burung lovebird diare

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Lovebird Diare Agar Sembuh Kembali

Posted on

Diare merupakan suatu penyakit yang mungkin saja terjadi pada burung peliharaan, termasuk burung lovebird.

Diare itu sendiri banyak orang anggap, kotoran burung yang encer, namun hal tersebut tidaklah selalu benar.

 Pada dasarnya sering kita jumpai diare pada burung bisa lihat dari kotoran yang encer, akan tetapi tidak semua diare harus di lihat dari kotorannya, karena penyebab kotoran burung yang encer juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya, seperti burung stres dan juga burung sering mengkonsumsi pakan yang memiliki kandungan air yang banyak atau banyak minum.

Penyebab Burung Lovebird Diare

Namun, meksipun kotoran yang encer tidak selalu di sebabkan oleh diare, akan tetapi untuk mengindentifikasi burung tersebut kena diare, bisa dillihat kotorannya yang encer dan sering menempel pada bulu di sekitar kloakannya, sehingga selalu kotor bulu di sekitar kloaka dan bulunya sering mengembang.

Meskipun diare merupakan yang terbilang bukan penyakit berat, akan tetapi jika dibiarkan terlalu lama maka akan membuat burung lebih mudah terserang penyakit, dan burung akan mudah lelah dan staminanya menurun.

Ada beberap penyebab burung lovebird diare, diantaranya :

  • Disebabkan oleh parasit
  • Disebabkan oleh virus
  • Bakteri
  • Jamur

Cara Mengatasi Burung Lovebird Diare

Hal yang membuat burung menjadi terserang diare, salah satunya disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat, seperti tidak rutin dalam membersihkan sangkarnya, sehingga burung terserang penyakit dan bakteri yang menyerang kesehatannnya, entah itu menyerang kesehatan dari luar dan tubuh bagian dalam burung.

download suara burung

dan selama melakukan perawatan ini, pastikan kondisi suhu tubuh burung agar tetap hangat, bisa dengan cara mengkrodong sangkarnya ketika malam dan siang hari, agar perubahan suhunya tidak terlalu terasa kepada burung, seperti tidak terlalu dingin ketika malam hari.

  1. Pisahkan Burung

Ketika burung sudah terserang diare, agar penyakit burung tidak menular pada burung lainnya, maka pisahkan dengan burung lainnya, karena untuk beberapa jenis penyebab penyakit diare yang disebabkan oleh parasit yang bisa menular.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, adalah dengan menjauhkan burung yang sakit dengan burung yang sehat.

  1. Membersihkan kandang

 Untuk beberapa kasus, penyebab burung terserang penyakit diare di sebabkan oleh virus yang bersumber dari sangkar yang kotor. Untuk hal itu maka bersihkan kandang secara rutin dan menyemprotkan disenfektan khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut yang bisa di beli di kios burung.

  1. Berikan Obat Khusus

Untuk melakukan penanganan pertama, rekan-rekan bisa memberikan pbat khusus untuk mengatasi diare pada burung.

  1. Perhatikan pakan dan air minum

Perhatikan dan pastikan pakan dan air minum yang diberikan dalam keadaan fresh, karena bisa jadi penyebab munculnya diare pada burung, disebabkan oleh air minum yang kotor dan pakan yang sudah tercemar seperti sudah berjamur.