cara merawat burung srigunting

Cara Merawat Burung Srigunting Agar Rajin Berkicau

Posted on

Membuat burung menjadi rajin berkicau merupakan salah satu hal yang di inginkan oleh pemilik burung, namun tentunya agar burung mau mengeluarkan kicauannya dengan rajin dan mengeluarkan kemampuan berkicaunya dengan optimal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik burung, terhadap burung srigunting itu sendiri.

Burung srigunting yang cukup terkenal di Indonesia ada beberapa , seperti :

  • Srigunting batu
  • Srigunting awar-awar atau jambu rambut
  • Srigunting kelabu

Namun, dari setiap jenis burung srigunting memiliki keunikan tersendiri, seperti srigunting hitam yang memiliki kemampuan untuk menirukan suara elang guna untuk mencuri makanan dari hewan lainnya.

Cara Merawat Burung Srigunting

Namun, apapun jenis burung srigunting dengan kemampuan yang bisa dikeluarkan oleh burung tersebut, maka berikut adalah tips perawatan harian burung srigunting agar menjadi rajin bunyi.

  1. Pengembunan Srigunting

Sebelum melakukan aktifitas di pagi hari, setelah burung beristirahat pada malam hari, burung srigunting di embun-embunkan atau di angin-anginkan pada pagi hari sebelum matahari terbit, sambil memberikan pakan kroto sebanyak 1 cepuk dan ulat jerman sebanyak 2 sampai 3 ekor.

  1. Memandikan dan Membersihkan kandang

Sebelum memandikan burung, bersihkan kandang terlebih dahulu agar bakteri yang kuman tidak ada di dalam sangkarnya, dengan membersihkan bekas kotoran dan juga sisa pakan yang jatuh.

download suara burung

Setelah sangkarnya bersih, burung di mandikan dengan menyemprotkan air ke tubuh burung srigunting tersebut.

Setelah dimandikan, burung diberikan pakan jagkring sebanyak 2 sampai 5 ekor.

  1. Menjemur

Setelah burung di mandikan dan memakan pakan jangkrik yang di berikan, maka burung di jemur selama 2 jam, namun perlu untuk di ingat, ketika menjemurnya sebaiknya di lakukan pada pagi hari sebelum jam 10.00 , karena lebih dari jam tersebut mataharinya terlalu terik.

Setelah burung di jeur selama dua jam, maka burung di angin-anginkan di pohon rindang atau di halaman rumah.

  1. Perawatan Siang dan sore hari

Setelah burung selesai di mandikan dan di jemur, maka aktifitas selanjutnya adalah dengan memaster burung srigunting tersebut dengan menggunakan burung langsung atau menggunakan Mp3 masteran srigunting hingga jam 16.00 san memberikan pakan jangkrik kembali sebanyak 2 sampai 3 ekor.

Lihat : Suara Burung Srigunting Mp3

  1. Asupan Pakan tambahan Lainnya

Agar burung memiliki birahi yang stabil dan stamina yang cukup, maka berikan ulat bambu beberapa kali sehari dan memberikan multivitamin yang di larutkan kedalam minumannya.