burung kacer mbagong

Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong Agar Cepat Normal Kembali

Posted on

Ada beberapa istilah yang beberapa pecinta kacermania ucapkan “jangan pelihara burung kacer kalau ga mau Mbagong “.

Ya, sebenarnya , bukan hanya terjadi burung kacer saja, burung menjadi Mbagong menjadi salah satu persoalan burung yang memiliki sifat fighter dan teritorial lainnya selain burung kacer, seperti burung murai batu dan burung lainnya.

Namun, meskipun begitu burung menjadi Mnagong bukan merupakan yang pasti juga pada burung kacer, dan biasanya yang menjadi penyebab burung kacer memiliki sifat Mbagong sendiri di sebabkan oleh perawatan yang tidak tepat, sehingga burung tidak memiliki kondisi yang baik, dan salah satu burung menjadi tidak baik kondisinya adalah sifat Mbagong itu sendiri, burung menjadi banyak diam dan jarang berkicau. Padahal, burung menjadi rajin berkicau dengan performas terbaik mernjadi hal yang di inginkan oleh pemiliknya.

Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong

Selain disebabkan oleh perawatan yang tepat atau bahkan disebabkan oleh perilaku burung kacer itu sendiri yang membuatnya menjadi Mbagong, maka untuk memulihkannya adalah dengan merawatanya dengan pola perawatan yang khusus untuk mengembalikan ke kondisi semula, seperti yang akan rekan-rekan dapatkan dengan membaca penjelasannya di bawah ini.

  1. Terapi Umbaran

Burung kacer yang sedang mengalami  Mbagong, agar pulih kondisinya maka hal perlu dilakukan setiap hari adalah dengan cara menyimpannya di kandang umbaran, dimana dengan memanfaatkan kandang yang luas, burung akan menjadi banyak beraktifitas.

Agar burung banyak beraktifitas, maka untuk posisi tangkringan satu dengan lainnya sengaja di buat berjauhan, begitu juga untuk posisi pakan dan air minum, sehingga burung mau makan dan minum, mau tidak mau harus berpindah tempat.

Selain itu, agar birahi kacer yang Mbagong tersalurkan, maka jika memiliki kacer betina, tinggal masukan saja ke kandang umbaran tersebut.

download suara burung

Dan sesekali masukan burung kecil lainnya di kandang umbaran tersebut, agar nantinya burung kacer yang Mbagong tersebut sering mengejarnya, karena risih di dekati jenis burung lainnya, sehingga lambat laun selain dapat membuatnya banyak bergerak, nantinya mental dan kepercayaan dirinya menjadi timbul kembali, karena sering “menghajar”burung kecil tersebut.

  1. Mandi Malam

Mandi malam bisa dilakukan sebagai alternatif untuk mengatasi burung kacer yang Mbagong, namun tetap memperhatikan cuaca, jika cuacanya bagus maka tinggal mandikan saja.

Setelah burung di mandikan pada malam hari, maka rekan-rekan bisa memutar suara burung kacer lainnya , sebagai latihan.

Namun, perhatikan juga Volume suara Mp3 nya, dan jangan di putar dengan suara yang keras, karena salah satu penyebab burung kacer Mbagong karena terkejut dan tidak nyaman karena suara yang terlalu keras. Cukup di putar dengan Volume sedang saja, yang terpenting burung kacer bisa mendengarkan suara Mp3 tersebut.

Lihat Juga : Kumpulan Suara Burung Kacer

  1. Isolasi Kacer Mbagong

Agar mental dan kesehatan burung menjadi pulih dari Mbagong, maka burung perlu untuk di isolasi, karena dengan mengisolasi burung dan menjauhkan dari burung sejenis atau burung lainnya, akan membantu burung pulih kembali.

Setiap harinya, jauhkan burung dari burung lainnya, terutama burung yang memiliki sifat Fighter dan jauhkan pula dari gangguan manusia, hewan predator, suara yang terlalu berisik.

Sambil menyimpan kacer di tempat yang nyaman dengan mengisolasinya, maka berikan pakan yang tepat, dengan memberikan pakan jangkrik sebanayk 3 sampai 5 ekor setiap hari dan berikan kroto sebanyak 1 sendok teh selama 1 sampai 2 minggu.

Lakukan cara diatas secara rutin setiap harinya hingga burung benar-benar pulih, dan untuk kembali ke kondisi semula bisa memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung kondisi burung dan perawatan yang di lakukan.