jenis burung pleci

Jenis Burung Pleci Populer dan Bagus Untuk di Lombakan

Posted on

Banyak jenis burung yang cukup populer di kalangan kicaumania Indonesia, termasuk burung pleci yang memiliki peminat yang cukup banyak.

Yang menjadikan burung ini cukup populer adalah kemampuan berkicau burung ini yang bervareatif dan indah untuk di dengar, dan hingga saat ini masih banyak lomba kicauan yang melombakan burung yang satu ini.

Burung pleci memiliki nama latin Zosterops memiliki banyak jenis, dan setiap jenisnya memiliki ciri fisik yang berbeda, dan kemampuan yang berbeda pula dan untuk di Indonesia itu sendiri hanya beberapa jenis pleci saja yang populer karena kemampuan berkicaunya dan hal lainnya.

Habitat Burung Pleci

Pada awalnya burung pleci di temukan di sekitar asia, Afrika dan Australia yang biasa hidup di pepohonan rindang dan jauh dari perkotaan.

Dengan adanya eksploitasi berlebihan dan pembalakan liar, populasi burung ini sangat berkurang di alam liar.

Namun, meskipun jarang ditemukan dialam liar, di Indonesia sendiri untuk mendapatkan burung yang satu ini cukup mudah di beli di pasar burung, karena banyak peternak pleci yang berhasil menernakannya,

Selain itu, banyaknya lomba kicauan burung pleci dan suara burung pleci yang indah dan gacor menjadi daya tarik pecinta burung untuk memeliharanya, sehingga meskipun cukup sulit di temukan di alam liar, akan tetapi banyak peternak yang membudidayakan burung yang satu ini.

Jenis Burung Pleci

Setiap jenis pleci memiliki keunikan masing-masing, terutama dalam hal kemampuan berkicaunya, dan tentunya untuk harganya akan berbeda-beda. Namun, secara umum semakin bagus kicauan harganya akan tinggi.

Lihat Juga : Daftar Harga Burung Pleci

Jadi apapun jenis burung pleci yang dimiliki, jika di rawat dengan yang baik dan membuat burung pleci memiliki kemampuan berkicau dengan baik, maka harga jualnya akan tinggi pula.

  1. Pleci Dakun Maput

 

gambar pleci dakun maput
gambar pleci dakun maput

Habitat burung pleci dakun maput ini memiliki asal usul yang berasal dari jawa, lebih tepatnya jawa tengah di Kudus.

Yang menjadi ciri burung pleci dakun maput ini adalah kemampuan berkicaunnya yang instimewa di bandingkan dengan jenis peleci lainnya.

Selain itu yang menjadi ciri khas burung pleci ini adalah di bagian matanya memiliki lingkaran putih yang melingkar dengan indah dan memiliki vareasi warna tubuhnya seperti warna kuning dan hijau.

Video pleci dakun maput

  1. Pleci Dakun Bali

gambar burung pleci dakun bali
gambar burung pleci dakun bali

Burung pleci dakun bali memiliki kemiripan sama burung pleci dakun maput, dimana burung tersebut memiliki lingkaran putih di bagian matanya.

Namun, yang membedakan burung pleci dakun bali dan pleci dakun maput adalah, tubuh pleci dakun bali lebih kecil dari dakun bali.

Lihat Juga : Suara Masteran Burung Pleci

Untuk kemampuan berkicau nyaringnya tidak kalah bagus dengan burung pleci lainnya dan untuk karakter suara pleci dakun bali mirip suara ayam alas.

Video pleci dakun bali

  1. Pleci Buxtoni

gambar pleci buxtoni
gambar pleci buxtoni

Asal usul burung pleci buxtoni biasa di temukan di pulau sumatera dan sektiar jawa, namun untuk saat ini untuk bisa menemukan burung ini sangat langka dan susah untuk mencarinya, karena penurunan jumlah spesies yang terus menurun.

Untuk ciri fisik pleci buxtoni adalah warna bulu di bagian tubuhnya yang memiliki warna kuning dan warna putih di bagian dadanya yang bewarna putih.

Video burung pleci buxtoni

  1. Pleci Auriventer

gambar pleci auriventer
gambar pleci auriventer

Burung pleci auriventer sangat populer di kalangan plecimania karena memiliki mental pemberani dan agresif.

Selain itu, untuk kemampuan berkicaunya sangat lantang dan kicauan bervareasi yang khas, sehingga harga jualnya cukup mahal di banding pleci lainnya.

Untuk penyebaran pleci ini, biasa ditemukan di riau, kalimantan dan sekitarnya.

Video burung pleci Auriventer

  1. Pleci Macok

gambar burung pleci macok
gambar burung pleci macok

Burung pleci macok dan burung pleci memiliki kemiripan yang sama persis dengan pleci dakun maput, dan yang membedakannya hanya warna matanya.

Baca Juga : Makanan Burung Pleci

Dimana, mata pleci macok , memiliki warna mata coklat.

Video Pleci Macok gacor

  1. Pleci Black Capped

gambar pleci black capped
gambar pleci black capped

Burung pleci black capped memiliki persamaan yang sama persis dengan pleci dakun maput, namun untuk ukuran tubuh pleci black capped lebih kecil dari pleci dakun maput.

Yang menjadi keunikan dari pleci black capped ini kemampuan berkicaunnya, dimana pleci ini memiliki suara ngeroll dan ngebass yang khas.

Video kicauan pleci black capped

  1. Pleci Montanus

gambar pleci montanus
gambar pleci montanus

Burung pleci montanus sering di sebut juga dengan pleci gunung oleh kalangan kicaumania Tanah air biasa hidup di dataran tinggi atau pegunungan.

Pleci montanus biasa ditemukan di sekitar pegunungan  pulau jawa dengan ketinggian sekitar 3000 MDPL .

Ciri-ciri burung pleci montanus adalah, burung tersebut memiliki warna bulu hijau yang kecoklatan di bagian punggungnya dan warna abu-abu di dadanya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Buka Paruh

Selain itu, untuk suara pleci montanus memiliki karakter yang ngebass dan kasar.

Video kicauan burung pleci montanus

  1. Pleci Sulawesi

gambar burung pleci sulawesi
gambar burung pleci sulawesi

Zosterops Atrifrons merupakan nama latin dari pleci sulawesi dan juga sering di juluki dengan nama pleci dahi hitam.

Yang menjadikan burung pleci sulawesi pleci dahi hitam adalah, dimana pleci tersebut memiliki warna bulu hitam di bagian dahinya.

Pleci sulawesi biasa di temukan di sulawesi sekitar kepulauan sula dan pulau seram.

Video Pleci Sulawesi Gacor

Nah, demikianlah tips kali ini yang bisa kami berikan untuk rekan-rekan pleci mania untuk menambah wawasan tentang berbagai macam burung pleci yang populer di Indonesia, mulai dari harga yang termurah hingga harga termahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *