cara merawat burung sirtu

Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor ( Cipoh )

Posted on

Burung sirtu merupakan jenis burung yang cukup popular di Indonesia dengan memiliki ciri-ciri bentuk fisik yang kecil, hanya bisa mencapai 10 cm. dan memiliki warna dominanan, antara warna kuning, hijau dan orange.

Untuk habitat burung sirtu itu sendiri penyerbarannya bisa di temukan di asia tenggara, dan untuk di Indonesia itu sendiri, burung sirtu bisa di temukan di Kalimantan dan jawa.

Salah satu yang menjadikan burung ini menjadi cukup di minati kalangan kicau mania, yaitu burung ini cukup mudah untuk di pelihara.

Namun , meskipun burung sirtu mudah untuk di pelihara, akan tetapi, dengan melakukan tidak tepat tentunya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga burung sirtu tidak mampu mengeluarkan kicauan terbaiknya.

Setiap burung peliharaan membutuhkan perawatan harian yang rutin, meskipun memang perlakukannya akan sedikit berbeda yang di sesuaikan dengan karakteristik burung itu sendiri.

Sebelum menjelaskan cara merawat burung sirtu, maka sebaiknya temen-temen ketahui terlebih dahulu tentang cara membedakan burung sirtu pejantan dan betina pada penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Burung Sirtu Jantan dan Betina

cara membedakan burung sirtu jantan dan betina

Untuk mengikut lomba kicauan burung sirtu, biasanya para kicau mania lebih memilih jenis burung sirtu pejantan di bandingkan burung sirtu betina¸karena kualitas kicauan dari burung sirtu pejantan lebi baik.

  1. Warna Burung Sirtu Pejantan dan Betina

Untuk membedakan burung sirtu pejantan dan betina bisa dilihat dari warna secara keseluruhan. Namun memang untuk burung sirtu yang sering di mandikan atau di urus sama pemiliknya, warna mencolok antara pejantan dan betina tidak terlalu mencolok.

Warna burung sirtu pejantan akan terlihat lebih mencolok warna bulu yang dimilikinya, di bandingkan dengan warna bulu burung sirtu berina yang terlihat agak pudar.

  1. Kicauan Burung Sirtu pejantan dan Betina

Suara kicauan dari burng sirtu pejantan lebih vareatif dan rajin untuk berkicau di bandingkan dengan betina, meskipun burung sirtu betina berkicau, kualitas kicauannya terlihat monoton atau datar dan tidak bervariasi.

  1. Tingkah Laku Burung Sirtu

Burung sirtu pejantan memiliki birahi yang tinggi akan membuatnya lebih aktif kesana kemari dan bisa mengkonsumsi pakan yang banyak, sedangkan untuk burung sirtu betina cenderung banyak diam dan sekali-kali berkicau.

Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

gambar burung sirtu

Jika sudah membaca dan memahami tentang cara membedakan burung sirtu pejantan dan betina, maka selanjutnya bisa membaca cara merawat burung sirtu tersebut mampu berkicau dengan kualitas terbaik.

Untuk melakukan perawatan, maka harus rajin-rajin perawatan setiap harinya, entah itu burung sirtu yang hasil tangkapan dari hutan, ataupun hasil dari membeli di kios burung.

  1. Menjaga kesehatan Burung Sirtu

Membuat burung sirtu menjadi sehat setiap harinya tentunya kan meningkatkan Moodnya menjadi lebih baik dan tentunya baik untuk membuatnya menjadi aktif dan rajin untuk berkicau.

Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesehatan burung peliharaan, seperti penjelasan di bawa ini :

  • Membersihkan Kandang

Kandang merupakan tempat yang harus dibersihkan agar membuat kandang bersih dari kotoran yang menumpuk dan juga sisa pakan yang jatuh ke kandang untuk menghindari banyaknya kuman atau bakteri berada pada kandang burung.

  • Memandikan Burung Sirtu

Selain membersikan kandang, dengan memandikan burung sirtu dapat membuat kuman yang menempel pada burung tersebut bisa hilang dan membuat bulunya terlihat bersih dan rapih. Dan tentunya dapat membuat burung menjadi segar bugar.

Untuk memandikan burung sirtu, maka bisa dilakukan pada pagi hari jam 7 dan selanjutnya lakukan penjemuran hingga bulu basah kuyup menjadi kering kembali.

  1. Pakan Burung Sirtu

Pakan berkualitas merupakan hal yang penting untuk di berikan, selain dapat membuatnya menjadi sehat, dengan pemberian pakan guna untuk mendorong suara kicauan dapat di keluarkan oleh burung itu sendiri.

Makanan yang baik tentunya lengkap dengan Gizinya, seperti serat, Vitamin, protein, karbohidrat dan juga nutrisi lainnya.

Adapun pakan yang bisa diberikan pada burng sirtu , antara lain, seperti ulat hongkong, kroto, voer dan makanan lainnya. Untuk melihat pakan burung sirtu lainnya, bisa melihat di halaman lainnya,di link ini : Pakan Burung Sirtu.

  1. Pemasteran Burung Sirtu

Setiap burung kicauan biasanya melakukan pemasteran untuk membantu meningkatkan kualitas dan vareasi kicauan dari burng sirtu itu sendiri. Untuk pemasteran burung sirtu maka bisa dengan cara mendownload suara burung sirtu di internet atau menggunakan burung masteran sirtu yang memiliki kualitas kicauan terbaik.

Nah, sekarang sudah tau kan cara merawat burung sirtu ? caranya tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan keuletan dalam perawatannya yang rutin setiap harinya untuk mendapatkan kualitas terbaik dari burung itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *