cara ternak lovebird

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar

Posted on

Cara ternak Lovebird – memiliki lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan, namun untuk mendapatkan hasil kicauan yang bagus dari lovebird itu sendiri membutuhkan perawatan yang rutin setiap harinya, agar bisa tumbuh menjadi lebih sehat dan aktif.

Tidak semua pemilik burung peliharaan tau dan bisa melakukannya dengan cara yang tepat yang dapat membuat lovebird menjadi sehat dan juga aktif.

Jika kicaumnia belum melakukan perawatan yang rutin dari lovebird yang sedang dipelihara, maka bisa dengan melakukan tips pada penjelasan di bawah ini dengan lengkap.

Cara ternak lovebird merupakan langkah yang tepat bagi seseorang yang ingin mengembangbiakan menjadi lebih banyak sehingga dengan cepat bertelur dan memproduksi anakan yang baik pula.

Beberapa temen-temen kicaumania yang memiliki lovebird yang berkualitas dengan suara kicaun yang indah tentunya dapat menjadikan anakan dari burung tersebut dapat meningkat harganya. Dari pada menjual indukan berkualitas karena kicauannya bagus dengan harga mahal, maka sebagian orang lebih memilih mengembangbiakannya menjadi lebih banyak dan lebih banyak menjual harga tinggi dari turunannya tersebut.

Cara Ternak Lovebird koloni Yang Benar

cara ternak lovebird koloni yang benar

Untuk melakukan ternak lovebird secara koloni, maka bisa dengan cara menyiapkan beberapa pasangan , misalkan 4 pasang lovebird atau lebih. Menyiapkan beberapa jodoh yang pas, dimaksudkan untuk menghindari perkelahian, jika salah satu tidak mendapatkan jodoh, karena merebut pasangan lainnya.

Ukuran kandang tentunya harus lebih besar untuk ternak lovebird secara koloni, agar burung labet bisa leluasa untuk bergerak dan terlebih bisa terbang-terbang pendek.

Selain itu siapkan beberapa gelodok untuk disiapkan, sehingga ketika sewaktu-waktu lovebird mau bertelur.

Siapkan 4 buah glodok jika didalam kandang koloni ada 4 jodoh lovebird atau lebih juga tidak apa-apa, asalkan jangan kurang dari jumnlah tersebut.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Kawin

cara ternak lovebird agar cepat kawin

Setelah disiapkan kandang koloni lovebird, maka selanjutnya adalah dengan cara agar lovebird bisa kawin dan tentunya hal yang awal dilakukan adalah dengan cara menjodohkannya.

Untuk lengkap cara menjodohkan lovebird, maka bisa membaca pembahasan lainnya, terkait cara menjodohkan lovebird dan  juga cara membedakan lovebird jantan dan betina.

Ada hal yang bisa temen-temen perhatikan dari penjelasan arikel lainnya di link di atas tentang :

  • Cara memilih indukan
  • Membedakan jenis kelamin lovebird
  • Menjodohkan lovebird dari sangkar hingga koloni
  • Memilih pakan yang berkualitas

Jika Sudah membacanya, mari kita lanjutkan pembahasannya agar lovebird dapat produksi anakan yang berkualitas.

gambar lovebird lucu

Ketika persyaratan sudah tercukupi, maka penting sekali pada saat sebelum dan pada saat mengeram memberi asupan pakan yang berkualitas dan juga Vitamin.

Adapun makan yang bisa di pilih antara lain ;

  • Jagung manis muda
  • Millet putih dan merah
  • Buah apel
  • Jewawut
  • Kenari
  • Tauge
  • Voer
  • Kangkung
  • Dan lainnya

Cek, makanan lovebird lainnya dihalaman ini DISINI .

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

cara ternak lovebird agar cepat bertelur

  1. Kandang Ternak Lovebird

Untuk memilih kandang lovebird untuk ternak, maka bisa menyesuaikan saja dan bisa membelinya di kios burung. Dan bagi kalian yang ingin beternak lovebird untuk satu pasang maka, bisa dengan menggunakan kandang yang berukuran 60 x 44 x 40 Cm saja. Namun , jika lebih dari 1 jodoh, maka bisa dengan menggunakan ukuran yang lebih dari itu.

  1. Proses Pengeraman

Setelah proses bertelur sudah selesai, maka seanjutnya adalah ketahap pengeraman, waktu yang dibutuhkan dalam mengeram telur Lovebird bisa mencapai 22 sampai 25 hari, dengan jumah telur ideal yang biasa di hasilkan Lovebird 8 buah telur. Akan tetapi ,jika telur Lovebird tidak menetas hingga ke hari 27, maka bisa dengan membuangnya karena tidak akan menetas, atau kalo masih kurang yakin, maka bisa denganmengeceknya telrebih dahulu sebelum membuangnya.

Agar indukan bisa mengeram dengan baik, maka kondisikan kandang dalam keadaan bersih dari kotoran atau juga sisa pakan yang jatuh, selain itu dengan kandang yang bersih akan tehindar penyakit yang mungkin menyerang pada burung indukan atau anakannya ketika sudah menetas telurnya.

Untuk menghindari gagal menetas telur lovebird, maka bisa dengan menggunakan lampu spectrum, karena mengingat, tidak semua peternak lovebird kandang dari glodok atau kandangnya terkena sinar matahari. Namun , jika kandang dari lovebird tidak terkena sinar matahari, maka bisa dengan menggunakan lampu spectrum untuk menjaga suhu kandang tidak dingin dan juga tidak teralu panas tentunya.

Untuk setting suhu panas cukup di berikan 20 celsius (5500 Kelvin) saja, namun jangan terlalu sering digunakan, gunakan secukupnya saja,karena jika terlalu sering malah membuat kandang jadi terlalu hangat. Jadi sesuaikan saja dengan lingkungan anda sekalian, karena setiap lokasi memiliki suhu lingkungan yang berbeda-beda.

Dalam masa proses pengeraman, sebaiknya menghindari untuk sering membuka glodok, karena penasaran dengan jumah telur, atau ingin mengetahui apakah sudah menetas atau belum dan lain sebagainya, agar indukannya menjadi tidak terganggu.

Pada proses pengeraman berlangsung, maka peran indukan lovebird sangat penting untuk di perhatikan, dan biasanya sesekali, lovebird jantan akan masuk ke glodok untuk meloloh indukan betinanya untuk memberikan makanan.

  1. Pakan Lovebird Anakan

Makanan menjadi hal yang harus di perhatikan ketika anakan lovebird sudah menetas dari telurnya, karena pakan dari lovebird dewasa dan anakan berbeda dan tentunya yang di sesuaikan dengan kebutuhan dari Nutrisi, kemampuan pencernaannya.

Para kicau mania biasanya memberikan pakan berupa bubur khusus untuk lovebird atau pakan yang di beli di warung, seperti bubur untuk bayi dan diberikan pakan tersebut ketika umur 10 sampai 15 hari dengan melolohnya.

Namun , untuk memudahkan dalam mengkonsumsi pakan tersebut, maka bisa dengan membuat buburnya di bikin encer, setelah mulai besar ,maka bisa di buat kental bubur yang di berikannya secara bertahap.

Selain pakan yang di perhatikan untuk anakan lovebird, maka pada saat pengeraman, maka indukan lovebird tercukupi kebutuhan pakannya, dengan menyediakan pakan yang tersedia di dalam kandang untuk memudahkan burung makan ketika lapar.

Nah, sekarang sudah taukan tentang cara ternak lovebird agar cepat produksi dan bertelur untuk mendapatkan kualitas terbaiknya dari lovebird tersebut.

Salam kicau mania .

Artikel Terkait

2 thoughts on “Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *