu Telat Panas

Untuk mengatasi hal tersebut tentunya perlu untuk mengetahui terlebih dahulu murai batu peliharaan anda, apa penyebabnya adalah kurang birahi, kurang emosi atau kurang energi.

Untuk tahap pertama, anda bisa memberikan ulat hongkong dan jangkrik lebih banyak untuk meningkatkan birahinya pada saat lomba nanti.

Lihat Juga : Setingan Pakan Murai Batu Lomba

  1. Kurang Emosi

Untuk mengatasi murai batu kurang emosi, untuk beberapa hari menjelang lomba, murai batu di jauhkan dari murai batu lainnya, dan sangkar burungnya harus dalam keadaan di krodong.

  1. Kurang Birahi

Birahi yang cukup atau stabil bisa membuat murai batu menjadi rajin untuk bunyi, dan ketika birahi kurang murai batu tidak bisa tampil dengan optimal.

Untuk mengatasi persoalan murai batu yang kurang birahi, bisa mengatasinya pada penjelasan lainnya, Baca Juga : Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Murai Batu Kurang Birahi.

  1. Kurang Energi

Agar energy murai batu meningkat, maka pemberian multivitamin harus di berikan beberapa hari sebelum lomba dan terutama  beberapa menit sebelum lomba.

Selain penjelasan di atas, untuk membuat murai batu tampil dengan sempurna, perlu di siapkan perawatan khusus menjelang lomba yang telah kami bahas penjelasan lengkapnya di artikel ini, Lihat Juga : Tips Mempersiapkan Murai Batu Lomba.

Demikianlah tips kali ini yang kami sampaikan untuk mengatasi murai batu lambat panas dengan beberapa kemungkinan penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *