lovebird gestang

5 Penyebab Lovebird Gestang dan Cara Mengatasinya ( Gesek Tangkringan )

Posted on

Salah satu persoalan lovebird yang kerap kali yang menjadi keluhan beberapa lovebirdmania adalah, dimana lovebird peliharaannya memiliki perilaku gestang.

Lovebird Gestang adalah perilaku birahi yang di luar normal dari burung itu sendiri, dimana burung lovebird sering menggesekan kelaminnya ke tangkringan.

Ya, dengan munculnya perilaku tersebut tentunya dapat menurunkan performa burung itu sendiri, termasuk kualitas suara dan mental burung.

Meskipun pada dasarnya burung lovebird gestang ( menggesekan duburnya ke tangkringan ) di sebabkan oleh birahi, namun sebaiknya lovebird tersebut jangan di simpan dengan pasangannya, karena jika lovebird sedang memiliki perilaku tersebut cenderung agresif dan menyerang pasanganya karena ga sabaran.

Lovebird gestang apa bisa kawin ?

Seperti yang telah disampaikan di atas, lovebird gestang cenderung kasar karena birahinya terlalu tinggi, akan tetapi jika di paksakan kawin di khawatirkan malah terjadi pertengkaran dengan pasangannya, karena terlalu agresif, dan biasanya lovebird jantan akan kalah sama betina.

Meskipun lovebird tersebut bisa berjodoh sama pasangannya, biasanya lovebird tidak mau mengawini pasangannya tersebut dan lebih memilih mengawini tangkringan sebagai pelampiasan birahinya tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

Lovebird Gestang Jantan atau betina ?

Yang sering di temukan lovebird yang memiliki perilaku menggesek kelaminnya ke tangkringan ( gestang ) adalah lovebird jantan. Namun lovebird betina juga kemungkinan bisa gestang, tapi jarang sekali di temukan.

Apakah lovebird gestang jadi konslet ?

Untuk beberapa lovebirdmania ada yang menggunakan kesempatan tersebut dengan cara membuat lovebird gestang tersebut menjadi jebol birahi untuk mencapai target ngekek konslet ( membuat lovebird lebih dari gestang hingga birahinya tidak dapat terbendung lagi ), dan membuat lovebird menjadi memiliki karakter ngekek konslet.

Namun, untuk jebol birahi pada lovebird tersebut harus memiliki cara yang tepat, yang bisa kalian baca pada penjelasan pada artikel lain Kicaumania.net.

Baca Juga : Cara Jebol Birahi Lovebird Jantan Agar Konslet

Penyebab Lovebird Gestang

Hal yang membuat lovebird menjadi gestang disebabkan oleh stres, dimana stres yang terjadi tersebut di sebabkan oleh over birahi.

Karena over birahi dan tidak tertahankan ingin kawin, maka lovebird tersebut melampiaskan pada tangkringan.

Sedangkan untuk penyebab lovebird over birahi itu sendiri di sebabkan oleh pemberian ekstrafooding yang berlebihan dan penjemuran dengan cara berlebihan.

Cara Mengatasi Lovebird Gestang dengan Cepat

Karena penyebab gestang di sebabkan oleh birahi yang berlebih, maka untuk merawat lovebird gestang adalah dengan menstabilkan birahinya kembali menjadi stabil.

  1. Gunakan Sangkar Soliter

Karena lovebird sering gesek tangkringan, maka itu sangkarnya ganti dengan sangkar soliter, dimana dari sangkar itu tidak di simpan tangkringan, hanya cepuk pakan dan cepuk pakan yang dimasukan ke sangkarnya tersebut.

Setidaknya, dengan tidak adanya tangkringan, perilaku gesek tangkringan tidak bisa di lakukan oleh lovebird tersebut.

Lihat Juga : Cara Memilih Lovebird Konslet

  1. Kandang Umbaran

Untuk mengurangi perilaku gesek tangkringan, lovebird di simpan kandang umbaran.

Lovebird di simpan setiap hari di kandang umbaran, mulai dari pagi hingga sore hari, sebagai pengganti sangkar harin, sampai lovebird pulih kembali.

Dan sebaiknya jangan sediakan tangkringan di kandang umbaran tersebut, hanya sediakan pakan dan air minum saja.

  1. Mandi Basah Kuyup

Mandikan lovebird setiap harinya hingga basah kuyup, bisa menggunakan selang air, sprey atau juga bisa menggunakan tangan langsung, dengan mencelupkan setengah badan lovebird sambil membasuh tubuhnya menggunakan tangan sambil mengelus-ngelus.

Baca Juga : Manfaat Mandi Malam Untuk Lovebird

  1. Terapi Semprot

Terapi semprot dilakukan ketika lovebird ingin mengawini tangkringan, jika lovebird terlihat ingin mengawini tangkringannya, maka sempot dada, kaki dan bagian di sekitarnya.

Namun, untuk cara ini agar efektif bisa mematau burung secara terus menerus, ketika terlihat lovebird akan gesek tangkringan, maka semprot dadanya pada saat itu juga.

  1. Atur Ulang Pakan

Untuk pakan dalam menurunkan birahi lovebird hingga menjadi stabil, sebaiknya cukup di berikan milet polosan saja.

Pakan seperti tauge, kangkung, jagung dan pakan ekstrafooding lainnya di stop terlebih dahulu.

Demikianlah penjelasan yang kami ulas kali ini untuk mengatasi lovebird gestang dengan mengetahui penyebabnya.

Video Lovebird gesek tangkringan ( gestang )

Pencarian Terkait :

  • gesek tangkringan burung lovebird
  • lovebird gesek tangkringan
  • lb gesek tangkringan
  • cara mengatasi lb gesek tangkringan
  • penyebab lb gesek tangkringan
  • mengatasi lb gesek tangkringan
  • Lb Gestang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *