cara merawat burung cililin

Cara Merawat Burung Cililin Agar Rajin Berkicau Gacor

Posted on

Tangkar ongklet (Platylophus galericulatus) atau biasa di sebut juga dengan burung cililin merupakan jenis burung yang sering di gunakan sebagai burung masteran, karena suara khas yang mampu di keluarkan oleh burung ciliin menjadi daya tarik sebagai burung masteran untuk jenis burung lainnya, seperti burung, cucak ijo, murai batu dan burung lainnya dengan suara khas tembakan full Speed.

Seperti burung pada umumnya, untuk mendapatkan suara kicauan yang bagus sesuai khas yang dapat di keluarkan oleh jenis burung itu sendiri, membutuhkan perawatan yang tidak sebentar, terlebih burung cililin tersebut masih anakan.

Banyak keluhan yang di dapatkan dari para kicau mania dalam merawat burung cililin, dimana keluhannya tersebut burung rawan stress.

Selain itu meskipun burung cililin sudah gacor, akan tetapi untuk membuatnya menjadi rajin berkicau terkadang  membutuhkan pancingan , agar membuatnya mau untuk berkicau. Berbeda halnya dengan burung lainnya, tanpa harus di pancingpun mau tetap berkicau dengan sendirinya, seperti burung lovebird, murai batu dan lainnya.

Jenis-jenis Burung Cililin

Ketika berbicara soal burung cililin, ada beberapa jenis burung cililin itu sendiri yang bisa kita temukan di Indonesia, seperti burung cililin bulu hitam dan juga burung cililin bulu coklat.

  1. Burung Cililin Coklat

gambar burung cililin coklat

Gambar burung cililin coklat

Setiap burung cililin memiliki karakter dan juga habitat aslinya tersendiri, seperti habitat burung cililin coklat di Sumbawa, Sumatra dan Kalimantan. Untuk karakteristik suara kicauan yang mampu di keluarkannya suara Kristal dan ngerol panjang.

  1. Burung Cililin Hitam

gambar burung cililin hitam

Gambar burung cililin hitam

Sedangkan untuk habitat burung cililin hitam adalah di jawa dengan memiliki khas kicauan ngerol pendek dan kasar.

Para kicaumania sering menggunakan suara kicauan dari bururung cililin coklat sebagai masteran di bandingkan dengan burung cililin hitam. Dan tentunya harga burung cililih coklat lebih mahal di bandingkan dengan burung cililin hitam.

Cara Merawat Burung Cililin

Burung cililin pada dasarnya merupakan jenis burung yang aktif dan membutuhkan asupan makanan yang kaya akan protein, agar energy yang di butuhkan untuk aktif bergerak dan rajin bekicau tercukupi, sehingga burung mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dengan memiliki kesehatan yang baik pula setiap hari.

Lihat Juga : Download Suara Burung Cililin Asli MP3 Untuk Masteran

  1. Pakan Burung Cililin

Pakan yang baik yang di berikan pada burung cililin adalah yang memiliki kandungan Gizi yang lengkap, seperti kandungan serat kasar, karbohidrat,protein, lemak, vitamin dan mineral.

Protein menjadi salah satu pakan yang penting untuk tercukupi setiap harinya oleh burung cililin, namun pemberiannya harus tetap wajar, tidak kekurangan dan juga tidak berlebihan, karena jika asupan protein berlebih, maka burung cililin agar mengalami Over birahi yang tidak baik untuk kualitas kicaunnya.

Pakan protein sebaiknya di berikan setiap hari dengan jumlah sekitar 18% sampai 22% dan tidak di anjurkan melebihi dari itu.

Ketika pagi hari, burung cililin selesai dimandikan, berikan pakan kroto segar dan bersih tanpa semut mati, sebanyak 1 cepuk pakannya dan berikan kembali jangkrik sebanyak 5 sampai 8 ekor ketika burung sedang di angin-anginkan. Dan sediakan pakan dari Voer yang sudah di campurkan dengan kroto yang di simpan tempat pakannya.

  1. Pengembuanan Burung Cililin

Untuk memulihkan energy dan stamina, burung cililin di embunkan pada pagi hari sebelum matahari terbit selama 15 sampai 30 menit setiap harinya.

  1. Memandikan dan Menjemur

Ketika matahari mulai muncul, burung cililin bisa langsung dimandikan dengan cara menyimpan wadah untuk mandi burung  atau memandikannya di tempat keramba.

Sambil memandikan burung, maka bisa langsung melakukan pembersihan pada sangkarnya, agar burung terhindar dari penyakit yang akan mengancam kesehatannya.

Untuk penjemuran sebaiknya jangan dilakukan dalam waktu terlalu lama dan juga terlalu siang, karena bisa membuat burung menjadi rawan stress.

Lakukan penjemuran ala kadarnya saja, agar suhu badan burung menjadi hangat, sekitar jam 06.30 – 07.30 . dan setelah itu burung di angin-anginkan di tempat yang teduh.

  1. Berikan Multivitamin

Jika masih ragu atau merasa belum cukup dalam memenuhi gizi burung cililin dari pemberian pakan, maka bisa menggunakan Multivitamin sebagai asupan tambahan, agar burung terus rajin berkicau dan aktif.