lovebird tidak mau kawin

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Lovebird yang Tidak Mau Kawin

Posted on

Burung yang kerap kali belum mau kawin menjadi suatu hal yang cukup menjengkelkan, apalagi pemilik burung ingin cepat mendapatkan keturunan dari burung tersebut.

Dalam hal beternak, menjodohkan merupakan tahapan penting untuk dilakukan, namun terkadang ketika burung sudah terlihat seperti berjodoh, namun satu sama lain masih belum mau kawin dan dikawini.

Jika, hal tersebut terjadi pada lovebird peliharaan rekan-rekan kicaumania, tentunya perlu melihat terlebih dahulu tentang penyebabnya, karena bisa jadi hal tersebut di sebabkan oleh beberapa hal, misalkan usia burung belum mapan atau burung belum benar-benar bejodoh.

Penyebab Lovebird Tidak Mau Kawin

Setiap burung lovebird yang tidak mau kawin, bisa di sebabkan oleh berbagai macam hal yang berbeda, namun yang pastikan terlebih dahulu umur lovebird yang akan di ternakan sudah berumur paling tidak sekitar 7 sampai 8 bulan.

  1. Belum Sepenuhnya Berjodoh

Terkadang, banyak orang yang beranggapan, ketika burung sering tidur secara berdekatan ketika di satu kandangkan di anggap sudah benar-benar berjodoh.

Namun, siapa tau di lain waktu, justru burung sering betengkar di kandangnya, karena satu sama lain belum cocok atau belum benar-benar berjodoh.

  1. Jantan lovebird jarang meloloh

Salah satu kebiasaan jantan lovebird ketika sudah berjodoh akan meloloh betinanya, dan biasanya jika jantan sering meloloh betina, hal yang akan dilakukan selanjutnya akan kawin dan di kawini.

  1. Jantan Sering merusak sarang

Salah satu kebiasaan betina lovebird ketika akan di ternak akan lebih sibuk membuat dan merapihkan sarangnya, untuk di gunakan nantinya untuk bertelur, namun, jika jantan lovebird sering merusak sarangnya, biasanya burung tidak mau kawin.

  1. Belum Cukup Umur

Umur menjadi salah satu yang membuat lovebird tidak mau kawin, paling tidak, pilihlah lovebird yang sudah berumur sekitar 7 sampai 8 bulan, namun jika di umur tersebut burung belum matang, maka pilihlah yang sudah berumur sekitar 9 sampai 1 tahun keatas.

Sebenarnya untuk umur 8 bulan saja sudah cukup untuk di ternakan, namun itu tergantung dari perawatannya.

  1. Lovebird kurang Sehat

Lovebird yang tidak mau kawin, bisa jadi di sebabkan oleh kurang fit pada burung itu sendiri, sehingga burung belum mau kawin.

Atau bisa juga di sebabkan oleh kurang fit badannya, memiliki cacat, kurang birahi atau hal lainnya.

  1. Berjenis kelamin yang sama

Lovebird tergolong burung yang cukup sulit untuk di bedakan jenis kelaminnya, dan terkadang ketika di jodohkan untuk di ternakan, burung tidak mau kawin-kawin, padahal burung sudah terlihat berjodoh.

download suara burung

Satu kelamin yang sama menjadi salah satu penyebab yang cukup sering dilakukan oleh kicaumania dalam menjodohkan lovebird yang akan di ternakan, terutama bagi pemula.

Baca Juga : Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Cara Mengatasi Burung Lovebird tidak Mau Kawin

 Jadi, ketika ingin mengatasi persolanan tersebut ketahui terlebih dahulu tentang penyebabnya, karena setiap burung memiliki penyebab yang berbeda-beda.

  1. Umur Lovebird

Memilih umur yang sudah matang artinya memilih burung yang sudah siap berprodukai antara jantan dan betina , sehingga organ tubunya sudah benar-benar matang.

Jadi, jika ingin memilih umur, minimal lovebird sudah berumur 7 sampai 8 bulan, namun jiak di umur tersebut belum benar-benar matang organ reprodusinya, maka tinggal tunggu hingga benar-benar siap saja, dengan melakukan perawatan lainnya untuk meningkatkan birahi burung, seperti memberikan pakan kangkung.

  1. Perhatikan pakan

Agar kesehatan burung terjaga sehingga burung menjadi aktif dan memiliki birahi stabil, tidak kurang birahi dan over birahi, maka untuk pakan dari biji-bijian di berikan secara full, seperti kwaci, milet putih dan merah, canary seed.

Dan paling penting berikan juga pakan dari kangkung setiap harinya, karena kangkung dapat meningkatkan birahi burung menjadi naik, sehingga burung satu sama lain mau kawin dan dikawini.

Dan berikan juga pakan jagung seminggu 3 kali dan tauge.

  1. Suplemen Untuk Ternak

Sekarang ini, untuk membantu ternak menjadi lancar, sehingga meningkatkan kualitas telur dan kawin, maka bisa memberikan suplemen tambahan khusus untuk ternak yang bisa di beli di kios burung.

  1. Pisahkan lovebird yang belum berjodoh

Jika penyebab burung lovebird tidak mau kawin di sebabkan oleh burung yang belum benar-benar berjodoh, maka pisahkan burung tersebut sangkarnya hingga beberapa hari, namun dalam penyimpanannya sangkarnya disimpan dengan jarak berdekantan dengan posisi tangkringan sejajar.

Lihat Juga : Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Kawin

  1. Perhatikan kandang

Kandang yang bersih, dapat membuat burung menjadi nyaman, selain itu dapat menghindari dari serangan penyakit yang mengancam kesehatannya.

  1. Mendekatkan Indukan Lovebird lainnya

Cara ini sangat efektif untuk membuat burung lovebird yang kerap tidak mau kawin, sehingga burung tersebut terdorong untuk mau kawin dan di kawini, karena sering melihat pasangan lovebird lainnya melakukan kawin.