cara mengatasi burung cucak ijo macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Macet Bunyi

Posted on

Macet bunyi pada burung cucak ijo menjadi persolanan yang cukup meresahkan bagi para pemilik burung kicauan tersebut, dimana kualitas kicuan yang sudah di dapatkan selama masa perawatan bisa menurun begitu saja, terlebih dalam waktu dekat burung tersebut akan ikut lomba kicauan.

Berbiacara cucak ijo yang menjadi banyak diam seribu bahasa tersebut tentunya menjadi hal yang sebaiknya di lakukan agar ketika melakukan perawatan harian yang di lakukan setiap hari justru membuat burung menjadi macet bunyi.

Burung cucak ijo pada dasarnya gampang untuk rajin berkicau dan bisa menirukan suara masterannya ketika melakukan pemasteran berlangsung dengan baik.

Namun , meskipun dapat bisa menirukan suara masterannya  dengan baik dan juga dapat mudah untuk berkicau, cucak ijo juga memiliki emosi yang cukup labil, dimana emosinya dapat dengan cepat naik turunnya dan tentunya hal ini menjadi suatu hal yang harus di perhatikan, jangan sampai ketika emosi negative dari burung tersebut timbul dan membuatnya menjadi macet bunyi.

Baca Juga : Cara memaster Burung Kicauan

Penyebab Burung Cucak Ijo Macet Bunyi

penyebab cucak ijo macet bunyi

Macetnya burung cucak ijo menjadi jarang berkicau bisa di sebabkan oleh berbagai macam hal, seperti gangguan kesehatan fisik dan juga kesehatan mentalnya. Dan tentunya nantinya ketika akan menagatasi persoalan tersebut cara melakukannya berbeda-beda. misalkan burung dalam keadaan sakit dan membuatnya banyak berdiam diri dan malas berkicau, dan hal yang harus dilakukan adalah dengan cara membuat cucak ijo sembuh dengan perawatan khusus dan juga yang disebabkan oleh hal lainnya.

Antara lain penyebab burung cucak ijo macet bunyi antara lain :

  • Cucak Ijo Mabung
  • Mengalami Gangguan Pernafasan
  • Adanya gangguan Pencernaan
  • Cucak Ijo Kegemukan
  • Cucak Ijo Over Birahi
  • Mental Drop

Cara Mengatasi Burung Cucak IJo Macet Bunyi

Dari sekian penyebab burung menjadi malas untuk berkicau,dalam mengatasinya yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara memperhatikan tingkah laku burung itu sendiri ketika sebelum dan sedang macet bunyi.

  1. Mabung

Mabung dapat membuat burung cucak ijo menjadi malas untuk berkicau, dan memang hal tersebut merupakan hal ilmiah terjadi pada cucak ijo dan memang sebaiknya burung menjadi jarang berkicau pada saat mabung agar burung bisa focus mabung tersebut dan menghemat energy untuk pertumbuhan bulunya.

Burung cucak ijo dalam proses mabung memang jarang di temukan mabung secara total,dan biasanya mabung hanya secara bergantian , tidak seperti burung lainnya yang dapat rontok bulunya dalam jumlah banyak seperti kacer, murai batu dan yang lainnya.

  1. Mengalami gangguan Pernafasan

Burung yang sedang mengalami gangguan pernafasan dapat membuat burung menjadi malas untuk berkicau, dan jika di biarkan terlalu lama maka akan membuatnya menjadi malas untuk berkicau. Adapun gejala yang bisa di lihat dimana burung memiliki suara yang serak dan ngorok, adapun gejala lainnya seperti :

  • Hidung cucak ijo sering basah
  • Cucak ijo batuk dan bersin
  • Paruh sering terbuka karena sesak nafas
  • Suara ngorok dan serak
  • Ekor cucak ijo sering naik turun
  • Cucak ijo terlihat lesu dan kurang aktif
  • Berat badan menurun
  • Bulu terlihat acak-acakan dan kusam
  • Sering menggaruk tubuhnya dan juga mencabuti bulunya

Untuk mengatasi dan mencegah burung terkena gangguan pernafasan, maka bisa memberikan obat khusus permasalahan pernafasan pada burung yang bisa di beli di toko online atau kios burung, seperti produk untuk pembasmi tungau kantung udara dan lain sebagainya.w

  1. Adanya gangguan Pencernaan

Pencernaan yang buruk bagi cucak ijo bisa di sebabkan oleh pakan yang tidak berkualitas, pemberian pakan dari buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak, tercemarnya pakan yang sudah tercampur dengan pestisida dan berbagai macam hal lainnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka bisa membeli obat-obatan khusus untuk mengatasi pencernaan burung tersebut, dan sebaiknya obat-obatan tersebut juga memiliki manfaat untuk memnasmi parasit dan bakteri yang ada pada pencernaan burung.

  1. Cucak Ijo Kegemukan

Kegemukan atau obesitas pada burung cucak ijo memiliki peranan yang dapat membuat burung menjadi malas untuk berkicau dan lebih memilih untuk banyak berdiam diri dibandingkan dengan beraktifitas seperti aktif bergerak dan juga berkicau tentunya.

Untuk mengatasi cucak ijo macet bunyi karena kegemukan bisa dilakukan dengan memberikan pakan dari mentimun,blimbing , mandi sauna, menjemurnya tanpa pakan dan menyimpan burung di kandang umbaran untuk merangsangnya agar rajin untuk bergerak.

Adapun jika memilih untuk memakai suplementasi untuk mengatasi kegemukan pada cucak ijo antara lain bisa membeli produk khusus untuk obesitas yang bisa di beli di kios burung atau toko online, untuk menurunkan berat badan.

  1. Cucak Ijo Over Birahi

Cucak ijo yang sedang over birahi dapat menyebabkan burung menjadi malas untuk berkicau dan bahkan tidak mau berkicau sama sekali. Factor pakan memberikan peranan yang dapat membuat cucak ijo menjadi over birahi yang memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti pemberian pakan dari Ekstrafoding salah satunya.

Untuk mengatarasi cucak ijo macet bunyi karena birahi antara lain, dengan menguragi porsi pakan dari jangkrik, kroto dan pakan dari Ekstrafooding lainnya dari porisi yang biasa di berikan, sambil memberikan buah belimbing dan terapi umbaran agar burung lebih banyak beraktifitas.

Antara lain factor yang membuat burung cucak ijo menjadi Over birahi bisa di disebabkan oleh adanya suara kicauan betina yang merangsang birahinya atau bisa juga di sebabkan ketika burung melihat warna yang terlihat cerah dan gelap.

  1. Mental Drop

Kalah tanding atau kalah mental yang di sebabkan oleh merasa terintimidasi atau merasa kalah dalam berkicau dapat membuat burung cucak ijo menjadi malas untuk berkicau, karena menjadi stress.

Untuk mengatasi cucak ijo yang stress karena mentalnya drop, maka bisa dengan melakukan terapi dengan menyimpan burung di tempat yang sepi namun nyaman dan aman dan terhindar dari berbagai gangguan lainnya.

Sambil melakukan terapi dengan menyimpannya ditempat yang nyaman tersebut,jauhkan suara suara burung lainnya dan memutar suara terapi untuk cucak ijo, sambil memberikan pakan kroto , jangkrik dan berbagai macam pakan dari serangga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *