lovebird jantan fighter

Tips Settingan Lovebird Jantan Fighter Agar Stabil Saat Lomba

Posted on

Lovebird jantan dan lovebird betina memang sama-sama bisa memiliki kemampuan bunyi dengan durasi ngekek yang panjang.

Banyak yang beranggapan, bahwa lovebird betina lebih bagus di bandingkan dlovebird jantan, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena banyak juga lovebird jantan yang mampu ngekek dengan durasi panjang.

Untuk kelebihan dan kekurangan lovebird jantan dan betina, memang lovebird betina memiliki keunggulan lain di bandingkan dengan lovebird jantan.

Cara Merawat Lovebird Jantan Fighter

Menstabilkan birahi lovebird jantan memang harus terus di perhatikan dalam perawatannya, sehingga ketika saat lomba, lovebird jantan bisa ngekek dengan panjang.

Lovebird jantan memiliki kekurangan, dimana ketika di melihat lovebird betina, entah tu di rumah atau di saat lomba dan burung naik tiba-tiba birahinya, maka lovebird jantan akan menjadi gelisah dan jarang bunyi, sehingga burung tidak bisa ngekek dengan durasi panjang.

Namun, ketika birahi lovebird selalu stabil birahinya, meskipun di dekati oleh lovebird betina di arena lomba, maka burung akan ngekek dengan durasi panjang.

Baca Juga : Tips Terapi Mandi Es Batu untuk Lovebird

Untuk itu, agar birahi burung tetap stabil, maka perawatan harian dan perawatan menjelang lomba, kami sampaikan di bawah ini.

  1. Pengembunan Lovebird

 Embun pada pagi hari untuk lovebird jantan peliharaan anda, karena dengan pengembunan murai batu pada jam 05.00 – 06.00 dapat membuat birahi lovebird selalu stabil. Selain itu, dengan udara pagi hari di jam tersebut dapat membuat kesehatan burung terjaga, terutama kesehatan paru-paru dan pernafasan burung.

Lihat Juga : Pilih Lovebird Jantan atau Betina Yang Bagus Untuk Lomba

  1. Lovebird rajin di jemur

Pada pagi hari sekitar jam 07.00 – 09.00 setelah burung di embunkan dan dimandikan, burung di jemur di bawah jam 09.00 pagi sekitar 2 jam saja paling lama.

  1. Kerodong

Setelah proses penjemuran selesai dilakukan, burung di simpan yang sejuk dan di krodong sambil menyediakan pakan berupa milet putih , exstrafooding seperti jagung muda, air minum dan cepuk untuk burung mandi.

Lihat Juga :  Cara Menjemur dan Memandikan Lovebird

  1. Jangan di trek dulu

Untuk sementara burung di jauhkan dari lovebird lainnya agar burung tidak banyak mengeluarkan suara, seperti membawanya ke pasar burung dan tempat lainnya yang banyak burung.

Persiapan Perawatan Lovebird Jantan Fighter Lomba

Agar lovebird bisa tampil maksimal, seperti birahi stabil dan burung mampu ngekek dengar durasi panjang dan tidak terpengaruhi birahinya ketika dekat dengan lovebird betina, maka berikut ada tips perawatannya.

  • Hentikan penjemuran ketika H-2 menjelang lomba dan burung sering di krodong
  • 10 – 12 jam burung lomba burung di mandikan dan memberikan pakan kesukaannya seperti jagung, milet putih dan juga kangkung
  • Beberapa menit ketika burung akan di gantang, burung di krodong di tempat atau suhu yang panas agar burung tidak kaget ( cukup sebentar dan sambil memantau takutnya burung terlalu kepanasan )
  • Jika suhu di sekitar lomba terlalu panas dari tempat anda, maka semprot terlebih dahulu tangkringan dan krodong sangkarnya

Lakukan cara di atas secara rutin untuk lovebird jantan peliharaan anda agar ngekek dengan durasi yang panjang ketika saat lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *