manfaat kangkung untuk lovebird

Manfaat Kangkung untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

Posted on

Kicaumania.net – Sebagian pembaca mungkin pernah melihat lovebird mengkonsumsi sayuran kangkung, atau mungkin sebagian lainnya sering memberikan kangkung terhadap lovebird peliharaannya dengan harapan burung rajin mengeluarkan suaranya.

Ya, dengan jumlah yang tepat, memang dengan pemberian kangkung dapat meningkatkan birahi burung sehingga lovebird rajin ngekek.

Akan tetapi jika jumlah kangkung yang di berikan di berikan secara berlebihan, dapat membuat lovebird menjadi over birahi.

Memilih Kangkung untuk Lovebird

Untuk memberikan lovebird sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kangkung yang ada, karena setiap kangkung memiliki kandungan dan kelebihan masing-masing, seperti memilih kangkung darat dan kangkung air.

Dan jika anda yang masih bingung untuk memilih kangkung mana yang akan di berikan pada lovebird peliharaanya, maka Kicaumania.net merecomendasikan kangkung darat saja, karena lerbih di sukai oleh lovebird dan lebih bagus.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Emosi Tinggi

kangkung untuk lovebird

Cara Memberikan Kangkung untuk Lovebird

Jangan asal memberikan kangkung pada lovebird, karena ada beberapa hal penting untuk dilakukan, agar manfaat yang ada pada kangkung dapat di rasakan oleh burung.

  • Berikan daun dan batang kangkung yang paling muda
  • Cuci terlebih dahulu kangkung dengan air bersih atau air garam, agar kotoran yang menempel hilang. Terutama untuk menghilangkan bahan kimisa/pestisida, jika kangkung tersebut berasal dari tempat yang menggunakan bahan tersebut
  • Setelah di cuci, biarkan kangkung di simpan terlebih dahulu hingga tidak basah dan siap di berikan pada lovebird
  • Berikan kangkung pada lovebird dan di simpan selama 4 jam, karena jika lebih lama dari 4 jam, kangkung sudah mulai busuk dan tidak baik buat kesehatan lovebird, sebaiknya buang dan ganti dengan kangkung yang masih baru

Lihat Juga : Kesalahan Merawat Lovebird

Manfaat Kangkung untuk Lovebird

Kangkung bisa di berikan pada lovebird lomba dan juga loveibrd ternak, karena jika di berikan pada lovebird ternak bagus untuk organ reproduksi burung, dan ketika di berikan pada lovebird lomba, dapat membuat birahi burung menjadi naik dan bisa menenangkan.

Pada dasarnya, kangkung memiliki manfaat untuk lovebird yang dapat menenangkan dan juga mendinginkan serta menaikan birahi lovebird.

Dan biasanya pada pemilik lovebird sering memberikan beberapa batang/daun kangkung sebelum di gantang di arena lomba.

Untuk lovebird ternak, bisa di berikan kangkung setiap harinya yang di dukung dengan pakan lainnya.

Sedangkan untuk lovebird lomba, pakan hariannya bisa di berikan milet putih setiap hari, jangung seminggu 2 – 4 kali dan kangkung di berikan 2 -3 kali dalam seminggu, tergantung burung, jika burung di berikan kangkung 2 kali dalam seminggu sudah gacor, maka cukup segitu setingannya, dan jika masih kurang gacor maka bisa di tambah.

Nah, demikianlah ulasan tentang manfaat kangkung untuk lovebird dan cara memberikannya, sehingga manfaat yang terdaspat pada kangkung, bisa di rasakan oleh lovebird.

Manfaat Kangkung untuk Lovebird dan cara memilih dan memberikannya untuk lovebird lomba dan lovebird ternak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *