Agar Lovebird Anteng di Tangkringan

Tips Agar Lovebird Anteng di Tangkringan Sambil Ngekek

Posted on

Memiliki lovebird yang anteng di tangkringan, terutama sambil ngekek panjang tentunya menjadi suatu hal yang di inginkan oleh pemilik burung, karena ketika di arena lomba hal tersebut sangat bagus untuk penilaian juri.

Dalam hal memelihara lovebird memang terdapat beberapa hal permasalahan, salah satunya adalah burung sering naik turun tangkringan dari bawah ke atas.

Sebelum menjelaskan tentang cara mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan, maka ketahui telebih dahulu tentang penyebabnya.

Penyebab Lovebird Turun Naik Tangkringan

Penyebab lovebird lovebird tidak anteng di tangkringan bisa di sebabkan oleh banyak hal dan karakter burung itu sendiri.

Jadi, sebelum mengatasinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang penyebabnya.

Penyebab yang sering terjadi adalah dimana burung lovebird yang sering turun naik tangkringan di sebabkan oleh burung dalam over birahi, tidak nyaman oleh sangkar atau tangkrigannya.

Baca Juga : Cara Mencetak Lovebird Betina Konslet

Cara Agar Lovebird Anteng di Tangkringan

Untuk menyiasati lovebird yang sering naik turun tangkringan bisa mengatasinya dengan tangkringan dan juga mengatur dasar sangkarnya, sehingga burung nyaman di ketika diam di tangkringan.

  1. Posisi Tangkringan Lovebird

Posisi tangkringan memiliki peranan untuk membuat lovebird menjadi nyaman ketika nangkring di tangkringan sangkarnya.

Buat 2 buah tangkringan dengan posisi yang menyilang, dengan begitu dapat membuat burung menjadi nyaman ketika diam di tangkringan paling atas.

Namun, jika hal tersebut masih belum membuat burung ngekek dengan power yang besar ada kemungkinan burung tidak nyaman dengan posisi tangkringan tersebut dan merubah posisi ke dua tangkringan tersebut.

  1. Ukurang Tangkringan Lovebird

Untuk ukuran tangkringan lovebird bisa di sesuaikan dengan ukuran kaki lovebird tersebut, agar burung menjadi nyaman ketika nangkring.

Lihat Juga : Perawatan Lovebird Kusumo

Pada umumnya, tangkringan lovebird yang bisa digunakan sekitar diameter 19 – 22 mm, tergantung ukuran kaki lovebird tersebut.

Namun, jika kalian tidak mengetahui ukuran pasti tangkringan yang di gunakan, pastikan ketika lovebird nangkring, antara jari kaki depan dan belakang tidak saling bersentuhan.

Jenis Tangkringan Lovebird

Dalam memberikan tangkringan untuk lovebird bisa menggunakan berbagai macam jenis tangkringan, seperti :

  • Tenggeran plastik
  • Tenggeran kayu nangka
  • Tenggeran jambu klutuk
  • Tenggeran metal atau logam
  • Tenggeran kayu asem
  • Tenggeran Jambu Air
  • Tenggeran kayu asem

Untuk pemilihan tenggeran lovebird bisa memilih jenis tangkringan yang seperti di sebutkan di atas, namun yang paling penting dalam memilih tenggeran, bagaimana lovebird tersebut nyaman ketika nangkring di tenggerannya tersebut.

Baca Juga : Cara Memilih Lovebird Konslet Ombyokan

Jika lovebird anda biasa menggunakan tangkringan palstik, maka sebaiknya jangan mengganti secara tiba-tiba dengan tangkringan kayu, tapi cukup menambahkan tankringan kayu dengan ukuran 10 di ujung tangkingan tersebut.

Kayu tangkringan yang sudah di persiapkan tersebut di semprot agar suhunya dingin, sehingga ketika lovebird nangkring disana, lovebird akan merasakan sensasi nyaman, dingin dan sejuk.

15 menit sebelum lovebird kayu di semprot hingga basah, dan nantinya lovebird tersebut akan nyaman kakinya ketika saat lomba berlangsung dan ngekek sambil nagen.

Point dari penjelasan di atas adalah bagaimana membuat burung menjadi nyaman ketika nangkring di tangkringannya, sehingga ketika berdiri terutama ngekek burung anteng dengan cara memberikan ukuran tangkringan yang tepat, jenis tangkringan yang nyaman dan juga membuat tangkringan tersebut memberikan sensasi yang menjadi burung dingin, sejuk dan nyaman.

Nah, demikianlahlah tips kali ini tentang mengatasi Agar Lovebird Anteng di Tangkringan ketika ngekek dan tidak turun naik tangkringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *