cara merawat burung prenjak

Cara Merawat Burung Prenjak Agar Cepat Bunyi dan Gacor

Posted on

Burung prenjak adalah salah satu jenis burung yang memiliki peminat dari kicau mania yang banyak, karena ciri khas kicauan yang dimilikinya sangar kencang di bandingkan banyak jenis burung kicauan yang ada, dan memiliki mental petarung yang baik.

Dari khas yang dimilikinya tentunya banyak lomba kicauan burung memperlombakan burung yang satu ini, dan mungkin para pembaca sekalian sudah memilikinya ?

Agar mampu mengeluarkan kicauan terbaik dari burung prenjak tentunya, perawatan yang rutin menjadi hal yang harus dilakukan,agar kualitas suaranya akan terus meningkat seiring perawatan yang baik yang telah di berikan.

Jika, sebelumnya membahas tentang pakan apa saja yang dapat di berikan pada burung prenjak, maka untuk pembahasan kali ini , saya akan memberikan tips cara merawat lovebird agar membutnya rajin untuk berbunyi dengan dengan sangat baik.

Baca : Pakan Burung Prenjak

Ya, selain pemberian pakan yang baik, perawatan merupakan hal yang harus di lakukan untuk meningkatkan kemampuan burung tersebut, akan tetapi untuk melengkapi hal-hal burung prenjak menjadi lebih berkucalitas membutuhkan perawatan yang tepat.

Sebentar lagi dengan membaca penjelasan di bawah ini, maka temen-temen kicau mania akan mendapatkan hasil yang terbaik bagi peliharaanya tersebut.

TAPiii, Tunggu Dulu !!

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang melakukan perawatannya, maka ketahui terlebih daulu jenis-jenis burung prenjak yang ada.

Sebelum membeli burung prenjak biasanya para pemula akan mengalami kesulitan ketika untuk mau membelinya, karena mereka bingung memilih jenis mana yang akan di beli karena ada beberapa burung prenjak yang memiliki khas yang dimiliki oleh masing-masingnya.

Jenis-jenis Burung Prenjak

Di habitat atau di alam liar burung prenjak hidup , bisanya di temukan di dataran tinggi, sekitar pegunungan atau hutan yang memiliki banyak pohon yang rindang.

Namun. Seiring dengan perkembangan yang ada, dengan minatnya para kicau mania memelihara burung tersebut membuatnya populasinya di alam liar menjadi berkurang. Dan bagi kalian yang ingin memeliharanya dapat membeli burung prenjak di kios jual beli burung di tempat sekitar anda.

  1. Burung Prenjak kepala Merah

gambar burung prenjak kepala merah

Burung jenis ini sangat terkenal sekali oleh para kicau mania di sekitar jawa, yang memiliki ciri-ciri warna coklat di sekitar tubuhnya dan memiliki warna merah di kepalanya,  sehingga seseorang bisa dengan mudah untuk mengetahui jenis burung prenjak yang satu ini.

Cara merawat burung prenjak kepala merah, tentunya tidak terlalu sulit karena secara umum burung prenjak mudah untuk di peliahara. Namun, untuk burung prenjak liar yang hasil tangkapan akan terasa sulit untuk di pelihara.

  1. Burung prenjak Sawah

gambar burung prenjak lumut

Sesuai dengan namanya, burung prenjak sawah memiliki kebiasaan hidup di sekitar pesawahan, dimana di sawah tersebut banyak tanaman padi. Tanaman padi merupakan makanan favorit yang disukai oleh burung ini, dan bagi kalian yang ingin memeliharanya maka bisa dengan mencarinya di sawah untuk di pelihara.

  1. Burung Prenjak Lumut

gambar burung prenjak sawah

Burung prenjak lumut , untuk sekarang ini populasinya sudah berkurang dan tak heran bagi para kicau mania sulit untuk menemukannya.

Namun, melihat dari ciri-ciri burung prenjak lumut ini, bisa di lihat dari tubuhnya yang kecil. Akan tetapi secara keseluruhan warna bulunya nyaris sama dengan burung prenjak kepala merah.

Cara Merawat Burung Prenjak

Dalam melakukan perawatan burung prenjak, entah itu cara merawat burung prenjak kepala merah, pranjak sawah dan prenjak lumut memanglah sama, dan membutuhkan perawatan yang rutin, terutama bagi burung prenjak yang hasil tangkapan liar yang sulit untuk di pelihara.

Namun, dengan seringnya perawatan yang rutin yang dilakukan pemiliknya, maka lambat laun akan menjadi jinak, hanya saja untuk beberapa hari, minggu atau bulan terasa sulit.

Cara merawat burung prenjak liar dan juga burung prenjak yang biasa di pelihara di kandang, tentunya akan lebih mudah di lakukan yang biasa hidup di pelihara oleh manusia. Maka dari itu, menjinakan burung prenjak menjadi awal yang harus dilakukan agar membantunya mudah untuk di pelihara.

Nah, untuk menjinakanny maka temen-temen bisa mempraktekannya dirumah pada penjelasan di bawa ini.

  1. Memandikan Burung Prenjak

Bagi burung prenjak liar mungkin akan sulit untuk memandikannya, apalagi dilakukan dengan menyemprotkan air ke kandangnya. Dengan memandikannya secara rutin, sebenarnyadapat membuat burung tersebut terbiasa di mandikan oleh pemiliknya dan membuatnya menjadi jinak lambat laun dengan kahadiran manusia dari dekat.

Selain itu, memandikannya juga dapat bermanfaat untuk kesehatannya, yang dapat membuatnya segar bugar setiap hari. Dan membersihkan kutu atau kuman yang menempel pada bulunya.

Mandikan burung prenjak pada pagii hari atau sore hari, dengan cara menyemprotkan air ke kandangnya atau dengan cara memadikannya sambil di pegang dan sambil menyirami air dari ember atau tempat khusu untuk mandi burung.

  1. Menjemur Burung Prenjak

Kebanyakan burung setelah di mandikan tentunya membutuhkan jemur, agar bulu yang basah kuyupnya tersebut menjadi kering kembali. Dan memang terkandang setiap burung berbeda-beda untuk jumlah lama dan waktu pada saat penjemurannya.

Untuk Burung prenjak itu sendiri membutuhkan mandi selama 1 sampai 2 jam, yang di lakukan pada pagi hari setelah di mandikan pada jam 7 hingga jam 10 pagi.

  1. Pakan Burung prenjak

Untuk mendorong burung prenjak menjadi gacor atau rajin berbunyi maka membutuhkan pakan yang baik, dan pakan yang biasa temen-temen kicau mania untuk mendorongnya menjadi gacor , maka bisa dengan memberikan pakan dari kroto dan juga voer.

Agar pakan tersebut dapat memberikan hasil yang baik, maka sebaiknya seduh dulu dengan air panas, guna untuk menghilangkan kuman atau bakteri yang menempel pada pakan tersebut.

  1. Pakan tambahan Untuk Lomba Kicau

Ketika mau di ikut lombakan, maka beberapa hari sebelum di ikut lombakan  bisa diberikan pakan dari jangkrik, pada pagi dan siang hari, agar burung prenjak siap untuk bertanding kicauan.

Sebagai tambaan lainnya untuk meningkatkan stamina, maka bisa memberikan pakan dari ulat hongkong. Namun, berikan pakan ini secukupnya, karena ulat hongkong dapat membuat tubuh burung menjadi hangat dan kalau di konsumsi dalam jumlah banyak badan burung menjadi panas.

Nah, sekarang sudah tau kan untuk membuat burung prenjak menjadi gacor yang bisa di terapkan sebagai cara merawat burung prenjak kepala merah, prenjak lumut dan burung prenjak sawah.