pakan burung pemakan biji-bijian

Pakan Tambahan Untuk Burung Pemakan Biji-bijian

Posted on

Setiap burung kicauan memiliki makanan kesukaannya masing-masing, seperti jenis burung pemakan serangga dan juga jenis burung pemakan biji-bijian.

Dalam kebutuhkan Gizi hariannya agar tercukupi antara burung pemakan biji-bijian dan juga burung pemakan serangga, tentunya pakan yang di berikannya juga harus lebih bervareatif, karena dengan memiliki gizi yang cukup yang di berikan pada pakannya, maka kesehatan dari burung tersebut menjadi terjaga dan membuat burung menjadi rajin untuk berkicau.

Pakan tambahan burung pemakan biji-bijian tententu selain di berikan pakan dari biji-bijan, seperti millet,jewawut dan pakan sejenis lainnya, maka untuk melengkapi kebutuhan gizi untuk kesehatan burung itu sendiri, maka bisa memberikan pakan lainnya, dari buah dan sayur-sayuran yang bisa di berikan dan di Mix setiap hari atau setiap minggu, yang penting Gizinya lengkap terpenuhi.

  1. Oyong Atau Gambas

manfaat oyong untuk burung

Gambas atau biasa di sebut juga oyong memiliki kandungan Gizi yang cukup banyak, jadi dalam pemberian pakan ini dapat memberikan gizi yang cukup lengkap, seperti kandungan gizi oyong dalam 100 gram :

  • 1,09 gram protein
  • Kalsium 17 gram
  • Zat Besi 1,6 mg
  • Vitamin C 7 Mg
  • Vitamin A 5,6 IU

Namun , dalam pemberian pakan dari oyong tersebut jangan terlalu keseringan, misalkan di berikan 1 minggu cukup 1 – 2 kali dan di hari lainnya dalam waktu seminggu berikan pakan tambahan lainnya, seperti pakan yang akan di jelaskan di bawah ini.

Untuk memudahkan burung dalam mengkonsumsi pakan dari oyong, maka potong-potong terlebih dahulu, sehingga bagian dalam dari oyong terlihat dan burung bisa dengan mudah untuk mengkonsumsinya. Biasanya oyong sering di konsumsi oleh burung kenari/ Finch dan burung paruh bengkok, seperti Lovebird dan yang lainnya.

  1. Buah Apel

manfaat buah apel untuk burung

Buah apel menjadi makanan tambahan yang bisa di berikan para burung pemakan biji-bijian, dan kandaungan yang terdapat dari burung tersebut memiliki Gizi yang cukup lengkap dan bermanfaat bagi burung menjadi rajin untuk berkicau.

Dalam pemberiannya, maka bisa memotong hingga beberapa bagian, untuk mempermudah dalam penyimpanan dan juga mempermudah untuk burung mengkonsumsinya.

Setelah di potong hingga beberapa bagian, maka cuci hingga bersih dengan menggunakan air bersih, dan buang bagian bijinya.

Adapun  kandungan yang terdapat dari buah apel, antara lain :

  • Zat besi
  • Vitamin C, B1,B2,B3,B5,B6,B9 dan Vitamin A
  • Kaya akan serat
  • Terdapat kandungan quercetin yang bermanfaat untuk meningkatkan oksidan, sehingga burung memiliki daya tahan tubuh yang cukup dari berbagai penyakit dan menjadikannya lebih sehat
  • Terdapat asam tartar yang baik untuk pencernaan burung
  • Kaya akan mineral, potassium, magnesium,zat besi, kalsium
  1. Jagung Muda

manfaat jagung untuk burung

Jagung muda merupakan pakan favorit yang biasa di konsumsi oleh burung paruh bengkok, seperti lovebird, parkit dan burung lainnya seperti Finch dan kenari.

Dalam pemberikan pakan tambahan dari jagung, bisa di berikan sepotong jagung yang di simpan di sangkar atau kandang dengan cara menyimpannya di bawah atau di samping kandang.

Namun , jika burung belum terbiasa mengkonsumsi pakan dari jagung, maka bagian terdepat dari jagung tersebut di iris terlebih dahulu, sehingga burung mampu mengkonsumi dengan mudah.

Beberapa kandungan  dan manfaat dari jagung untuk burung antara lain :

  • Kaya akan mineral
  • Mencegah anemia
  • Kaya Vitamin dan kalori
  • Menyehatkan bulu burung
  • Melancarkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan mata
  1. Wortel

manfaat wortel untuk burung

Wortel bisa di berikan pada burung paruh bengkok, namun memang tidak semua terbiasa mengkonsumsi makanan tersebut. Akan tetapi agar bisa memberikan pakan tambahan untuk melengkapip Gizi burung itu sendiri, maka bisa dengan membiasakan dalam memberikan pakan dari wrotel ini.

Pakan sortel juga sangat baik di berikan untuk membantu dalam memenuhi dalam menghasilkan pigmen warna, sehingga baik di berikan pada burung kenari merah.

Dalam pemberian pakan dari dari wortel ini bisa dengan cara memberihkannya terlebih dahulu, lalu merebusnya dan memarutnya hingga halus dan berikan berupa perasan cairannya atau juga wortel matang hasil parutan tersebut.

  1. Cabai Merah

manfaat cabe untuk burung

Cabai merah juga bisa di berikan pada burung pemakan biji-bijian, karena memiliki kandungan Vitamin C yang banyak dan juga bisa menghasilkan Pigmen warna seperti yang terdapat pada wortel.

Pakan cabe juga bisa dikonsumsi oleh burung dan tidak akan membuat burung menjadi merasa pedas dan panas ketika mengkonsumsinya, karena burung tidak memiliki reseptor rasa.

Jika burung membutuhkan asupan Vimtain C, maka bsia memberikan cabe yang di berikan dengan dalam bentuk utuh atau juga dengan membuang bijinya dan memberikan kulit cabenya saja.

  1. Mentimun

manfaat timun untuk burung

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga baik di gunakan untuk menjaga suhunya ketika cuaca panas dan juga diberikan untuk di perjalanan.

Selain itu mentimun juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga berat badan ideal pada burung dan memiliki manfaat yang dapat mengatasi terjadinya Over birahi pada burung.

Dalam penyajian pakan dari mentimun bisa berupa meberikan biji keringnya saja atau memberikan mentimun secara utuh yang di belah 2 dan di simpan di samping kandang.

Namun , bagi anda yang ingin memberikan mentimun untuk menjaga suhu tubuh dalam kondisi lingkungan panas, maka bisa memberikan dalam bentuk utuh.

  1. Sawi

manfaat sawi untuk burung

Sawi merupakan makanan yang cukup di gemari oleh burung pemakan biji-bijian, seperti pakan lainnya pada penjelasan di atas, sayuran sawi juga memiliki kandungan yang tidak kalah penting untuk kesehatan burung, seperti :

  • Vitamin A dan C
  • antioksidan flavonoid
  • zeaxanthin
  • lutein
  • sulforaphane
  • indoles

selain itu, sayuran sawi memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan burung.Berikan sayur sawi segar secara utuh dan simpan di samping kandang burung.

Dalam pemberian pakan pengganti dari biji-bijian yang telah di sampaikan diatas, maka bisa di berikan secara acak atau berkala, misalkan dalam 7 hari tersebut berikan 7 pakan tambahan tersebut yang berbeda-beda, karena setiap pakan tersebut memiliki kandungan Gizi yang berbeda, meskipun untuk beberapa Gizi ada yang sama dan memiliki manfaat berbeda pula tentunya.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *