cara menaikan birahi lovebird

Cara Meningkatkan Birahi Lovebird Jantan dan Betina dengan Cepat

Posted on

Birahi lovebird menjadi salah satu penentu agar lovebird menjadi rajin bunyi.

Kurang birahi dan juga birahi yang berlebih, menjadi salah satu hal yang sebaiknya tidak terjadi, karena hanya birahi lovebird yang stabil yang dapat membuat burung menjadi rajin untuk bunyi.

Jika lovebird kurang birahi, tentunya bukan hanya membuat burung menjadi jarang untuk berkicau, namun burung juga akan menjadi tidak aktif bergerak dan kurang bergairah.

Begitu juga ketika birahi lovebird berlebihan, maka kemampuan berkicaunya tidak bisa maksimal.

Untuk itu, berikut adalah tips untuk menaikan birahi lovebird jantan dan betina agar stabil.

Cara Meningkatkan Birahi Lovebird

Agar birahi lovebird jantan dan betina bisa naik birahinya hingga stabil, maka untuk merawatnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti penjemuran, memandikan, menjaga kebersihan, memancing bunyi dan yang paling penting adalah mengatur makanan.

Baca Juga : Penyebab Lovebird Gestang dan Cara Mengatasinya

  1. Jemur pagi hari

Bukan hanya bagus buat kesehatan burung, menjemur lovebird di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan birahi lovebird.

Untuk penjemurannya bisa dilakukan pada jam 07.00 hingga jam 09.00 selama 2 jam lamanya yang dilakukan setiap hari.

  1. Memandikan Lovebird

Memandikan hingga basah kuyup juga bisa dilakukan untuk menaikan birahi lovebird.

Seperti biasa, pada pagi hari burung dimandikan setiap harinya hingga basah kuyup dengan cara di semprot atau bisa dengan cara di pegang.

  1. Pakan Pendongkrak birahi lovebird

Makanan memiliki peranan yang besar untuk membuat birahi lovebird naik, baik itu untuk lovebird jantan dan lovebird betina.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Betina Agar Konslet

Makanan Lovebird Agar Cepat Birahi

Untuk itu dalam setiap harinya burung bisa di berikan pakan dengan cara mencapurkan berbagai macam jenis pakan, seperti :

  • Milet
  • Kangkung
  • Beberapa butir jagung muda
  • Swai putih
  • Biji kenari
  • Telur rebus
  • Buah segar
  1. Pancing bunyi

Memancing lovebird agar mau bunyi bukan hanya bertujuan untuk memancingnya bunyi, namun dapat melatih kemampuan berkicau burung itu sendiri secara langsung.

Untuk memancing lovebird, mudah sekali bisa menggunakan berbagai macam cara, salah satunya bisa menggunakan suara masteran Mp3 Lovebird.

Lihat Juga : Suara Lovebird Mp3 Untuk Pancingan dan Masteran

  1. Jaga Kebersihan Sangkar dan Air Minum

Sangkar dan air minum rawan cepat kotor, karena ketika lovebird makan akan selalu minum setelahnya, dan hal tersebut dapat membuat air minumnya cepat kotor.

Selain itu, sangkar lovebird juga rawan cepat kotor, oleh kotorannya sendiri dan sisa pakan yang jatuh.

Sangkar yang kotor rentan membuat burung terserang penyakit, seperti banyaknya bakteri, kuman, jamur yang bisa menyerang kesehatan burung itu sendiri. Selain itu, sangkar yang kotor juga bisa membuat burung menjadi tidak nyaman dan tidak betah.

  1. Simpan di Kandang ternak

Selain cara di atas yang bisa dilakukan untuk menaikan birahi lovebird jantan dan betina, menyimpan lovebird di kandang ternak yang di huni oleh beberapa pasang lovebird bisa membuat lovebird yang kurang birahi bisa naik birahinya.

Dengan menyimpan lovebird di kandang ternak, guna untuk membuat burung menjadi birahi ketika melihat pasangan lovebird lain sedang melakukan kawin.

Lakukan cara di atas secara bersamaan agar membuat lovebird birahi dengan cepat, dan cara di atas bisa dilakukan untuk lovebird paud, dewasa, jantan dan betina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *