cara memandikan burung lovebird

Cara Memandikan Lovebird

Posted on

Kicaumania.net – Memandikan lovebird memang membutuhkan cara yang tepat agar lovebird peliharaan tersebut memiliki badan yang sehat dan rajin untuk bunyi.

Untuk memandikan lovebird memang membutuhkan waktu yang tepat, seperti kondsi burung dalam keadaan seperti apa dan memilih waktu yang tepat.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar tentang cara memandikan burung lovebird dalam berbagai macam kondisi, seperti memandikan dalam keadaan normal, dalam keadaan over birahi, kurang birahi dan memandikan lovebird untuk kebutuhan terapi dan lain sebagainya.

Cara Memandikan Lovebird

Tahap dasar dalam memandikan lovebird, ketika selesai dimandikan, burung jangan di jemur langsung, tapi di angin-anginkan terlebih dahulu dan biarkan burung didis terlebih dahulu untuk merapihkan bulunya.

Lihat Juga : Manfaat dan Terapi Lovebird Mandi Air Es

Untuk memandikan lovebird bisa dilakukan 1 kali sehari hingga 4 kali dalam sehari tergantung kondisi burung dan kebiasaan burung itu sendiri.

  • Memandikan Lovebird Pagi Hari

Untuk memandikan lovebird pada pagi hari dilakukan sebaiknya pada saat awal matahari mulai muncul hingga jam 10.00 siang, karena jika di jemur di atas jam 10.00 panas mataharinya terlalu terik, sehingga tidak bagus untuk kesehatan burung.

Namun, sebelum dimandikan, burung di embunkan terlebih dahulu.

  • Memandikan Lovebird Siang dan Sore Hari

Jika kurang, lovebird bisa di mandikan kembali pada siang, namun burung tidak perlu di jemur.

Manfaat mandi siang untuk lovebird cocok dilakukan untuk lovebird yang sedang mengalami over birahi dan juga untuk membuat burung tidak terlalu kepanasan ketika matahari siang terlalu terik.

Untuk memandikan sore hari bisa dilakukan kembali dan burung jemur beberap menit saja.

Lihat Juga : Cara Menjemur Lovebird

  • Memandikan Lovebird Malam Hari

Untuk beberapa kondisi, lovebird perlu untuk di mandikan pada malam hari, pada jam 06.00 – 09.00 malam untuk  menstabilkan birahi dan membuat penafasan burung lebih bagus, sehingga lovebird mampu ngekek panjang.

Baca Selengkapnya : Manfaat dan Cara Memandikan Lovebird Malam Hari

  1. Memandikan Lovebird Kurang Birahi

Lovebird yang kurang birahi, anda bisa memandikannya sekali sehari atau seminggu 3 kali dan ketika memandikannya jangan terlalu basah kuyup, karena lovebird yang kurang birahi harus lebih lama di jemur untuk meningkatkan birahinya.

Dan ketika lovebird sering dimandikan ketika sedang kurang birahi bisa membuat birahinya semakin menurun.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Kurang Birahi

  1. Memandikan Lovebird yang Over Birahi

Lovebird yang over birahi harus lebih sering di mandikan untuk menurunkan birahinya menjadi stabil kembali.

Pagi hari di mandikan hingga basah kuyup, sore hari di mandikan terlebih dahulu dan pada malam hari mandikan kembali dengan menyemprot bulu dadanya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Birahi Tinggi

  1. Mandi Sendiri dan Mandi di Keramba

Untuk media dalam memandikan lovebird, tinggal di sesuaikan saja, bisa mandi semprot, mandi di sendiri di keramba atau baskom kecil dan mandi di pancuran air.

  1. Mandi Basah Kuyup

Setiap 2 – 3 kali dalam seminggu lovebird di mandikan di baskom besar yang berisi air, dan biarkan burung berenang disana hingga bulunya basah kuyup.

Lihat Juga : Cara Membuat Lovebird Latah

Cara ini cukup dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu, karena cara ini bisa menguras energy burung dan jangan di lakukan setiap hari karena bisa membuatnya menjadi terlalu kecapean.

Untuk menfaat mandi hingga basah kuyup ini, memiliki manfaat untuk membuat nafas burung menjadi panjang, sehingga burung mampu ngekek dengan durasi panjang.

Demikianlah tips kali ini yang bisa kami bagikan seputar cara memandikan burung lovebird agar burung mampu ngekek dengan durasi panjang dan memiliki kesehatan yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *