cara memelihara burung lovebird

Cara Merawat Lovebird Dewasa dan Paud Agar Ngekek Panjang

Posted on

Merawat lovebird merupakan cara yang sebaiknya banyak orang lakukan untuk mendapatkna hasil yang terbaik untuk mencapai burung kesayangan kicau mania. Mungkin sebagian dari kita dalam memelihara burung ini, lebih menyukai bentuk dan warnanya, namun yang namanya burung tidak lengkap namanya jika tidak dibarengi dengan kicauan yang indah yang dimilikinya.

Kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam mendapatkan hasil suara yang indah sesuai harapan, dan biasanya ketika lovebird memiliki suara yan indah, maka harga jual burung akan meningkat , apalagi sampe dapat menjuarai lomba, dan tentunya bagi temen-temen pemilik lovebird akan merasa di untungkan oleh karenanya.

 

Banyak factor yang dapat memperngaruhi burung untuk rajin berbunyi, sehingga dapat mengeluarkan kicauan yang indah dan gacor. Namun , faktanya tidak semua burung yang dipelihara seseorang memiliki stamina yang bagus yang dapat membuat lovebird rajin berbunyi.

 

Mungkin sebagian dari kicamania.net pernah melakukan perawatan tertentu untuk mencapai burung idamannya tersebut rajin berbunyi. Namun hasil yang didapatkannya belum bisa mendatangkan hasil yang maksimal. Namun, kali ini temen-temen akan mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika anda tidak memiliki lovebird dan ingin memeliharanya, maka bisa dengan memilih jenis lovebird yang memiliki umur yang masih muda, sekitar 4 bulan. Karena pada masa tersebut lovebird masih belajar dalam mengeluarkan kicauannya.

Cara Merawat Lovebird Agar Ngekek Panjang

Jika kicau mania, memiliki keinginan untuk untuk melatih suara masteran tertentu, maka bisa dengan memilih yang berumur masih muda, karena selain itu memiliki harga relative murah. dan jika temen-temen sudah terlanjur membeli lovebird yang memiliki umur yang melebihi umur tersebut, maka untuk melakukan perawatan pada dasarnya sama untuk dilakukan.

  1. Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting, karena bagaimana mungkin jika lovebid anda dapat bisa aktif berbunyi kalau memiliki stamina yang lemah dan sedang sakit. Jadi di saat melakukan perawatan untuk menghasilkan suara yang indah dengan cara yang lainnya, maka pastikan terlebih dahulu kesehatannya dapat terjaga dengan baik.

  1. Memandikan lovebird

Bukan hanya manusia, lovebird juga harus dimandikan setiap harinya, karena dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan juga staminanya. Banyak orang yang percaya dengan memandikan lovebird dapat menginkan stamina burung tersebut. Namun , dengan memandikannya dapat membantu dalam menjaga kesehatan dan membersihkan kotoran yang menempel pada bulunya yang berkemungkinan adanya bakteri jahat yang akan menyerang kesehatan lovebird.

Adapun untuk memandikan lovebird bisa dilakukan pada pagi hari sekitar jam 7, agar ketika dimandikan bisa langsung dijemurnya.

Untuk memandingan lovebird bisa dilakukan pada jam 7, lalu jemur hingga jam 10 pagi . setelah di diamkan selama 30 menit di tempat teduh, maka burung bisa dengan dimandikan lagi hingga basah kuyup dan jemur kembali  sampai jam 12 siang.

 

Ketika pada jam 12 setelah penjermuran selesai, maka selanjutnya diamkan kandang lovebird di tempat teduh, hingga sore hari .

Pada masa di diamkan pada jam 12 tersebut, maka bisa dengan melatih suara lovebird dengan memberikan suara masteran melalui mp3 atau burung lainnya untuk berlatih.

  1. Melatih suara

Ketika umur burung kicau lovebird dimasa umur muda, tentunya belum memiliki materi suara , maka dengan memberikan audio suara masteran lovebird, diharapkan burung peliharaan anda memiliki suara yang bagus seperti masteran tersebut. Dan nantinya suara tersebut akan digunakan untuk menarik perhatian lawan jenisnya untuk mendapatkan jodoh.

Namun, bagi anda yang memiliki burung diatas 5 bulan dan sudha memiliki suara yang sering dikeluarkan, maka bisa melakukan cara ini, agar merangsang burung untuk menambah materi suara yang dimiliknya,entah itu dengan meperdengarkan suara burung dari mp3 atau dari lawan latihannya.

  1. Pemberian pakan

Ketika perawatan sudah dilakukan dari tahapan di atas, maka diperlukan pemberikan pakan dan vitamin untuk mendorong kesehatan burung itu sendiri. Millet merupakan makanan yang digemari oleh lovebird. Atau anda bisa membaca artikel lainnya, terkait makanan lovebird pada artikel yang sudah admin infosikan sebelumnya.

Adapun makanan tersebut bisa anda berikan secara bergantian, seperti jagung manis, toge, apel, millet merah atau millet putih dna makanan kesukaan lovebird lainnya. Selain itu, makan seperti jegung manis akan mengingkatkan birahinya dan membuatnya menjadi rajin berbunyi.

  1. Membersihkan kandang

Kandang yang kotor dapat menguundang berbagai macam penyakit pada burung, salah satunya bakteri, karena kotoran yang menumpuk dari  kotoran dan juga sisa makanan yang jatuh saat dikonsumsi. Seperti yang telah di sampaikan di atas, kesehatan menjadi hal yang utama yang penting untuk diperhatikan.

Ketika kadang mulai kotor,entah dari sisa makanan dan juga kotoran lovebird itu sendiri, maka sebaiknya lakukan perawatan dengan cara rutin membersihkannya, ketika di rasa itu perlu untuk dibersihkan maka bersihkan, jangan sampai menunggu kotorannya tersebut menumpuk , apalagi sampai memiliki aroma bau.

Nah, berikut adalah beberap tips yang bisa dilakukan dalam cara merawat lovebird agar rajin gacor dan juga sehat, sehingga lebih aktif dan mendatangkan hasil yang terabik seperti yang di inginkan.

Artikel Terkait

5 thoughts on “Cara Merawat Lovebird Dewasa dan Paud Agar Ngekek Panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *