lovebird mandi malam
gambar lovebird mandi malam

Rahasia Manfaat di Balik Lovebird Mandi Malam Agar Ngekek Panjang

Posted on

Bicara tentang burung termasuk burung lovebird, mandi malam merupakan hal yang mungkin sering terdengar dari kalangan kicaumania Indonesia.

Pada umumnya, banyak para pecinta burung kicauan memandikan burung peliharaannya tersebut dilakukan untuk meredam birahi burung yang terlalu tinggi, sehingga burung memiliki mental yang baik, dan juga menjadikannya rajin berkicau.

Ya, birahi burung lovebird merupakan hal yang penting untuk di stabilkan pada burung tersebut, entah itu ketika burung di rumah atau burung ketika burung menjelang ikut lomba.

Salah satu lovebird yang terkenal saja, seperti lovebird kusumo, sering dimandikan ketika malam hari, dengan menyemprot dadanya dengan air 3 kali setelah Isya.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya terkait mandi malam pada lovebird yang akan kalian ketahui dengan membaca penjelasannya di bawah ini secara lengkap.

Manfaat Lovebird Mandi Malam

Pada dasarnya, memandikan burung lovebird malam hari memiliki manfaat yang baik untuk burung itu sendiri yang membuat tubuhnya menjadi rileks,segar bugar, setelah seharian beraktifitas, terutama selepas burung di lombakan.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Kusumo

Dengan membuat burung menjadi segar bugar kembali setelah dimandikan pada malam hari, tentunya ini menjadi sangat baik untuk membuatnya menjadi lebih fighter,  ngekek dengan durasi panjang dan juga rajin untuk berkicau.

Dan untuk manfaat lainnya terkait pada mandi malam lovebird, diantaranya :

  • Menjadikan lovebird menjadi stabil nantinya ketika di arena lomba kicauan
  • Badan lovebird menjadi segar dan fresh, sehingga membuatnya menjadi rajin bunyi
  • Dapat menjadi anteng ketika ngekek di tangkringan atau nagen
  • Mampu mendrongkrak suara ngekek lovebird
  • Menstabilkan birahi lovebird
  • Ngekeknya menjadi stabil dan panjang durasi ngekeknya

Cara Memandikan Lovebird Malam Hari

Untuk memandikan lovebird memang membutuhkan cara yang tepat, agar nantinya ketika memandikannya burung mendapatkan hasil yang optimal, bukan sebaliknya.

  1. Usia Lovebird

Perhatikan usia dan kemampuan burung ketika berkicau, dan biasanya umur ideal untuk memandikan lovebird pada malam hari bisa di mulai ketika lovebird sudah berumur 3,5 bulan.

Jika lovebird tersebut sudah gacor ketika berumur 3,5 bulan, maka bisa memandikan malam untuk membuatnya semakin gacor dan nagen ketika ngekek.

Namun, jika lovebird yang berumur 3,5 bulan tersebut belum gacor, sebaiknya jangan dimandikan pada malam hari terlebih dahulu sebelum gacor, karena dapat membuatnya malam menjadi gembos, jarang berkicau, performa menjadi drop dan kalaupun ngekek sambil tidur.

Lihat Juga : Suara Masteran Lovebird Mp3

Akan, tetapi untuk lovebird betina sebaiknya dimandikan pada malam hari, sebaiknya di lakukan ketika lovebird tersebut sudah berumur 4 bulan.

  1. Basahi Bulu Lovebird Secukupnya

Ketika memandikan lovebird pada malam hari, sebaiknya jangan terlalu basah atau basah kuyup, karena bulunya akan sulit kering dan membuat burung menjadi kedinginan dan bisa membuatnya menjadi sakit.

Untuk itu, untuk memandikan lovebird pada malam hari, sebaiknya cukup di semprot beberapa kali bagian tubuhnya, sehingga ketika bulunya basah, akan cepat kering kembali dengan sendirinya, tanpa berlama-lama basah bulunya.

Intinya, lovebird mandi malam langsung krodong, agar bisa berisitirahat dengan cukup ketika malam hari setelah dimandikan.

Setelah dimandikan, lovebird bisa di krodong sangkarnya dan sekaligus bisa di master hingga beberapa jam.

  1. Waktu Mandi Malam Lovebird

Kalau lovebird kusumo di mandikan setelah isya, sekitar jam 07.30, dan jika lovebird anda ingin di mandikan pada malam hari, maka bisa memandikannya di waktu tersebut kurang lebih.

Memandikan lovebird pada malam hari, sebaiknya jangan terlalu malam, karena jika terlalu malam udaranya terlalu dingin, dan di khwatirkan lovebird menjadi sakit.

Baca Juga : Jebol Birahi Lovebird Agar Ngekek Konslet

Untuk memilih waktu memandikan lovebird pada malam hari, bisa dilakukan pada jam 19.00 – 07.50 .

Selain itu, jika kondisi cuaca lingkungan kurang kondusif, sebaiknya lovebird jangan di mandikan terlebih dahulu, misalkan memandikannya ketika cuaca sedang musim hujan, dan kondisi lainnya yang tidak memungkinkan untuk memandikan lovebird di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *