cara merawat burung cucak ijo

Cara Merawat Cucak Ijo Bakalan Agar Cepat Bunyi Untuk Lomba

Posted on

Burung Cucak ijo merupakan seperti burung kicau lainnya yang menjadi nilai lebih dari suara kicauan yang indahnya. Ya, keindahan burung kicau yang rajin dengan durasi yang lama menjadikan nilai lebih yang banyak orang inginkan, bukan hanya tentang keindahan suaranya, akan tetapi dapat meningkatkan nilai jual karena memenangkan perlombaan.

Sebagian besar pemelihara burung cucak ijo merupakan salah satu hal yang paling banyak pemelihara burung kicauan inginkan. Dan mungkin pembaca kicaumania.net salah satunya ?

Untuk mendapatkan kicauan yang indah tentunya harus dilakukan tahapan dalam perawatan yang tidak boleh di lewatkan.

Meskipun banyak orang melakukan perawatan cucak ijo secara rutin namun nyatanya banyak orang yang masih saja gagal dalam mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai dengan harapan yang di inginkan.

Cara Merawat Cucak Ijo Untuk Lomba

Dari berbagai macam peternak kicaumania yang sukses mendapatkan kicauan yang indah dari burung peliharaan, maka sekarang ini admin kicaumania.net akan informasikan tentang cara merawat cucak ijo agar rajin berbunyi.

  1. Cara Memilih Jenis cucok ijo

Sebelum memilihara cucok ijo, maka dibutuhkan cara memilih cucok ijo yang bagus untuk lomba. Artinya temen-temen kicaumnia harus memilih jenis cucok ijo yang memiliki suara yang nyaring. Untuk memilihnya, maka bisa dengan jenis kelamin jantan, karena suaranya lebih nyaring dan bagus untuk di ikut lombakan.

  1. Menjaga Kebersihan kandang

Jangan terlalu berharap soal kicauan yang indah dari cucak ijo, maka hal yang penting untuk diperhatikan bagaimana  tentang merawat kesehatannya. Banyak factor yang dapat menjaga kesehatan, salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang.

  1. Perhatikan pakan

Setiap burung memiliki pakan kesukaan tersendiri, terutama burung cucok ijo ini. Makanan yang biasa  dan disukai oleh cuci ijo antara lain :

  • Ektra Fooding

Ektra fooding merupakan makanan yang biasa dikonsumsi di alam liar burung cucok ijo itu sendiri dan kalian juga bisa memberikannya di penangkaran atau sangkar.

Ektrak fooding tersebut merupakan jenis makanan serangga, seperti kroto, jangkrik,ulat bulu, kelabang dan lain sebagainya. Selain itu nilai gizi dari makanan tambahan ini memiliki manfaat yang dapat membuat cucak ijo menjadi lebih aktif dan rajin untuk gacor.

  • Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan jenis makanan yang disukai dan biasa di konsumsi oleh burung cucok ijo. Makanan dari buah-buahan ini memiliki manfaat yang dapat membuat terjaga pertumbuhan cocok ijo itu sendiri, karena memiliki banyak kandungan Vitamin yang banyak.

adapun, buah-buahan yang disukai oleh cucok ijo tersebut adalah, pisang, apel, tomat, papaya dan lain sebagainya.

  1. Jauhkan dari Hewan Pengaggu

Jauhkan cucok ijo dari hewan yang di anggap menggangu oleh burung kicau ini, karena ketidaknyamanan yang timbul tidak baik bagi kesehatan mental burung tersebut dan bahkan jika sering mengalami stress karena tidak nyaman, maka akakn membuatnya menjadi mati karenanya.

Maka dari itu perhatikan kenyamanan burung ini agar tetap dimiliki setiap harinya, agar meningkatkan kepercayaan dirinya dan membuatnya rajin untuk berkicau.

  1. Memandikan Mengangin-anginkan Cucak Ijo

Seperti pada jenis burung lainnya, manfaat dari memandikan burung memiliki manfaat yang dapat membuat burung menjadi segar dan nantinya lebih aktif dan juga sehat. Karena  selain itu dengan memandikannya dapat membuatnya menjadi lebih bersih dan menghilangkan bakteri jahat yang menempel pada bulunya.

Untuk memandikannya, bisa dengan dilakukan pagi hari setelah di anging-anginkan sekitar 30 menit di tempat yang terbuka, pada jam 70.30 , maka mandikan cucok ijo dengan cara meyemprotkan air ke cucok ijo yang didalam kandang. Dan dilanjutkan dengan menjemur setelahnya hingga jam 10 siang.

  1. Latihan kicau

Seperti layaknya penyanyi, burung cucok ijo dibutuhkan latihan yang rutin untuk dilakukan, dan berikan suara dari burung lainnya atau suara rekaman suara Mp3 burung cucok ijo yang memiliki kualitas yang terbaik. Sehingga suara yang di dengar tersebut bisa di tirunya dan menjadikannya materi tambahan untuk kicauannya.

Nah, berikut adalah cara merawat cucok ijo agar rajin berbunyi yang bisa di terapkan dengan tips sederhana di atas dan mudah untuk dilakukan siapapun, termasuk bagi seorang pemula sekalipun .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *