burung stress

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Stress Hingga Macet Bunyi

Posted on

Stress pada burung peliharaan merupakan salah satu persoalan yang cukup di khawatirkan para pemilik burung, dimana burung yang di pelihara tersebut , dapat membuat kualitas burung itu sendiri menurun, seperti jarang bergerak aktif hingga membuatnya menjadi macet bunyi karenanya.

Sebagian dari kicaumania mungkin pernah melihat atau memiliki Burung stress, dan biasanya kendala stress tersebut membuat fisik dan mental burung peliharaan menjadi terpengaruh.

Secara fisik maupun stress mental pada burung, maka tubuh dari burung itu sendiri akan merespon dengan mengaktifkan system saraf simpatetik. Dengan aktifnya system saraf simpatetik tersebut dapat membuat detak jantung burung akan menjadi lebih cepat, namun , pembuluh darah dari burung tersebut menjadi mengerut , dan tekanan darah pada burung meningkat.

Dengan melihat kondisi tersebut tentunya dapat mengakibatkan hal-hal buruk terjadi pada burung jika di biarkan terlalu lama dan tidak segera melakukan penanganan yang tepat,maka akan terjadi hal buruk lainnya seperti :

  • Adrenalin dalam tubuh akan di produksi dalam jumlah berlebihan
  • Meningkatnya kadar lemak dan gula dalam darah burung
  • Fungsi pencernaan menurun
  • Tekanan darah menjadi meningkat
  • Otot-otot burung menjadi tegang
  • Energy burung banyak yang terkuras

 Penyebab Burung Stress

Setiap burung memiliki karakteristis yang berbeda-beda, dan tingkat pengaruh yang menyebabkan stress pula bisa berbeda-beda. jadi, apapun jenis burung yang dipelihara, maka sebaiknya hindari hal-hal yang membuat burung menjadi macet bunyi.

  • Burung bisa stress karena adanya gangguan atau ketakutan terhadap hewan predator seperti tikus, kucing, anjing dan hewan lainnya yang dapat menakuti burung
  • Ganti sangkar atau kandang burung dapat membuatnya tidak nyaman dan bisa menyebabkan stress, jadi pastikan terlebih dahulu, jika burung tidak nyaman pada sangkar baru , maka pindahkan saja ke kandang lama
  • Terkena pencemaran udara, sering di alami oleh burung yang di simpan di tempat yang banyak polusi udara, seperti asap kendaraan, dekat dengan pembuangan sampah dan tempat lainnya yang memiliki udara yang kotor
  • Burung kaget yang di sebabkan oleh suara hewan, atau suara benda dengan keras
  • Merubah pemberian pakan secara drastis atau pakan tidak cocok
  • Burung belum jinak atau burung liar
  • Memegang burung dengan cara yang tidak tepat hingga membuatnya menjadi trauma
  • Air minum yang tidak berkualitas, karena adanya bakteri dan kuman, seperti E-coli
  • Keracunan pakan, seperti pakan dari serangga beracun dan juga Voer
  • Terkena racun , seperti fungisida,pestisida,herbisida dan lainnya
  • Kandang yang terlalu kotor
  • Kandang yang terlalu kecil dan membuatnya menjadi kurang bergerak
  • Stress karena ditinggalkan oleh pasangannya
  • Perjalanan jauh bisa membuat burung menjadi stress, biasa terjadi pada burung anis merah dan cucak ijo
  • Sosial stress. Perawatan yang tidak tepat, seperti kurangnya perhatian dari pemilik burung dan membuat burung merasa di abaikan oleh pemiliknya, sehingga burung menjadi stress

Lihat Juga : 5 Pantangan dan Perawatan Burung Mabung Yang Benar

Ciri-ciri Burung Stress

Ciri-ciri burung stress dapat merubah perilaku pada burung itu sendiri, dimana perilaku tersebut mengarahkan burung kearah negatif atau merusak kesehatannya, seperti perilaku :

  • Burung awalnya jinak mendadak menjadi giras atau menjadi liar
  • Burung menolak pakan dari voer, padahal sebelumnya biasa mengkonsumsi pakan voer
  • Merubah perilaku yang tadinya rajin berkicau menjadi mendadak banyak berdiam diri, tidak aktif dan tidak berkicau
  • Meskipun burung masih mau makan dan mau bergerak, burung yang sedang stress sering mengembangkan bulunya
  • Untuk beberapa jenis burung, terutama burung paruh bengkok ketika stress dapat membuatnya menjadi menyakiti diri sendiri seperti mencabunti bulunya, suka menggigit dan galak

Cara Mencegah Burung Stress

Untuk mencegah burung menjadi stress, hal yang pertama dan untuk di pertahankan adalah dengan cara mengkondiskan burung memiliki tubuh yang selalu Fit, karena penyebab burung menjadi sakit adalah, ketika burung memiliki kesehatan yang tidak baik.

Kesehatan burung dari pemberian makanan yang berkualitas yang memiliki nilai gizi yang lengkap dapat membuat burung menjadi sehat.

Pakan yang menjadikan burung memiliki stamina yang bagus, hingga burung memiliki stamina yang sehat untuk aktif bergerak dan berkicau adalah dengan memberikan pakan dari Ekstrafooding, karena memiliki kandungan serat kasar, protein,lemak, karbohidrat, kalori.

Akan tetapi pemberian pakan dari Ekstrafooding saja tidak cukup, perlu asupan pakan lainnya, dan memberikan Multivitamin  untuk memenuhi kebutuhan mineral dan Berbagai macam Vitamin. Karena menurut beberapa penelitian, ketika burung di pelihara dalam sangkar rentan kekurangan Vitami D 97%, Vitamin A 67%, mineral kalsium 98% dan mineral dan vitamin, rata-rata 50%.

Baca Juga : Cara Mengatasi Burung Terkena Snot Agar Sembuh kembali

Cara Mengatasi Burung Stress

Bagi anda yang memiliki burung yang sedang stress, entah itu stress ringat atau stress berat, maka lakukan penanganan segera dan jangan biarkan terlalu lama.

  1. Isolasi Burung Stress

Untuk penanganan pertama dalam mengatasi burung yang stress, maka simpan burung di tempat yang sepi dan nyaman dan jauh dari suara burung sejenis atau melihat burung lainnya. Biarkan burung berisitirahat secara Full untuk proses pemulihannya lebih baik, sambil memutar suara terapi untuk membantunya menjadi rileks dan tenang.

Selain itu, gunakan krodong secara Full pada sangkarnya ketika petang dan malam hari, agar bisa Fokus untuk beristirahat dan untuk menghindari gangguan dari luar.

  1. Terapi Umbaran

Jika memiliki kandang umbaran, maka bisa memindahkan sangkar ke kandang umbaran agar burung bisa beterbangan untuk melatih otot-otonya dan juga sebagai terapi mentalnya , sehingga stress yang di alami oleh burung bisa cepat pulih kembali.

  1. Berikan Multivitamin dan makanan yang berprotein

Pemberian multivitamin dan juga pakan berprotein yang cukup pada burung akan membantu proses pemulihan, entah itu pemulihan fisik dan mentalnya secara bertahap dan lambat laun , burung akan cepat pulih kembali. Bagi burung yang biasa mengkonsumsi pakan dari serangga, maka berikan pakan dari kroto segar pada pagi dan sore hari, sebanyak 1 cepuk.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *