manfaat daun binahong untuk kenari

Manfaat Daun Binahong untuk Kenari, Lovebird dan Pleci

Posted on

Daun binahong salah satu tanaman yang sering di gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit manusia sebagai obat tradisional.

Bukan hanya sering di manfaatkan oleh mengobati beberapa masalah kesehatan manusia, daun binahong juga dari jaman dulu sering digunakan untuk beberapa masalah kesehatan untuk burung, seperti burung kenari, lovebird dan juga burung pleci dan burung lainnya.

Dengan manfaat yang terdapat dari daun binahong, sehingga tanaman ini sering di pelihara di pekarangan rumah, di kebun untuk digunakan sewaktu-waktu.

Asal-usul Daun Binahong

Bassela Rubra linn merupakan nama latih dari binahong, yang memiliki asal usul di tiongkok, korea, dan taiwan, lalu diintrodiksi di indonesia di berbagai daerah.

Di tempat asalnya, tanaman ini biasa hidup di tempat yang dingin dan lembab, dan hingga saat ini, tanaman binahong sudah beradaptasi dengan iklan di Indonesia.

Lihat Juga : Manfaat Daun Krokot untuk Burung Kenari dan Lovebird

Kandungan Daun Binahong

Bukan hanya sering di manfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, daun binahong juga sering digunakan sebagai bahan baku untuk produk kecantikan.

Karena tanaman ini sering mujarab untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan, dan bahkan di anggap memiliki kekuatan mistik untuk beberapa orang.

Padahal, daun ini hanya sebatas bermanfaat untuk mengatasi permasalah kesehatan tertentu yang bisa di jelaskan secara ilmiah.

Kandungan yang ada pada daun binahong tentunya memiliki sesuatu hal, dimana dari kandungan tersebut bisa mengobati manusia dan bahkan untuk burung.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun Gingseng Jawa untuk Burung Kenari

Kandungan daun Binahong :

  • Alkaloid : alkaloid merupakan suatu antioksidan yang dapat menangkal radikan bebas dan membantu untuk mendukung pembaruan sel tubuh
  • Asam Askorbar : memiliki manfaat untuk pencegahan iritasi dan membantu dalam penyembuhan luka
  • Minyak atsiri : sebagai antiseptik alami dan membantu untuk melancarkan metabolime
  • Saponini : memiliki peran untuk proses pembentukan kolagen, meningkatkan kekebalan tubuh dan protein yang dapat membantu untuk menyembuhkan luka
  • Flavonoid: membantu dalam mengatasi permasalah kesehatan

Selain kandungan di atas, daun binahong juga memiliki kandungan lainnya, seperti D-galaktose, D-Glukosa, Protein, L-rhamnose, L-arabinose, Monopolisakarida dan Folinpenol.

Lihat Juga : Cara Memilih Untulan Lovebird

Manfaat Daun Binahong untuk Burung

  1. Mengatasi snot pada burung
  2. Mengatasi suara burung serak
  3. Meningkatkan stamina burung
  4. Membuat napas menjadi kuat
  5. Mencegah bakteri
  6. Mengatasi iritasi
  7. Cocok untuk di musim hujan, karena bisa menghangatkan tubuh
  8. Mengatasi gatal-gatal
  9. Cocok untuk burung yang habis penjelanan jauh sehingga cepat pulih dari lemas
  10. Mengatasi tubuh burung drop
  11. Mengatasi diare pada burung

 Lihat Juga : Penyebab Lovebird Gacor jadi Pendek-pendek

Cara Memberikan Daun Binahong untuk Burung

Untuk membuat daun binahong untuk burung, bisa menyiapkan terlebih dahulu 3 lembar daun binahong, 1 gelas air putih dan juga gula atau madu secukupnya.

Air Rebusan daun Binahong

3 lembar daun binahong di rebus menggunakan 1 gelas air, lalu setelah dingin di berikan pada burung sebagai pengganti air minumnya, dan agar terasa manis, bisa memberikan madu atau gula.

Daun Binahong untuk Luka

Untuk menggunakan daun bianhong untuk luka pada burung, daun tersebut di tumbuk hingga halus, lalu di oleskan pada luka, gatal dan iritasi pada burung, agar lukanya cepat sembuh dan kering. Lakukan cara ini setiap hari hingga sembuh.

Baca Juga : Manfaat Tulang Sotong untuk Lovebird

Campuran Daun Binahong dengan Voer

Untuk bagi burung pemakan voer, bisa memberikan daun biinahong dengan mencapurkannya bersama voer yang biasa di konsumsi.

Cara membuatnya, keringkan terlebih dahulu daun binahongnya, lalu haluskan dengan cara di blender atau di tumbuk, lalu jemur kembali hingga kering dan campurkan ke dalam voer.

Menggantung daun Binahong di Sangkar

Jika burung suka langsung memakan daun binahong, cukup gantung saja di dalam sangkarnya, cara ini lebih mudah dan simple.

Daun Binahong di poting dan di campur dengan sayuran lain

Potong kecil-kecil daun binanong dengan sayuran lainnya, misalkan kangkung, lalu di simpan di tempat yang khusus sayuran tersebut.

Efek Samping Daun Binahong

Meskipun memiliki banyak manfaat, daun binahong juga jika di berikan secara berlebihan bisa berbahaya untuk burung, seperti :

  • Burung terlihat lesu
  • Kondisi burung menjadi melemah
  • Over birahi
  • Hilang kesadaran
  • Gangguan otot
  • Detak jantung burung tidak beraturan
  • Kejang-kejang

Demikianlan tips kali ini yang kami sediakan mengenai manfaat daun binahong untuk kenari, lovebird dan pleci untuk meningkatkan kemampuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *