cara melatih lovebird jinak di tangan

Cara Melatih Lovebird Jinak Total di Tangan dan Free Flight

Posted on

Dalam menjinakan lovebird, ada 2 jenis jinak yang biasa di lakukan, seperti jinak total yang bisa di lepas diluar sangkarnya ( Free Flight ) dan juga jinak untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, agar ketika di sangkarnya burung nyaman dan tidak takut oleh manusia.

Dan tentunya perbedaan jenis jinak pada burung lovebird untuk melakukannya dengan cara yang beda.

Namun kali ini admin Kicaumania.net akan membagikan informasi tentang cara merawat lovebird agar jinak di tangan ( jinak total ) , hingga lovebird tersebut bisa Free Flight atau terbang bebas diluar rumah.

Cara Melatih Lovebird Jinak di Tangan

Cara merawat lovebird supaya jinak tangan ada beberapa proses, terutama untuk kebutuhan free Flight yang bisa di terbangkan di luar rumah tanpa sangkar atau kandang.

  1. Lovebird Masih Lolohan

Untuk membuat lovebird jinak tangan tidak bisa dilakukan ketika lovebird sudah dewasa, karena sejinak-jinaknya lovebird dewasa tidak bisa di lepas di luar sangkar, yang ada lovebird malah kabur.

Untuk itu, pastikan lovebird yang akan dilatih menjadi jinak masih di bantu loloh untuk pemberian pakannya dan masih belajar makan milet.

Lihat Juga : Suara Lovebird Juara Nasional Mp3

  1. Umur Lovebird 1 Bulan

Untuk memilih lovebird yang masih lolohan, bisa memilih lovebird yang masih berumur 1 – 1,5 bulan, karena di umur tersebut cukup dan mudah untuk di jinakan dan jinaknya bisa dilepas di luar sangkar.

  1. Memberikan pakan

Pada saat umur lovebird baru mencapai 1 – 1,5 bulan, lovebird tersebut masih belum bisa terbang dan masih belajar terbang.

dan untuk memberikan makanan lovebird jinak bisa berupa bubur bayi atau memberikan pakan khusus lovebird dan ajarkan juga untuk mengkonsumsi milet jika lovebird sudah terlihat remaja yang di tandai bulu sayapnya sudah mulai tumbuh rapih dan sempurna.

Berikan makanan di luar sangkar, untuk membiasakan burung dengan lingkungan sekitar, dan jika burung sudah mulai bisa terbang, lakukan pemberian pakan di ruangan tertutup, sambil mengelus, memegang, sambil mengajaknya main agar burung berjalan dan menghampiri tangan anda sambil memberikan makanan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Lovebird Jantan dan Betina

  1. Melatih terbang

Jika lovebird sudah terbiasa terbang meskipun terlihat masih belajar, maka lakukan latihan terbang dengan bertujuan agar burung selalu menghampiri tangan anda, caranya :

  • Simpan burung di tempat yang tinggi
  • Panggil burung, sambil memanggil namanya hingga menghampiri anda
  • Acungkan salah satu tangan ke atas sebagai pijakan burung untuk nangkring ketika menghampiri, sambil memanggil namanya

Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk membangun kedekatan pemilik dan burung itu sendiri, sekaligus melatih burung untuk terbang, dan juga meningkatkan jaraknya lebih jauh ketika lovebird sudah terbiasa terbang.

Baca Juga : Cara Mengetahui Perbedaan Lovebird Fighter dan Konslet

  1. Melatih Terbang di Luar

Jika lovebird sudah jinak dan selalu menghampiri terhadap pemiliknya, meskipun dalam jarak yang jauh, maka latihan bisa di kembangkan di luar rumah.

Latih di luar rumah dengan jarak terbang pendek-pendek terlebih dahulu yang penting lovebird mengenal lingkungan di luar rumah dan supaya tidak nyasar dan kabur.

Dan setelah terbiasa terbang di luar rumah dengan jarak-pendek-pendek, dan terbiasa dengan lingkungan luar rumah, maka selanjutnya bisa melatihnya dengan jarak yang cukup jauh, dan selanjutnya di tingkatkan untuk jauh jarak terbangnya, hingga ketika di lepaskan dengan jauh, lovebird bisa mengenali pemiliknya.

Demikianlah tips kali ini yang bisa kami berikan untuk menjinakan lovebird sehingga bisa free Flight.

Sebenarnya cara menjinakan lovebird paud cukuplah mudah, hanya membutuhkan lovebird yang masih di bantu loloh, memberikan pakan langsung, sering memeganggnya dan melatih terbang, secara otomatis lambat laun lovebird anakan tersebut bisa jinak total.

Video melatih Lovebird jinak

Pencarian Terkait :

  • cara membuat lovebird menjadi jinak
  • lovebird jinak ngekek
  • perawatan lovebird jinak
  • lovebird susah jinak
  • lovebird terlalu jinak
  • burung lovebird jinak tangan
  • burung lovebird yang jinak
  • jenis lovebird yang jinak
  • Lb jinak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *