lovebird ngekek pendek

Penyebab Lovebird Gacor Berubah Durasi Ngekeknya Pendek-pendek

Posted on

Dalam perawatan lovebird ada beberapa persoalan dimana lovebird yang awalnya gacor dan mampu ngekek dengan durasi panjang menjadi ngekek dengan durasi pendek-pendek dan bahkan menjadi macet bunyi.

Ya, persoalan tersebut memang sering banyak terjadi dari pemilik lovebird, dan tentunya hal tersebut sangat merugikan pemiliknya, apalagi lovebird tersebut merupakan lovebird lapangan.

Mendadak macet bunyi atau durasi ngekek lovebird pendek-pendek, bisa terjadi pada lovebird apa saja, entah itu lovebird rumahan atau lovebird yang sering juara lomba di gantangan sekalipun.

Penyebab Lovebird Ngekek Pendek-pendek

Penyebab lovebird memiliki suara pendek-pendek yang awalnya gacor tentunya di sebabkan oleh beberapa hal, seperti salah perawatan yang kurang tepat, entah itu sengaja atau tidak di sengaja.

  1. Lovebird Stres

Lovebird stres pada umumya akan berefek pada kualitas suara lovebird, yang awalnya rajin ngekek dengan durasi panjang, berubah ngekeknya menjadi pendek-pendek dan jarang bunyi.

Penyebab lovebird stres itu sendiri, ada banyak faktor, yang paling umum adalah perubahan perawatan dan perubahan lingkungan yang tidak nyaman.

Trauma atau stres pada lovebird yang di pengaruhi oleh faktor lingkungan yang tidak kondusip biasanya di sebabkan oleh adanya ancaman, seperti lovebird sering melihat hewan yang menurutnya ancaman, seperti anjing, tikus, kucing, toke atau hewan lainnya yang membuat lovebird tidak nyaman.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Stres

  1. Perubahan Perawatan

Adanya perubahan drastis pada perawatan lovebird bisa menyebabkan lovebird memiliki durasi ngekek menjadi pendek-pendek yang awalnya gacor.

Biasanya yang paling umum terjadi pada lovebird yang pindah tangan perawatan, entah itu pindah tangan dari jual beli.

Dimana, pembeli lovebird tidak menanyakan perawatan lovebird dari si penjual, dan merubah perawatan, seperti merubah penjemuran, memandikan, racikan pakan, merk pakan dan lain sebagainya.

Dengan perubahan terlalu drastis bisa membuat burung menjadi malas bunyi dan ngekeknya pendek-pendek.

  1. Perubahan Suasana Lingkungan

Perubahan lingkungan ada beberapa kemungkinan, seperti perubahan aksesoris sangkar dan juga pengaruh dari suasana luar, seperti kondisi lingkungan ramai atau tidak, banyak polusi udara atau tidak dan gangguan hewan yang menggangu lovebird.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Lemas dan tidak Mau Makan

Jika ingin mengganti sangkar dan aksesorisnya, pastikan lovebird nyaman.

Begitu juga perubahan lingkungan, apakah ada hewan yang mengganggu lovebird, seperti kucing, tikus anjing, toke dan hewan lainnya.

Jika perubahan lingkungan dan aksesoris mempengaruhi lovebird dan lovebird menjadi tidak rajin bunyi, berarti kemungkinan penyebabnya adalah kondisi lingkungan dan sangkar tidak membuat nyaman.

Akan tetapi, jika perubahan lokasi dan juga sangkar membuat lovebird masih rajin ngekek, kemungkinan lovebird menjadi ngekek pendek-pendek bukan di sebabkan hal tersebut.

  1. Lovebird Over Birahi

Birahi lovebird yang berlebihan bisa memicu lovebird menjadi malas bunyi, berperilaku galak, dan bahkan bisa membuatnya menggosokan kloaka ke tangkringannya.

Lovebird dengan birahi yang tinggi bisa terjadi pada lovebird yang masih paud, terutama lovebird dewasa.

Dimana, lovebird yang sudah dewasa yang tidak tersalurkan, maka akan berakibat pada perilaku yang di sebutkan di atas.

Lihat Juga : Cara Menstabilkan Birahi Lovebird

  1. Lovebird kegemukan

Ketika berat badan lovebird terlalu gemuk bisa mengakibatkan burung menjadi malas gerak, malas bunyi dan lebih memilih banyak tidur.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa menguragi pakan dan hanya memberikan pakan milet putih saja dan sering melatihnya di kandang umbaran untuk melatih otot dan menguragi bobot tubuhnya.

Baca Juga : Cara Melatih Lovebird di kandang Umbaran

  1. Lovebird Kurang Vitamin dan Mineral

Pemberian pakan oleh pemilik lovebird pada burung peliharaannya bisa saja tidak memenuhi kebutuhan gizi burung, dimana ketika lovebird kekurangan vitamin dan mineral, maka hal tersebut dapat membuatnya menjadi kurang aktif, sistem kekebatalan tubuh menurun, mudah sakit dan malas bunyi.

Anda bisa memberikan variasi makanan yang di berikan, dengan mencapurkan milet dengan pakan biji-bijian lain serta sayuran dan anda juga bisa memberikan Multivitamin khusus yang bisa di beli di kios burung atau toko online.

Baca Juga : Racikan Milet untuk Lovebird

  1. Perubahan Pasca Mabung

Proses masa mabung lovebird mengharuskan burung berisitrahat dari aktifitas biasanya, termasuk aktifitas lomba.

Jika masa mabung tidak di rawat dengan baik, seperti membiarkan lovebird tetap ikut lomba, maka burung biasanya akan menjadi macet bunyi setelahnya, karena yang seharusnya burung beristirahat dan menggunakan energi untuk mabung, malah di paksa lomba.

Jadi ketika lovebird mabung yang di paksa lomba, bukan hanya staminanya yang akan terkurang, mental burung juga akan drop.

  1. Lovebird sedang Sakit

Lovebird yang sedang sakit, bukan hanya malas bunyi, untuk aktif dan makan saja burung akan malas, jika penyebabnya di sebabkan oleh hal ini, tinggal di rawat saja dengan cara yang tepat, dan jika pulih kembali sakitnya, tinggal di rubah kembali perawatan seperti semula dan secara bertahap lovebird akan rajin bunyi kembali.

Demikianlah 8 penyebab lovebird gacor berubah durasi ngekeknya menjadi pendek-pendek yang bisa kami sampaikan untuk rekan-rekan kicaumania untuk mengatasi lovebird kesayangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *