tahapan lovebird konslet

Proses Tahapan Penting Membuat Lovebird Mau Konslet

Posted on

Lovebird konslet kerap kali di sukai oleh kalangan lovebirdmania, karena kelebihan lovebird konslet dia mampu ngekek dengan durasi panjang, terlihat cuek dan seakan tidak merasa terganggu dengan lingkungan sekitarnya dan fokus pada suara kicauannya.

Untuk membuat lovebird menjadi konslet memang tidak datang bergitu saja, perlu treatmen khusus yang harus dilakukan, dan bahkan sebagian dari kicau mania meskipun sudah merawat lovebird dengan lama, burung kerap kali tidak mau konslet, dan hanya mengeluarkan suara karakternya saja.

Daftar Isi

Mengatur Birahi Lovebird Konslet

Salah satu hal yang mempengaruhi lovebird konslet adalah dengan melihat dan memahami tentang karakter lovebird, karena ada 2 jenis birahi lovebird, seperti birahi gacor dan birahi kawin.

  1. Birahi Gacor Lovebird

Birahi gacor merupakan birahi dimana burung akan menjadi keluar sifat fighternya dan emosi, dan burung akan akan menjadi menjadi rajin berkicau dan lovebird akan ngotot ketika mendengar suara lovebird lainnya.

Meskipun pada saat birahi gacor, lovebird memiliki hasrat untuk kawin, namun hal tersebut tertutupi oleh sifat fighter dan emosinya.

  1. Birahi Kawin Lovebird

Birahi kawin biasanya terjadi ketika merawat burung secara berlebihan, dimana dengan perawatan yang dilakukan membuat testosteron pada tubuh burung menjadi meningkat, sehingga burung cenderung ingin kawn.

Lihat Juga : Cara Jebol Birahi Lovebird Agar Konslet

Biasanya ketika birahi kawin sudah muncul biasanya hasrat burung kawin akan memuncak dan membuat burung ingin mengawini pasangannya, dan jika birahinya tersebut tidak tersalurkan, maka burung akan memiliki perilaku geek tangkringan, cabut bulu hingga macet bunyi.

Tahapan Membuat Lovebird Konslet

Ketika dalam pelatihan lovebird untuk di buat konslet memiliki birahi gacor, maka akan memicu konslet muncul, seperti lovebird menjadi mangap-mangap sambil mengangkat kepala keatas ( lipsyng ) , dan ciri-ciri konslet lainnya, maka selanjutnya adalah dengan meneruskan settingannya hingga burung menjadi gacor.

  1. Perawatan Sebelum Konslet

Perawatan ini dilakukan sebelum lovebird konslet, alias burung sedang menuju konslet dengan melihat ciri-ciri lovebird mau konslet yang telah di sampaikan di atas.

Jika lovebird sudah memiliki untulan atau pasangan, maka berikut adalah perawatannya:

  • Pisahkan lovebird dengan pasangan atau untulannya
  • Lovebird di jemur setiap hari selama 2 jam untuk lovebird betina, sedangkan untuk lovebird jantan di jemur sekuatnnya saja
  • Ketika selesai dimandikan, lovebird di jemur dan di tempel di dekat pasangannya, namun sangkar burung jangan di krodong, karena jika di krodong, maka burung akan menjadi fighter, bukan konslet
  • Ketika di mandikan, burung di biarkan mandi sendiri bisa menggunakan bak mandi kecil atau menggunakan keramba
  • Berikan setelan kencang, yang di lengkapi ekstrafooding seperti jagung muda manis

Baca Juga : Tips Memilih Lovebird Konslet Ombyokan

  1. Perawatan Setelah Lovebird Gacor

Setelah perawatan di atas dan membuat burung menjadi gacor, maka untuk membuatnya menjadi konslet adalah dengan merubah perawatannya, seperti :

  • Lovebird di satukan dengan untulan atau pasangannya
  • Ketika di jemur di usahakan lovebird di jemur secara bersamaan dan disimpan dengan pasangan lovebird lainnya
  • Setelah di jemur, lovebird di pisahkan dengan untulan/pasangannya dengan jarak yang cukup berjauhan
  • Ketika sore hari menjelang malam hari, burung di satukan kembali bersama pasangannya

Nah, demikianlah tips kali ini admin kicaumania.net sampaikan dalam proses membuat lovebird menjadi konslet.

Lakukan cara di atas secara bertahap hingga burung gacor dan konslet nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *