cara menurunkan birahi lovebird

Tips Menurunkan Birahi Lovebird ( Over Birahi ) Agar Stabil

Posted on

Kicau mania mungkin pernah melihat atau memiliki burung yang memiliki tingkat birahi yang tinggi .

memiliki birahi yang stabil merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan kualitas suara burung itu sendiri, akan tetapi jika itu terlalu over dan juga lemah birahi menjadi hal yang sebaiknya menjadi perhatian bagi para pecinta burung kicauan selain perawatan harian dan juga memberinya makanan.

Memiliki birahi yang naik turun bagi lovebird merupakan hal yang ilmiah, dan hal tersebut tentunya ada beberapa penyebab yang membuatnya seperti itu, entah itu pengaruh dari perawatan, pengaruh lingkungan dan juga pengaruh makanan yang dikonsumsi.

Sebelum saya jelaskan tentang cara menurunkan birahi lovebird, maka sebelumnya saya akan membahas tentang penyebab dan ciri-ciri lovebird over birahi yang dapat bisa ketahui sebelumnya pada penjelasan di bawah ini.

  1. Ciri dan Kekurangan Over Birahi

Namanya over birahi pada burung , tentunya hal tersebut merupakan hal yang tidak baik untuk burung sendiri dan juga kesehatannya. Karena hal tersebut tidak stabil. Ada beberapa hal kekurangan ketika lovebird menjadi over birahinya.

  • Terlalu agresif
  • Ketika disatu kandangkan dengan lovebird lain cenderung menyerang
  • Mengesekan kelaminnya ke tangkringan ( Lovebird Gestang )
  • Kurang mendukung untuk di jadikan lomba kicau

Satu sisi memang memiliki birahi yang tinggi mememiliki manfaat bahwa lovebird sudah siap untuk  di kawinkan, dengan catatan kedua lovebird berjodoh dan siap untuk kawin. Akan tetapi sebaiknya di stabilkan terlebih dahulu birahinya agar tidak terlalu agresif yang jutru dapat mengundang perkelahian.

  1. Ciri Lovebird Kurang birahi

Nah, untuk yang satu ini merupakan kebalikannya dari over birahi lovebird, dan tentunya hal tersebut tidak baik juga untuk kesehatan burung. Maka jika kicau mania sebaiknya mengetahui tentang ciri-ciri dan cara mengatasinya di bisa di lihat pada penjelasan di bawah ini :

  • Burung cenderung banyak diam
  • Jarang berkicau , bahkan tidak sama sekali
  • Terlihat lemas dan malas
  • Tidak mendukung untuk lomba kicau
  • Tidak siap untuk dikawinkan

Nah, jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat dari pada penjelasan di atas, maka sebaiknya perhatikan asupan makanan, seperti pemberian pakan dari jagung manis, penjemuran dan juga memandikannnya, agar stabil.

Baca Juga : Cara meningkatkan Birahi Lovebird

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Dengan melihat kekurangan dan kelebihan birahi, maka sebaiknya jika ingin menstabilkannya bisa dengan melakukan tips di bawah ini dengan perlakukan yang berbeda.

  1. Memandikan Lovebird Lebih Sering

Untuk memandikan lovebird dengan memiliki birahi yang berbeda, maka di perlukan cara yang berbeda pula untuk melakukannya. Dan untuk memiliki over yang tinggi birahinya, maka bisa dengan meningkatkan jumlah dan durasi mandinya.

Dalam menurunkan over birahi pada lovebird dengan cara meningkatkan proses memandikan lovebird. Misalkan pada hari biasanya lovebird mandi cuman 1 kali, maka untuk menurunkan birahinya bisa menambahkan beberapa kali, 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Selain itu durasi dalam memandikanya juga di tingkatkan, menjadi 15 menit atau 25 menit , jika sebelumnya cuman 10 menit dari durasi memandikannya.

 

Jika ingin memandikan 3 kali sehari, maka bisa di mulai dari pukul 7 pagi, dilanjut siang dan juga malam hari. Untuk memandikannya di malam hari,maka bisa dengan membiarkanya di tempat terang setelah dimandikan, untuk memberikan kesempatan untuk didh dan tidak mennjadi nguyuh pada lovebird.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Naik Turun Tangkringan

  1. Memindahkan ke kandang umbaran

Dalam memindahkan lovebird birahi tinggi ke kandang yang lebih besar dimaksudkan agar lovebird merasa lebih bebas dan leluasa, sehingga ke agresifannya dapat tersalurkan lewak gerakan aktif karena tempatnya lebih leluasa untuk melakukan banyak aktifitas.

  1. Memberikan Timun

Sayuran timun memiliki manfaat yang dapat membantu menurunkan dan menjaga kestabilan birahi lovebird itu sendiri. Namun , makanan ini biasanya lovebird tidak akan mengkonsumsi banyak, dan hanya beberapa potong saja dan sisanya tidak di makan, dan pakan ini bisa diberikan setiap hari, entah itu dengan cara memaksanya makan dengan melolohkan beberapa potong, atau memasukannya kedalam sangkar.

  1. Memberikan pakan kemangi

Lovebird memiliki kesukaan dalam mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama daun kemangi ini. Namun , lovebird juga tidak menyukai terlalu banyak untuk mengkonsumsi daun ini, dan akan hanya memakannya sedikit saja. Karena temen-temen pengen menurunkan birahi lovebird,maka bisa dengan memberikannya setiap hari entah itu dengan cara apapun.

  1. Berikan Millet Polos

Makanan tertentu memiliki manfaat yang dapat meningkatkan birahi burung lovebird, seperti makanan jagung manis, kangkung, milet merah dan juga kwaci. Maka sebaiknya hindari mengkonusmsi makanan jenis ini, kecuali anda ingin menambah birahi pada lovebird yang terlihat kekurangan birahi.

Berikan hanya milet polosan, bukan milet campuran dengan biji-bijian lain atau milet yang di campr dengan bahan herbal lainnya, karena biasanya milet campuran di setting untuk meningkatkan birahi burung.

  1. Kurangi Penjemuran

Kurangi menjemur lovebird yang sedang over birahi dari sebelumnya, karena penjemuran birahi meningkatkan birahinya, untuk itu bisa menjemurnya selama 15 menit saja setiap harinya.

Bagi anda yang bingung untuk memberikan makanan apa untuk lovebird, maka bisa membaca artikel lainnya tentang makanan untuk lovebird pada penjelasan tersebut untuk diberikan pada lovebird peiharaan anda.

Nah berikut adalah beberapa cara yang bisa sobat kicaumania lakukan untuk menurunkan libido lovebird agar bisa stabil utuk membuatnya lebih gacor, aktif dan juga sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *