burung hantu putih

Burung Hantu Putih: Ciri-ciri, Fakta, Karakter, Asal-usul dan Makanan

Posted on

Burung hantu memiliki beberapa jenis, termasuk burung hantu putih, yang memiliki warna dominan bulunya putih, tebal dan halus yang mungkin tidak banyak orang ketahui di kalangan masyarakat Indonesia.

Berbicara tentang burung hantu putih, banyak hal yang perlu untuk di ketahui, seperti ciri-ciri, karakter, makanan dan lain sebagainya.

Untuk itu yuk simak penjelasan lengkap tentang burung hantu putih pada artikel di bawah ini.

Asal Usul Burung Hantu Putih

Burung hantu putih memiliki nama lain, seperti burung hantu salju, Snowly owl.

Burung yang satu ini cenderung bisa di temukan di semua benua, kecuali antartika. Dan bahkan di Tasmania dan Australia pun burung ini bisa di temukan.

Selain itu burung hantu salju juga tersebar di Inggris raya dan tempat lainnya, seperti Asia barat, Asia tenggara, Asia selatan, Amerika serikat, Amerika Utara dan Eropa.

Karakter Burung Hantu Putih

Burung hantu memiliki beberapa jenis, dan setiap burung hantu memiliki karakter yang berbeda-beda, kebiasaan dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Daftar Harga Burung Hantu

  1. Cara Berburu

Burung hantu putih memiliki bulu seperti beludru, sehingga ketika terbang nyaris tanpa suara, selain itu bulu sayapnya memiliki jumbai-jumbai, sehingga mampu meredam kepakan kedua sayapnya ketika sedang terbang.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh burung hantu salju saat terbang hampir tidak bersuara, dalam hal memburu mangsanya tidak harus selalu dalam kesunyian seperti yang dilakukan oleh jenis burung hantu lainnya.

Meskipun burung hantu ini terkenal berburu makanan di malam hari, namun burung ini faktanya dapat berburu 24 jam, tergantung kebutuhan makan burung tersebut, seperti berburu ketika siang hari, malam hari, kondisi panas dan musim dingin.

  1. Mata Burung hantu Putih

Mata burung hantu salju terdiri sel-sel sensitif dengan ukuran pupil yang besar, sehingga burung hantu yang satu ini mampu memberikan penglihatan monokromatik, yang artinya dengan kelebihan dari matanya tersebut, burung hantu salju memiliki kemampuan melihat dalam gelap lebih bagus 3 sampai 4 kali dari kemampuan melihat manusia ketika gelap.

  1. Leher Burung Hantu Putih

Memiliki fleksibelitas leher yang bagus, dimana burung hantu ini memiliki kefleksibelan leher yang mampu memutarkan lehernya hingga 270 derajat, dalam 4 arah yang berbeda.

  1. Kemampuan Mendengar

Memiliki lapisan bulu-bulu pendek yang melingkar di sekitar telinganya yang memiliki manfaat sebagai reflektor atau pemantul, sehingga mampu mendengarkan suara yang bagus.

Jadi , tidak heran, burung hantu ini memiliki kemampuan mendengar yang sangat peka terhadap suara, dan bahkan mampu memangsa hewan mangsaannya dalam gelap dan bisa memprediksi arah mangsaannya secara akurat lewat pendengarannya yang bagus.

  1. Berpoligami

Sebuah penelitian menemukan, bahwa burung hantu salju jantan memiliki karakter yang berpoligami, dan bahkan mampu kawin 2 kali dalam setahun.

Dalam hal membuat sarang, antara sarang betina satu dan sarang betina lainnya memiliki jarak sekitar 100 meter, sehingga burung hantu putih tidak terjadi pertengkaran karena poligami tersebut.

  1. Telur

Burung hantu putih mampu kawin 2 kali setahun dan untuk bertelur, burung hantu putih betina mampu bertelur sebanyak 3 – 6 butir.

  1. Teritorial

Burung hantu putih memiliki sifat teritorial terhadap lingkungannya, untuk mempertahankan lingkungannya dari burung hantu lainnya, dan terkadang terlihat pertengkaran antar burung hantu lainnya, jika di sekitar wilayahnya ada burung hantu lainnya.

  1. Burung Karnivora

Burung hantu putih bisa di bilang dapat memakan semua hewan, seperti tikus, ikan, angsa, bebek, musang, marmut, tupai, kelinci dan hewan lainnya.

Dan burung hantu ini juga mampu memangsa ikan hanya dengan menggunakan kakinya.

  1. Sering diam

Burung hantu putih memiliki kebiasaan yang berdiam diri di satu tempat hingga beberapa jam.

Baca Juga : Jenis Burung Hantu Beserta Gambarnya

Ciri-ciri Burung Hantu Putih

burung hantu putih jantan dan betina
gambar burung hantu putih jantan dan betina
  1. Ukuran Tubuh

Ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 52 – 71 Cm, sedangkan untuk panjang sayapnya bisa mencapai 126 – 145 cm dan untuk berat badanya mencapai 1,6 – 3 kg .

  1. Bulu Tubuh

Bulu tubuh burung hantu putih dewasa jantan memiliki warna putih bersih, sedangkan untuk bulu tubuh betinanya terdapat bercak hitam.

Untuk anakan burung hantu putih jantan memiliki warna putih dan bercak hitam, dan ketika tumbuh dewasa, warna hitamnya akan hilang dan tersisa warna putih bersih.

Namun, untuk bulu anakan burung hantu putih betina memiliki warna bintik hitam, dan bahkan sampai dewasapun bintiknya tidak akan hilang.

  1. Mata

Mata burung hantu ini memiliki 2 warna, yakni warna kuning dan hitam. Untuk bagian tengah matanya bewarna hitam, sedangkan untuk bagian tepi matanya bewarna kuning.

  1. Paruh

Memiliki paruh yang bewarna hitam dengan ukuran kecil paruhnya kecil tapi tajam, sehingga burung hantu putih mampu memangsa hewan buruannya seperti musang, tupai, tikus, marmut dan hewan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *