cara membedakan lovebird pejantan dan betina

18 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dewasa Dan Anakan

Posted on

Memelihara lovebird merupakan salah satu hobi yang mengasyikan, selain itu dengan memelihara lovebird juga dapat mendapatkan keuntungan ketika memiliki lovebird yang berprestasi. Seperti menjadi juara dari lomba kicau dan lain sebagainya.

Melakukan pembudidayakan lovebird menjadi salah satu peluang yang dapat seseorang lakukan untuk menghasilkan lovebird baru dan nantinya dapat dijual keorang lain. Karena mengingat harga lovebird bulan memiliki harga yang lumayan satu ekor dan bahkan hingga ada yang mencapai jutaan rupiah, tergantung warna atau kualitas kicauan.

Siapapun temen-temen sekalian, maka hal yang butuhkan dalam membudidakannya menjadi lebih banyak lagi, maka di perlukan teknik penjodohan lovebird  yang tepat dan yang penting adalah kedua berbeda jenis kelaminnya. Karena mengingat lovebird bisa berjodoh dengan yang memiliki jenis kelamin yang sama. Jadi temen-temen kicaumania harus jeli karenanya.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Lovebird memiliki warna yang bayak dari jenis-jenisnya, dan dari setiap jenis yang ada memiliki kesulitan tersendiri dalam membedakan antara betina dan jantan.

Jadi ketika seseorang mau memebedakanntya maka untuk warna tertentu akan mengalami sulit untuk dibedakan, dan ada juga yang gampang untuk dilakuan.

Jika membadakan dari warna tentunya memiliki kesulitan tersendiri jika anda ingin melakukannya. Namun, kali ini kicaumania.net akan memberikan cara yang mudah untuk temen-temen sekalian untuk bisa di terapkan sekarang juga degan mudah.

  1. Perbedaan dari paruh

Untuk melihat bahwa lovebird tersebut memiliki jenis kelamin tertentu yang harus temen-temen kicau mania lakukan adalah dengan cara melihat perbedaan dari paruhnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Berdada Nyilet

  • Paruh jantan

Lovebird jantan memiliki bentuk bagian atasnya terlihat lancip dan bagian paruh lainnya tidak jauh beda seperti lovebird betina.

  • Paruh Betina

Lovebird betina memiliki bentuk yang berbeda dari penjantan, dimana paruh bagian atas akan terlihat tumpul.

  1. Sayap Lovebird

Sayap dari lovebird betina dan jantan memiliki kebiasaan dan karakter yang berbeda dalam kebiasaannya masing-masing, terutama dalam Fostur sikap.

  • Sayap betina

Lovebird betina memiliki kebiasaan yang ketika menutup sayap ujungnya akan tertutup rapat antara sayap kanan dan sayap kiri.

  • Sayap pejantan

 Sayap pada lovebird pejantan bisa dilihat dari karakternya ketika menutupnya maka ujung bagian sayapnya akan terlihat menyilang antara syap yang kanan dan kiri.

  1. Ukuran Tubuh

Hal terakhir untuk membedakan dari jenis kelamin jantan dan betina bisa dilihat dari postur badannya.

Lovebird jantan memiliki fostur tubuh yang lebih Kecil dibandingkan dengan lovebird betina pada umumnya. Meskipun lovebird jantan itu berbadan  kecil.

Baca Juga : Cara Memilih Lovebird Konslet di Ombyokan

  • Bobot Tubuh

Perbedaan Lovebird jantan dan betina bisa di bedakan dari bobot tubuhnya, dimana burung lakbet jantan memiliki tubuh yang kecil dan ringan. Sehingga ketika di pegang akan terasa ringan atau melayang.

Sedangkan bobot tubuh burung lovebird betina berisi, dan besar, sehingga ketika di pegang lovebird betina terasa berat.

Perbedaan Lovebird Betina dan Jantan dari Karakternya

Untuk membedakan lovebird betina dan jantan, bukan hanya bisa di lihat dari fisiknya, akan tetapi bisa juga di lihat dari kebiasaannya.

  1. Ketika Lovebird Birahi

Ketika birahi, lovebird jantan dan  betina memiliki perbedaan dari kebiasaannya ketika ingin kawin.

Dan untuk melihat perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi diantaranya :

  • Lovebird betina sering menggigit benda yang yang ada di sekitarnya, termasuk benda yang akan di masukan ke sangkarnya
  • Lovebird betina sering membuka kedua sayapnya sambil ekor dan pantatnya nungging keatas
  • Lovebird jantan ketika over birahi akan menggesek-gesekan duburnya ketangkringan
  • Lovebird jantan ketika birahi akan sering banyak mondar mandir ketika birahi, sedangkan betina lovebird cenderung pasif
  • Lovebird jantan ketika birahi akan sering mengeluarkan suara “ tek, tek, cit, cit “
  • Lovebird jantan akan manggut-manggut, tanda burung ingin meloloh betina, terutama ketika di dekatkan dengan betina, lovebird jantan akan lebih sering manggut-manggut untuk mengeluarkan makanan dari mulutnya
  1. Membuat Sarang

Lovebird jantan dan betina memiliki kebiasaan yang berbeda dalam membangun sarang, dimana lovebird betina akan lebih aktif untuk membangun sarang dibandingkan dengan betina.

Sedangkan lovebird jantan, cenderung banyak diam dan melihat betina membangun sarang.

Akan tetapi, ada beberapa lovebird jantan juga yang rajin membangun sarang ketika di kandang ternak, meskipun jarang ditemukan.

Lihat Juga : Cara Memilih Lovebird Josan

  1. Gaya Ngekek

 Banyak dari kalangan lovebirdmania yang memelihara lovebird betina untuk lomba, karena banyak yang percaya, bahwa lovebird betina memiliki prosfek yang baik dalam kemampuan ngekeknya.

Meskipun begitu, lovebird jantan juga memiliki prosfek yang bagus yang mampu ngekek dengan durasi panjang.

Namun, biasanya lovebird jantan ketika ngekek sering aktif bergerak di bandingkan dengan lovebird betina.

  1. Tes DNA Lovebird

Membedakan lovebird jantan dan betina memang cukup sulit untuk dilakukan, terutama dilakukan bagi seorang pemula.

Untuk itu, agar lebih akurat untuk mengetahui kelamin lovebird jantan dan betina, bisa melakukan test DNA yang memiliki keakuratan 99% .

Nah, berikut adalah beberapa cara membedakan lovebird jantan dan betina yang bisa anda coba lihat pada penjelasan itu. Sebenarnya banyak cara lainnya untuk melihat burung cinta ini pejantan atau betina, seperti ketika burung sudah siap kawin, yang betina cenderung nungging dan mengepak-ngepak sayapnya dan penjantan sering menggesek-gesekan kelaminnya ke tangkringan atau sangkarnya, ketika sedang over birahi atau gestang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *