manfaat cabai untuk burung pleci

Manfaat Cabai untuk Burung Pleci dan Burung Lainnya

Posted on

Banyak cara untuk memberikan makanan yang bisa di berikan pada burung peliharaan, salah satunya burung pleci.

Dimana, banyak makanan yang bisa di konsumsi oleh burung tersebut, sehingga kandungan yang terdapat pada burung tersebut dapat membuat kesehatan burung menjadi optimal dan membuat burung menjadi rajin untuk berkicau.

Ya, cabai merupakan jenis makanan yang bisa diberikan pada burung peliharaan.

Sebagian dari kicaumania mungkin akan bertanya, apakah mungkin burung pleci ketika mengkonsumsi cabai akan merasa kepanasan atau merasakan lada seperti ketika di konsumsi oleh manusia.

Cabai Ketika di Konsumsi Oleh Manusia

Ketika burung mengkonsumsi cabai, maka burung tersebut tidak akan merasakan rasa lada atau rasa panas dan bahkan burung tidak akan merasa sakit perut karenanya.

Rasa pedas yang di hasilkan dari cabai karena adanya kandungan capsaicin dan juga memiliki kandungan yang mirip dengan capsaicinoids.

Lihat Juga : Suara Terapi Burung Pleci

Kandungan capsaicinoids pada cabai tersebut ketika di konsumsi oleh manusia makan akan berikatan dengan reseptor dengan nyeri pada tenggorokan dan mulut, sehingga akan mengeluarkan efek rasa pedas.

Sedangkan kandungan senyawa kimia capsaicin pada cabai yang di konsumsi oleh manusia akan mengirim sinyal ke otak, dengan melukiskan rasa panas , sehingga otak akan merospon sehingga meningkatkan denyut nadi dan banyaknya keringat yang keluar pada tubuh, melepas hormon endorpin.

Padahal rasa panas seperti terbakar tersebut bukan artian rasa panas seperti terbakar yang sesungguhnya, namun hanya sebuah rasa di hasilkan ketika mengkonsumsi cabai.

Cabai Ketika di Konsumsi Burung

Ketika cabai di konsumsi oleh burung tentunya burung tidak akan merasakan rasa panas atau rasa terbakar ketika mengkonsumsinya.

Karena sel reseptor pada burung berbeda dengan manusia, dimana sel reseptor pada burung lebih sensitif terhadap capsaicin, sehinga senyawa capsaicin tersebut bisa dengan mudahnya di makan oleh burung tanpa rasa terbakar atau rasa panas.

Kandungan Cabai

Untuk memberikan cabai pada burung peliharaan, sebaiknya pilihlah cabai yang memiliki warna merah, karena kandungan yang terdapat pada cabai yang bewarna merah dan kuning lebih baik di berikan dibandingkan dengan cabai yang bewarna hijau dan kuning.

Lihat Juga : Jenis Pleci yang Bagus Untuk Lomba

Kandungan cabai merah diantaranya :

  • C dan karoten (provitamin A)
  • Kandungan Vitamin C nya lebih banyak daripada jeruk
  • kalium (K)
  • mangan (Mn)
  • zat besi (Fe)
  • magnesium (Mg)

kandungan yang telah disampaikan di atas merupakan kandungan yang sangat di butuhkan oleh burung.

Manfaat Untuk Burung Peliharaan

Karena cukup banyak kandungan yang terdapat pada cabai, tentunya cabai itu sendiri sangat cocok diberikan sebagai asupan tamabahan selain pemberian pakan utama burung.

Baca Juga : Penyebab Pleci Macet Bunyi

Dan manfaat cabai untuk burung diantaranya :

  • cabai memiliki sifat anti-bakteri
  • anti-karsinogenik
  • alagesik
  • anti diabetes
  • baik dikonsumsi untuk burung yang memiliki berat badan yang berlebihan
  • dapat membuat warna bulu burung, terutama untuk burung yang memiliki warna bulu merah seperti burung kenari dan burung lainnya
  • sangat baik di berikan pada burung ketika musim hujan untuk menghindari penyakit fileks

untuk memberikan cabai untuk burung peliharaan, bisa memberikannya seminggu sekali, karena banyak yang menyakini, dengan memberikan pakan cabai dapat membuat burung lebih aktif dan rajin untuk berkicau.

Nah, demikianlah ulasan kali ini perihal tentang manfaat cabai untuk burung kicauan, selain burung pleci, burung yang biasa dieberikan cabai oleh kalangan kicaumania adalah burung lovebird, burung kenari, burung kacer, murai batu dan burung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *