burung cililin jantan dan betina copy

Cara Membedakan Burung Cililin Jantan dan Betina Secara Efektif

Posted on

Dalam memelihara burung cililin, mengetahui perbadaan jantan dan betina merupakan hal penting untuk di ketahui, terlebih burung cililin tersebut nantinya di pelihara untuk ikut lomba kicauan.

Memelihara jantan dan betina memang lebih di anjurkan, agar burung jantan dapat memiliki kondisi terbaik, misalkan burung cililin jantan sedang macet bunyi bisa menggunakan betina sebagai terapi, mengatasi burung cililin jantan yang sedang birahi, maka bisa mengawinkan terlebih dahulu, terutama untuk beternak.

Namun terkadang, untuk mengetahui jantan dan betina burung cililin bagi seorang pemula akan kesulitasn dalam membedakannya. Maka dari itu, berikut tips untuk mengetahuinya.

Cara Membedakan Burung Cililin Jantan dan Betina

Yang menjadi alasan kenapa memilih jantan burung cililin di pelihara untuk lomba kicaun, karena kemampuan berkicau burung cililin jantan memiliki suara kicauan yang bervareatif , keras, memiliki durasi kicauan panjang dan memiliki speed kicauan yang rapat, sedangkan untuk kicauan betina terdengar pendek dan putus-putus.

Sebagian dari pembaca mungkin belum mengetahui tentang jenis dan karakter burung cililin. Untuk jenis itu sendiri ada 2 , ysitu, jenis burung cililin yang memiliki bulu hitam dan bulu coklat.

Akan tetapi, setiap jenisnya tersebut memiliki karakter yang berbeda dalam hal kemampuan berkicaunnya.

  • Burung cililin coklat dapat mengeluarkan suara kristal dan ngerol panjang
  • sedangkan untuk burung ciliin hitam memiliki suara keras tapi pendek-pendek

jadi, tidak hera, kalau harga burung cililin yang bewarna bulu coklat memiliki harga yang lebih mahal dari cililin hitam.

Liha Juga : Harga Burung Cililin

Adapun untuk melihat cirinya, bsia di lihat pada penjelasan di bawah ini.

  1. Jambul dan Kepala Burung cililin

Burung cililin memiliki jambul, entah itu itu betina atau jantan. Akan tetapi sebenarnya perbedaan jambul jantan dan betina terlihat jelas ketika burung cililin sudah dewasa. Dimana jambul jantan lebih panjang dan lebat, sedangkan burung cililin betina memiliki jambul yang lebih pendek dan tidak terlalu lbat bulu jambulnya.

Jika di perhatikan lebih dekat lagi, kepala jantan burung cililin terlihat kotak, terutama jika burung burung tersebut sudah dewasa.

  1. Mata dan bintik di sekitar mata

Mata burung cililin jantan lebih besar dan terlihat melolot, sedangakn mata betina burung cililin terlihat kecil.

download suara burung

Burung cililin memiliki bintik putih di sekitar matanya, entah itu jenis burung cililin yang memiliki warna hitam atau burung cililin yang memiliki warna coklat.

Namun, apapun jenis burung cililin, bintik putih jantan lebih kecil , namun cerah warna putihnya jika dibandingkan dengan bintik yang dimiliki cililin betina yang terlihat besar dan pura warna bintik putihnya.

  1. Warna Bulu

Buruung cililin yang bewarna hitam atau coklat, memiliki perbedaan yang cukup kontras dari warna bulu jantan dan betina.

Lihat Juga : Suara Burung Cililin Mp3

Warna bulu jantan burung cililin lebih kontras dan cerah, sedangkan untuk betina terlihat lebih pudar atau pucat warna hitam atau warna coklatnya.

  1. Tubuh burung cililin

Fostur tubuh jantan lebih besar dan tegak ketika berdiri, sehingga terlihat gagah, sedangkan tubuh betina burng cililin lebih kecil, sering berdiri membungkun dan berbadan bulat.

  1. Kaki dan paruhnya

Karena bentuk tubuh burung cililin jantan lebih besar dari betina, maka untuk bagian tubuh lainnya akan lebih besar, seperti bagian kaki dan paruhnya.’

Paruh jantan lebih besar, panjang dan tebal dari betina. Begitu juga dengan ukuran kaki cililin jantan lebih besar, kasar dan cengkaramannya lebih kuat dari betina.

Cara Membedakan burung cililin jantan dan betina berdasarkan perilaku

Selain melihat dari ciri fisik, rekan-rekan kicaumania juga bisa mengetahui perbedaannya dari perilaku burung.

Untuk melihatnya, maka bisa melihat pada penjelasan di bawah ini :

  • Burung cililin jantan lebih lincah dari betina
  • Ketika berdiri fostur tubuh jantan sering berdiri tegak
  • Suara kicauan jantan keras, bervareasi, rapat, kasar dan emmiliki durasi yang lama, dan memiliki gaya menganguuk-ngangguk, sedangkan betina cililin memiliki kicauan pendak dan putus-putus dengan gaya ngeleper

Nah, demikianlah pembahasan kali ini tentang cara mengetahui jenis kelamin burung cililin dengan melihat pada penjelasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *