kesalahan merawat lovebird

Kesalahan Kecil dalam Merawat Lovebird Namun Berdampak Besar

Posted on

Kicaumania.net – Dalam merawat lovebird memang banyak beragam cara yang bisa di pilih sesuai minat pemilik, namun perlu di perhatikan juga, setiap cara yang ada tidak semua cocok untuk dilakukan pada lovebird peliharaan anda, karena setiap lovebird memiliki karakter yang berbeda-beda.

Kesalahan dalam perawatan lovebird, banyak sekali yang terjadi dari kalangan lovebirdmania, sehingga yang awalnya lovebird rajin ngekek dengan durasi cukup lama, menjadi memliki durasi ngekek yang pendek-pendek atau jarang bunyi.

Ada beberapa hal dalam kesalahan dalam perawatan lovebird yang sering dilakukan oleh lovebirdmania, namun kesannya terlihat kecil atau sepele, namun efeknya sangat besar untuk lovebird sehingga performa dan kualitas burung menjadi menurun.

Kesalahan Perawatan Lovebird

Anda bisa membaca satu persatu kesalahan-kesalahan dalam perawatan lovebird di bawah ini, karena mungkin anda pernah melakukannya, entah itu di sengaja atau tidak di sengaja dan jika itu pernah dilakukan, sebaiknya hindari dan tidak dilakukan lagi.

  1. Merubah Perawatan

Banyak para kicau mania Indonesia melakukan kesalahan dalam perawatan lovebird dengan merubah-rubah pola perawatan.

Dan biasanya, perawatan tersebut dilakukan karena tergiur dengan perawatan lovebird dari kicau mania lainnya tanpa menghiraukan perawatan yang sudah dilakukan, dan langsung merubah perawatannya.

Ketika perawatan baru yang dilakukan tidak cocok dengan lovebird, tentunya akan menurun pada kualitas lovebird itu sendiri yang awalnya rajin bunyi mendadak malas bunyi.

Carilah sertingan yang tepat dan terpenting konsisten dalam melakukannya, karena jika hanya meniru cara orang lain bisa jadi perawatan tersebut tidak cocok untuk lovebird anda dan bisa membuat burung menjadi mudah mabung dan stres.

Baca Juga : Manfaat Memandikan Lovebird Malam Hari

  1. Memancing Bunyi dengan Cara yang Tidak Tepat

Banyak para kicaumania yang memancing burung mau bunyi dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan memutar suara lovebird Mp3.

Namun, cara yang dilakukan tidak tepat, misalkan memutar suara masteran Mp3 terlalu keras, memutar suara Mp3 pada saat burung sedang aktif.

Memutar suara masteran pada saat burung aktif, maka burung yang di pancing bunyi akan rajin bunyi hingga burung kelelahan dan bahkan untuk beberapa kasus, burung tidak merespon suara masterannya.

Lakukan pemasteran ketika burung sedang bersitirahat, karena burung bisa fokus mendengarkan, agar suara masterannya bisa masuk.

Selain itu, memutar suara pancingan yang terlalu keras juga bisa membuat lovebird menjadi drop dan juga birahi karenanya.

  1. Sering di Trek dengan Lovebird Lain

Jika terlalu sering di trek dengan lovebird lainnya, ada beberapa kemungkinan terjadi, yang pertama burung kelelahan, sehingga ketika lomba burung tidak memiliki stamina yang cukup dan birahi burung menjadi tidak stabil.

Banyak para kicaumania sering trek lovebird untuk melatih mental burung, namun jika dilakukan terlalu sering justru dapat mental dan penampilan lovebird kurang baik.

Ketika memelihara banyak lovebird di rumah, usahakan jaraknya jangan terlalu dekat dan juga selalu dalam keadaan krodong dan hanya saling melihat satu sama lain atau lovebird lain ketika lovebird di jemur dan dimandikan.

Dan untuk trek lovebird sebaiknya dilakukan seminggu sekali bersama teman-teman kicaumania lainnya yang memiliki hobi yang sama atau ikut latber dan lain-lain.

  1. Lovebird Gacor di Rumah tapi tidak di Lapang

Sering di temukan, dimana lovebird sering berkicau di rumah, namun ketika di saat lomba burung tidak gacor dan cenderung banyak diam.

Jika melihat hal tersebut memang burung tidak memiliki mental dan belum siap lomba.

Untuk penyebab lovebird gacor di rumah, namun dilapang tidak gacor, bisa di sebabkan oleh pengaruh pakan dan faktor burung di rawat sendiri dalam waktu lama, sehingga alasan burung gacor di rumah karena birahi kawin, bukan karena birahi gacor.

Lihat Juga : Penjelasan Birahi Kawin dan Birahi Gacor

  1. Terlalu Banyak Memberikan Sayur dan Buah

Memberikan vareasi pakan seperti sayur memang bagus, namun jika terlalu banyak memberikan sayuran untuk lovebird lomba justru akan membuatnya drop.

Untuk keperluan tertentu memang memberikan banyak buah dan sayur itu bagus, seperti keperluan kontes warna atau untuk ternak. Namun untuk lovebird lomba bisa membuat burung menjadi over birahi dan menggangu kualitas kicauannya.

Dan makanan tambahan untuk lovebird lomba, hanya di berikan pakan jagung muda dan kangkung, dan itupun di berikan sedikit saja, 1 sampai 2 hari sekali saja, sedangkan untuk pakan hariannya, cukup milet putih saja.

  1. Dijemur terlalu lama

Menjemur memang bisa membuat birahi lovebird naik, sehingga ketika di pancing bunyi burung mau bunyi, namun jika burung terlalu lama di jemur atau burung di jemur pada saat matahari sangat terik, maka bisa membuat memicu burung menjadi stres, dan jika di biarkan dapat membuat kematian pada lovebird.

Lihat Juga : Cara Memandikan dan Menjemur Lovebird

Untuk hasil yang efektif, burung di jemur selama 1 jam saja, dan itupun dilakukan di bawha jam 10.00, karena jika di atas jam tersebut suhu mataharinya terlalu panas.

  1. Kurangi Asupan Vitamin

Pemberian vitamin pada lovebird memang masih pro dan  kontra, dengan alasan yang kontra adalah dimana burung dapat memenuhi kebutuhan vitamin dari pakan yang di konsumsinya.

Namun, kebutuhan vitamin burung di pelihara di rumah dan di alam liar itu berbeda. ketika di alam liar, burung bisa mengkonsumsi makanan apa saja yang di temukan dan disukai, namun ketika di di pelihara di dalam sangkar, asupan vitamin tergantung dari pemberian pakan yang di berikan pemiliknya, terlebih lagi pakan yang di berikan hanya milet putih.

Dengan melihat hal tersebut, sebaiknya berikan juga multivitamin yang bisa kalian beli di kios burung, karena pakan yang biasa lovebird anda konsumsi berlum mencukupi kebutuhan gizi lovebird, dan multivitamin menjadi solusi untuk menambah asupan penting untuk tubuh burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *