lovebird galak pada pasangannya

Lovebird Galak Pada Pasangannya ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Lovebird menjadi agresif merupakan hal yang kemungkinan terjadi yang di sebabkan oleh beberapa hal sehingga yang tadinya burung tidak galak mendadak galak.

Mendadak galak pada lovebird bukan hanya akan terjadi pada lovebird yang masih proses penjodohan, akan tetapi bisa terjadi pada burung yang sudah berjodoh dan cenderung akan menyerang dan melukai pasangannya.

Dengan melihat burung yang galak tersebut, tentunya dapat membuat perawatan yang dilakukan akan tidak berjalan dengan lancar, terutama bagi yang ingin menernakannya, mau tidak mau burung harus pulih terlebih dahulu, kalau pun di paksakan untuk di ternakan, maka hasilnyapun tidak akan baik.

Penyebab Burung Lovebird Galak

Penyebab burung galak bisa di sebabakn oleh beberapa hal, seperti burung terlalu birahi, sehingga birahi yang berlebih tersebut terkesan “memaksa” untuk mengawini betina atau sebaliknya.

  1. Proses Penjodohan

Dalam hal penjodohan juga bisa memicu salah satu lovebird menjadi agresif, terutama di dalam sangkar atau penangkaran, yang awalnya kandang tersebut di tempati oleh jantan dan ketika betina di masukan ke kandang yang awalnya di tempati oleh jantan tersebut, biasanya jantan akan terlalu cepat membangun pedekatan dan akan cenderung galak pada betina karena merasa menguasai kandang tersebut.

Begitu juga ketika awalnya kandang tersebut di tempati oleh lovebird betina dan lovebird jantan di masukan setelahnnya, maka akan membuat lovebird betina terlihat lebih agresif.

Akan tetapi, berbeda halnya ketika menjodohkan burung di alam liar atau di kandang penangkaran dengan membuat burung mencari jodohnya sendiri ( tidak dijodohkan oleh pemilik burung ) , maka proses penjodohannya akan berjalan dengan lancar, karena hormon jantan dan betina lovebird sudah tersinkronisasi  sendiri sehingga dapat dengan sendirinya berjodoh.

  1. Lovebird bosan

Lovebird yang dipelihara di sangkar dapat memicu burung bosan, karena burung “dipaksa”untuk hidup terus-terusan di dalam sangkar, dengan kondisi lingkungan yang itu-itu saja.

download suara burung

Berbeda halnya ketika lovebird hidup di alam liar, ketika burung sedang mangalami kebosanan, maka burung akan melakukan banyak aktifitas, seperti berinteraksi dengan burung lain, bermain, mencari makan dan lain sebagainya.

Ketika burung sedang mengalami bosan, apalagi sampai stres, maka bukan hanya berpengaruh pada kesehatannya, akan tetapi dapat membuatnya menjadi galak pada pasangannya.

Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

Karena kebosanan pada lovebird merupakan hal berkemungkinan terjadi pada burung yang dipelihara di penangkaran, entah itu sudah memiliki pasangan atau belum. Maka burung membutuhkan banyak aktifitas untuk merangsang mengeluarkan aktifitas, karena mengingat burung lovebird merupakan jenis burung yang memiliki kepintaran yang baik di bandingkan burung lainnya. sehingga dapat merangsang otaknya untuk bekerja.

  1. Simpan di kandang umbaran

Karena burung butuh untuk merangsang otaknya bekerja dan mengembalikannya menjadi tidak galak kembali, maka beberapa kali dalam seminggu burung di simpan di kandang umbaran agar nantinya burung melakukan banyak aktifitas, terutama terbang-terbang pendek.

  1. Berikan mainan

Agar burung semakin sibuk, atau ketika burung di simpan di kandang umbaran, maka berikan mainan agar burung semakin aktif, seperti memasukan bola kecil atau mainan lainnya.

  1. Penjodohan ulang

Jika burung menjadi galak karena gagal dalam penjodohan, maka sebaiknya lakukan penjodohan ulang kalau salah satu atau kedua calon pasangannya galak atau belum terlalu berjodoh.

Lihat Juga : Cara Menjodohkan Burung Lovebird

  1. Pisahkan Burung

Ketika burung sering tidak akur atau salah satunya sering menyerang, entah itu burung masih tahap penjodohan atau sudah berjodohan, maka sebaiknya jauhkan terlebih dahulu agar tidak terluka salah satunnya, sehingga pulih kembali.