Terapi Mandi Es Batu untuk Lovebird

Manfaat dan Cara Terapi Mandi Es Batu untuk Lovebird yang Tepat

Posted on

Banyak cara yang dilakukan untuk merawat burung lovebird, salah satunya melakukan terapi mandi es batu untuk memaksimalkan kemampuan berkicau burung.

Terlepas dengan itu, tentunya untuk memandikan lovebird dengan air es atau air dingin membutuhkan cara yang tepat, sehingga tidak menyakiti burung menjadi sakit, dana harapan untuk meningkatkan kualitas suara lovebird bisa tercapai sesuai harapan.

Manfaat Mandi Es untuk Lovebird

Untuk mendapatkan manfaat ketika memandikan lovebird dengan es batu tentunya harus memastikan terlebih dahulu tentang memperhatikan kondisi burung tersebut.

Baca Juga : Cara Memandikan dan Menjemur Lovebird

Jangan sekali-kali memandikan lovebird dengan menggunakan air es batu ketika burung dalam keadaan kurang fit atau dalam keadaan sakit, yang ada malah dapat membuat burung menjadi semakin memperparah sakitnya.

Untuk itu perhatikan kondisi burung dalam keadaan fit, kondisi lingkungan sekitar bagus, tidak dalam keadaan hujan, ada angin yang besar.

Manfaat memandikan lovebird tentunya dapat meningkatkan stamina burung dan juga untuk menurunkan birahinya.

Cara Terapi Mandi Es Batu untuk Lovebird

Ketika syarat untuk memandikan lovebird seperti yang telah disampaikan di atas sudah terpenuhi, maka untuk selanjutnya dalah cara melakukannya.

Baca Juga : Tips Settingan Lovebird Betina untuk Lomba

  • Siapkan 3 liter air dan balok es ukuran 1 liter
  • Campurkan antara balok es dan air hingga sebagian besar es baloknya udah mencair
  • Masukan campuran air es balok tersebut ke dalam sprey
  • Semprotkan ke burung dengan setelan halus/ halus
  • Ketika saat di semprotkan, pastikan burung dalam kedaan berada di tangkringan , sehingga burung terlatih untuk nagen di satu tangkringan

Lihat Juga : Penyebab Lovebird Stres

  • Mandikan lovebird dengan Es Batu setiap 2 – 3 kali dalam seminggu
  • Untuk waktu kapan memandikan lovebird bisa dilakukan kapan saja, bisa pagi, siang dan sore hari, dan jika ingin memandikannya ketika malam hari, cukup dilakukan sekitar jam 19.00

Catatan : untuk memandikan lovebird dengan es batu ketika malam hari, sebaiknya jangan terlalu malam dan perhatikan juga faktor cuaca, karena mengingat es batu itu, sangat dingin, sehingga burung tidak masuk angin dan sakit karena kedinginan

Nah, demikianlah tips kali ini yang bisa kami bagikan untuk rekan-rekan lovebirdmania untuk melakukan terapi mandi es batu untuk lovebird, selamat mencoba dan semoga lovebirdnya ngekek dengan durasi panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *