racikan milet

Racikan Milet Untuk Burung Pemakan Biji-bijian Seperti Lovebird

Posted on

Makanan memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan burung dan terlebih untuk membuat burung kicauan menjadi rajin untuk berkicau. Termasuk burung pemakan biji-bijian seperti lovebird dan jenis burung lainnya.

Makanan dari milet saja tidak cukup untuk memenuhi gizi yang di konsumsi oleh burung untuk itu dalam pemberian pakan bisa dengan mencampur dengan jenis pakan lainnya, seperti menambahkan pakan dari buah-buahan,telur dan juga sayur-sayuran.

Protein dan gizi lainnya menjadi salah satu asupan penting yang di berikan pada burung kicauan pada umumnya, jika burung pemakan serangga tentunya tidak terlalu sulit untuk memenuhi kebutuhan protein, karena sumber makanan dari serangga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Nah, bagi burung pemakan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan gizi dari protein cukup terbatas, meskipun pakan dari biji-bijian lainnya memiliki kandungan protein yang cukup lumayan.

Untuk memastikan kebutuhan protein burung tercukupi, maka dari itu perlu meracik pakan dari millet dan makanan lainnya yang memiliki sumber protein yang tinggi.

Racikan Milet Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

Protein memiliki manfaat untuk membuat stamina burung menjadi meningkat, dan juga sering di gunakan untuk meningkatkan birahi hingga stabil, dan membuat burung memiliki stamina yang cukup untuk berkicau dan birahinya akan mendorong burung untuk rajin berkicau.

  1. Telur dan Milet

telur untuk milet

Untuk meningkatkan kadar protein dalam milet untuk memenuhi kebutuhan protein burung , maka racikan milet dan telur menjadi solusi untuk diberikan pada burung kesayangan anda.

Hal yang pertama dilakukan adalah :

  • Siapkan telur secukupnya
  • Siapkan milet yang sudah di jemur atau di oven

Siapkan telur secukupnya tergantung jumlah milet yang akan di gunakan. Namun sebelum mencampurkan kedua bahan tersebut, sebaiknya milet di jemur terlebih dahulu , agar kadar airnya berkurang, sehingga ketika di campurkan dengan telur, maka kandungan gizi yang terdapat dari putih dan kuning telur dapat terserap dengan baik.

download suara burung

Lihat Juga : Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

Ketika sudah dicampurkan antara milet dan telur, maka diamkan hingga gizinya sudah terserap pada biji milet tersebut. Dan selanjutnya keringkan dengan cara menjemurnya atau juga dengan mengovennya, sehingga kadar airnya berkurang dan membuat milet menjadi kering kembali.

Kandungan protein memang menjadi salah satu alasan meracik pakan dari milet dan telur, akan tetapi dari pemberian kuning telur dapat meningkatkan hormone testosterong pada burung untuk memperdalam kualitas suara burung menjadi lebih baik.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan racikan lainnya,seperti :

  • Cangkang kulit telur
  • Tulang sotong
  • jahe
  • Bawang putih

Jahe dan bawang putih memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar hormon testosterone burung. dimana menurut penelitian, Max Planck Institute for Ornithology di Seewiesen, Jerman, ketika burung di berikan hormone testosterone dengan cara di injeksi dapat meningkatkan kemampuan berkicau pada burung, entah itu betina dan juga burung pejantan.

Dengan  hasil penelitiannya tersebut, sekarang ini banyak produk-produk yang di jual belikan suplemen untuk meningkatkan kadar hormone testosterone pada burung. Dan sudah banyak para kicau mania yang membeli produk testosterone tersebut untuk menggacorkan burung.

Jika anda yang tidak ingin menggunakan produk suplemen yang mengandung testosterone untuk diberikan pada burung, maka bisa menggunakan ketika bahan alami, seperti kuning telur, bawang putih, dan juga jahe yang di racik hingga kandungan gizinya menyerap pada biji millet.

Testosterone juga, bukan hanya bermanfaat untuk memperdalam kualitas kicauan burung, akan tetapi testosterone juga berfungsi untuk meningkatkan birahi burung,merubah suasana hati menjadi seimbang, memberikan energy,baik untuk perkembangan fisik. Terlabih burung tersebut memiliki umur yang masih anakan yang masih belajar berkicau dan baik untuk pertumbuhannya.