cara jebol birahi lovebird jantan

Cara Bikin Jebol Birahi Lovebird Jantan Agar Ngekek Konslet

Posted on

Jebol birahi pada lovebird merupakan salah satu teknik yang cukup banyak di lakukan oleh para kicaumania Indonesia, dimana untuk membuat lovebird memiliki suara ngekek konslet salah satunya dengan cara membuatnya jebol birahi.

Lovebird jantan ketika memasuki usia dewasa atau sudah siap kawin, maka burung tersebut akan terlihat sering berkicau, dimana hal tersebut merupakan salah satu cara burung untuk menarik pasangannya.

Namun, ketika birahi lovebird tersebut sudah melebihi birahi yang seharusnya, dalam artian lovebird dalam keadaan Tinggi Birahi, maka salah satu cara lovebird untuk melampiaskan birahinya jika tidak tersalurkan pada pasangannya maka lovebird akan mengosok-gosokkan kelaminnya ke tangkringan atau biasa di sebut juga Gestang.

Ada beberapa para kicaumania yang  beranggapan, dengan lovebird yang sering mengalami over birahi bisa di sebut dalam kondisi yang tidak baik, karena dapat mempengaruhi kualitas burung dalam mengeluarkan kicauannya menjadi menurun.

Ya, pada dasarnya jika birahi lovebird terlalu tinggi, akan menurunkan performanya, namun hal tersebut bisa di manfaatkan dengan cara yang benar, agar burung menjadi ngekek konslet.

Dengan melihat lovebird yang sering memiliki birahi yang tinggi, biasanya para pecinta lovebird sering memandikannya sehari 2 kali, pada pagi dan juga malam hari untuk menurunkan birahi lovebird.

Lihat Juga : Perbedaan Birahi Gacor dan Birahi Kawin Lovebird

Namun , dengan seiringnya waktu,dan melihat banyak para pemelihara lovebird sering menemukan lovebird jantan yang over birahi tersebut dengan melakukan perawatan membuat birahi lovebird jantan semakin memuncak.

Semakin tinggi birahi lovebird tersebut, maka akan semakin murah nantinya untuk setingan jebol birahi agar membuat lovebird menjadi konslet.

Cara Jebol birahi Lovebird Jantan

Jebol birahi merupakan suatu kondisi yang bisa di sebut, dimana birahi yang terjadi pada lovebird jantan melebihi dari birahi seperti pada umumnya, sehingga ini merupakan tahapan untuk membuat lovebird menjadi konslet.

Apakah Lovebird Fighter bisa konslet ?

Hal tersebut pernah kami sampaikan pada artikel lainnya tentang merubah lovebird fighter menjadi konslet, sengaja kami pisahkan pembahasannya, karena caranya membuat konsletnya agak berbeda, silahkan baca dulu , Baca Juga : Cara Merubah Lovebird Fighter jadi Konslet .

  1. Berikan Pakan Yang Tepat

Dalam membuat lovebird menjadi jebol birahi, maka berikan pakan yang bisa meningkatkan birahi burung itu sendiri. Makanan yang bagus untuk meningkatkan birahi yaitu pakan dari kangkung ,atau bisa juga pakan dari jagung.

Namun, agar tetap kebutuhan Gizi burung tercukupi, sehingga burung memiliki energy yang cukup, maka berikan juga pakan dari lainnya,seperti milat canary dan jenis pakan lainnya.

Baca Juga : Ragam Manfaat Kangkung untuk Lovebird

  1. Multivitan Breader

Salah satu manfaat dari Multivitamin untuk breader adalah untuk meningkatkan birahi lovebird agar cepat naik, karena memang multivamin breader ini sebenarnya di khususkan untuk beternak lovebird. Namun , salah satu manfaat penting dalam hal jebol birahi lovebird adalah meningkatkan birahi, maka bisa menuggunakan multivitamin tersebut untuk mempercepat naiknya birahi.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird

  1. Perawatan Jebol Birahi Lovebird

Perawatan harian pada lovebird tetap dilakukan seperti aktifitas memandikan, pengembuanan dan juga menjemur lovebird.

Namun , untuk pengembuanan dan memandikan lovebird dikurangi, seperti hanya menyemprot secukupnya yang penting bulunya basah dan hindari untuk memandikan malam, karena dengan memandikan malam justru bisa menurunkan birahinya.

Menjemur lovebird memiliki manfaat juga untuk meningkatkan birahi, maka lakukan penjemuran seperti biasa dilakukan setiap harinya sebagai penunjang untuk membuat lovebird jebol birahi.

Note: Agar Konslet lovebird ngunci, alias tidak berubah-ubah karakternya, maka perlu di kunci agar selalu tetap konslet, baca penjelasannya, Baca Juga : Cara Ngunci Konslet Lovebird

  1. Simpan Dekat dengan kandang Ternak

Meningkatkan birahi lovebird dengan cara menyimpan lovebird secara berdekatan dengan kandang ternak yang di huni lovebird yang diternakan adalah salah satu tips untuk mendorong lovebird ingin kawin, sehingga birahi lovebird menjadi naik karenanya, karena terpancing ingin kawin dengan melihat lovebird lain kawin.

Dalam hal membuat lovebird menjadi jebol birahi pada penjelasan di atas sebenarnya cukup, asalkan dilakukan dengan cara yang rutin, meskipun tidak bisa membuat lovebird ngekek gestang seperti yang di harapkan dalam waktu singkat.

Hindari untuk melakukan tips yang aneh-aneh atau memberikan pakan atau suplemen yang aneh pula, karena jika gagal membuat lovebird jebol birahi, maka akan membuat bulu lovebird menjadi rontok dan kualitas burung menjadi menurun.

Ciri-ciri lovebird jebol birahi telah sukses dilakukan, bisa dilihat dari kicauannya yang ngekek sambil gestang, terkadang sambil manggut-manggut.

Nah, jika burung sudah ngekek gestang, maka hal untuk dilakukan adalah bagaimana memanfaatkan kondisi tersebut sehingga burung lovebird memiliki kicauan ngekek konslet.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Konslet Seteleh Jebol Birahi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ciri-ciri lovebird sering ngekek adalah cara burung untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Nah , dengan hal itu, agar burung mau ngekek konslet maka lakukan proses penjodohan atau memberikan pasangan yang cocok.

Carilah betina lovebird yang cocok untuk lovebird jantan yang sedang jebol birahi tersebut, dan lakukan penjodohan, seperti yang telah di sampaikan pada artikel lainnya , Baca : proses penjodohan Lovebird .

Namun , perlu untuk di ketahui, menjodohkan lovebird yang birahi stabil akan lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan lovebird dalam keadaan gestang, terlebih jebol birahi, dimana burung tersebut birahinya dalam keadaan terlalu berlebihan dan sulit terkendali dan sulit untuk di jodohkan.

2 comments

  1. selamat sore om, kalau misalkan lovebird jantannya kawin, apakah bisa ? saolnya pernah kepantau kawin.

    tapi, di lihat dari perubahannya memang, burungnya udah ngekek konslet, walaupun udah kawin.

  2. Mantap om, lovebird saya sekarang kalau ngkekek terlihat cuek , mungkin udah konslet kali ya ? Tp kalo di lihat ciri-cirinya kaya normal ajja, seakan ga ada peribahan perilaku yg mencolok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *