lovebird turun tangkringan

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan

Posted on

Kicaumania – Dalam merawat burung lovebird, terkadang banyak yang harus diketahui oleh para lovebirdmania, karena burung ini memiliki persoalan yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Hal yang menjadi suatu pekerjaan rumah untuk pecinta lovebird adalah, dimana lovebird perliharaan tersebut sering turun tangkringan atau istilah lain nebok, lovebird sering diam atau tidur di bawah sangkarnya, lovebird naik turun tangkringan dan perilaku lainnya.

Ya, hal tersebut bisa saja terjadi pada lovebird peliharaan anda , untuk itu yuk simak terlebih dahulu penyebab dan cara mengatasi lovebird sering turun tangkringan.

Penyebab Lovebird Turun Tangkringan

Lovebird yang sering turun tangkringan memang bervareatif, bisa saja itu disebabkan oleh karakter, kondisi tertentu dan lain sebagainya yang akan admin bahas dibawah ini.

  1. Tangkringan Kotor

Tangkringan kotor yang di sebabkan oleh sisa pakan dan kotoran burung bisa menjadi sarang bakteri dan kuman, sehingga burung menjadi tidak nyaman dan lebih memilih berdiam diri di bawah sangkar.

Jadi, bersihkan terus sangkarnya, dan jangan biarkan menjadi kotor.

Baca Juga : Cara Membuat Lovebird Nagen ditangkringan Sambil Ngekek

  1. Drop Mental

Mental lovebird yang sedang drop dapat membuatnya menjadi tidak anteng berada ti tangkringan, sehingga burung sering naik turun tangkringan.

Hal yang menjadi penyebab lovebird mental drop adalah karena burung kurang di jemur di tempat yang ramai atau lovebird kruang beradaptasi dengan lingkungan di sekitar lomba.

  1. Ukuran Tangkringan

Tangkringan yang terlalu kecil dan terlalu besar dengan ukuran kaki lovebird, bisa membuatnya menjadi tidak betah berada di tangkringan dan lebih memilih diam di bawah sangkarnya.

  1. Faktor Umur

Lovebird masih anakan atau masih remaja cenderung akan banyak gerak, termasuk gerak untuk naik dan turun dari tangkringan.

Hal ini merupakan hal biasa terjadi, jadi seiring waktu perilaku ini akan menurun dan burung akan menjadi tidak terlalu aktif seiring bertambahnya usia.

Baca Juga : Cara Mengetahui Umur Lovebird

  1. Over Birahi

Over birahi menjadi salah satu yang membuat burung menjadi salah satu penyebab lovebird sering naik turun tangkringan, karena birahinya tidak terkendali dan membuat burung menjadi terlalu aktif.

Selain itu, lovebird yang sedang over birahi juga bisa membuat lvoebird menjadi sering ngeruji atau menabrak-nabrak sangkarnya.

Untuk mengatasinya cukup mudah, tinggal berikan pakan mentimun, kurangi jemur, mandikan lebih sering .

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

  1. Burung Sakit

Salah satu penyebab kenapa lovebird tidur dibawah sangkar adalah faktor sakit, dimana ketika lvoebird sedang sakit keseimbangan tubuhnya menurun, sehingga burung akan memilih tidur di bawah sangkarnya karena tidak memiliki keseimbangan yang baik.

Selain itu, lovebird yang sering tidur di bawah juga bisa di sebabkan oleh faktor gelap ketika lovebird tidur dimalam hari, dimana ketika lovebird tidur di malam hari, lovebird jatuh ke bawah sangkar, burung tidak bisa balik lagi ke atas tangkringan karena kondisi lingkungannya gelap.

  1. Dekat dengan Lawan Jenis

Perilaku lovebird yang nebok alias suka turun dari tangkringannya, di sebabkan adanya lawan jenis karena lovebird tertarik dengan lawan jenisnya tersebut, apalagi lovebird tersebut dalam keadaan birahi, sehingga perilaku naik turun tangkirngan lebih sering dilakukan oleh burung tersebut.

  1. Terapi Mandi

Untuk melakukan terapi mandi dalam mengatasi lovebird sering naik turun tangkringan adalah dengan cara terapi mandi.

  • Mandikan burung dengan cara memegangnya sambil mengelus-ngelus ketika memandikannya
  • Mandikan dengan cara membuat air hujan buatan ( mirip seperti air hujan ) dengan menggunakan selang yang di semprotkan secara halus
  • Mandikan lovebird setiap malam dan sore hari dengan menyemprotkan air kebagian dadanya hingga basah, lalu krodong sangkarnya

Baca Juga :  Cara Memilih Lovebird Konslet

  1. Tangkringan tidak Cocok

Pilih tangkringan yang cocok untuk lovebird, dan pastikan tangkrigannnya tidak terlalu kasar dan tidak lembut, karena bisa membuat lovebird menjadi tidak nyaman.

  1. Berikan Aksesoris

Agar burung tidak mau turun ke bawah sangkarnya, maka anda bisa menyimpan aksesoris yang membuat burung tidak nyaman ketika berasa di bawah sangkar, namun pastikan burung tidak menjadi ketakutan seperti :

  • Membuat duri dari kertas atau plastik
  • Meyimpan karet gelang atau karet pentil di bawah sangkar
  • Menyimpan es batu di bawah sangkarnya
  • Menyimpan rumput plastik/sitensis ( seperti rumput lapasanga Fulsal )
  • Berikan shampoo, baby oil, double tape,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *