cara membedakan lovebird pejantan dan betina

Cara Membedakan Lovebird Pejantan dan Betina Dewasa Dan Anakan

Posted on

Memelihara lovebird merupakan salah satu hobi yang mengasyikan, selain itu dengan memelihara lovebird juga dapat mendapatkan keuntungan ketika memiliki lovebird yang berprestasi. Seperti menjadi juara dari lomba kicau dan lain sebagainya.

Melakukan pembudidayakan lovebird menjadi salah satu peluang yang dapat seseorang lakukan untuk menghasilkan lovebird baru dan nantinya dapat dijual keorang lain. Karena mengingat harga lovebird muda umur 3 bulan paling murah saja bisa mencapai 250.000 satu ekor dan bahkan hingga ada yang mencapai jutaan rupiah, tergantung warna dan jeniisnya.

Siapapun temen-temen sekalian, maka hal yang butuhkan dalam membudidakannya menjadi lebih banyak lagi, maka di perlukan teknik penjodohan lovebird  yang tepat dan yang penting adalah kedua berbeda jenis kelaminnya. Karena mengingat lovebird bisa berjodoh dengan yang memiliki jenis kelamin yang sama. Jadi temen-temen kicaumania harus jeli karenanya.

Cara Membedakan Lovebird Pejantan dan Betina

Lovebird memiliki warna yang bayak dari jenis-jenisnya dan dari setiap jenis yang ada memiliki kesulitan tersendirinya. Jadi ketika seseorang mau menjodohkannya maka untuk warna tertentu akan mengalami kesulitan, dan ada juga yang gampang untuk dilakuan.

Jika membadakan dari warna tentunya memiliki kesulitan tersendiri jika anda ingin melakukannya dengan melihat dari warnanya saja. Namun, kali ini kicaumania.net akan memberikan cara yang mudah untuk temen-tmen sekalian untuk bisa di terapkan sekarang juga degan mudah.

  1. Perbedaan dari paruh

Untuk melihat bahwa lovebird tersebut memiliki jenis kelamin tertentu yang harus temen-temen kicau mania lakukan adalahdengan cara melaihat perbedaan dari paruhnya.

  • Paruh jantan

Lovebird jantan memiliki bentuk bagian atasnya terlihat lancip dan bagian paruh lainnya tidak jauh beda seperti lovebird betina.

  • Paruh Betina

Lovebird betina memiliki bentuk yang berbeda dari penjantan, dimana paruh bagian atas akan terlihat tumpul.

  1. Perbedaan Dari Sayapnya

Sayap dari lovebird betina dan jantan memiliki kebiasaan dan karakter yang berbeda dalam kebiasaannya masing-masing, terutama dalam postur sikap.

  • Sayap betina

Lovebird betina memiliki kebiasaan yang ketika menutup sayap ujuungnya akan tertutup rapat antara sayap kanan dan sayap kiri.

  • Sayap pejantan

 Sayap pada lovebird pejantan bisa dilihat dari karakternya ketika menutupnya maka ujung bagian sayapnya akan terlihat menyilang antara syap yang kanan dan kiri.

  1. Perbedaan Dari badannya

Hal terakhir untuk membedakan dari jenis kelamin jantan dan betina bisa dilihat dari postur badannya. Lovebird jantan memiliki fostur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan lovebird betina yang lebih kecil pada umumnya. Meskipun lovebird pejantanitu berbadan  kecil, akan tetapi memiliki bentuk yang terlihat berisi.

Nah, berikut adalah beberapa cara membedakan lovebird penjantan dan betina yang bisa anda coba lihat pada penjelasan itu. Sebenarnya banyak cara lainnya untuk melihat burung cinta ini pejantan atau betina, seperti ketika burung sudah siap kawin, yang betina cenderung nungging dan mengepak-ngepak sayapnya dan penjantan sering menggesek-gesekan kelaminnya ke tangkringan atau sangkarnya.

Artikel Terkait

One thought on “Cara Membedakan Lovebird Pejantan dan Betina Dewasa Dan Anakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *