ciblek muda
Gambar ciblek muda

Cara Melatih Burung Ciblek Muda agar Bermental Petarung dan Rajin Bunyi

Posted on

Kicaumania.net – Gaya bertarung dan suara tembakan khas dari burung ciblek merupakan salah satu daya tarik dari kalangan kicaumania indonesia.

Jika jaman dulu pada tahun 1990-an orang lebih banyak memelihara burung ciblek sebagai kelangenan, dengan perkembangannya, burung ciblek banyak di pelihara sebagai burung lomba dan juga burung masteran untuk menambah variasi kicauan burung lain atau untuk memaster burung ciblek lainnya.

Agar kemampuan berkicau dan gaya yang khas dari burung ciblek dimiliki oleh ciblek, tentunya perawatan yang tepat harus di terapkan, karena itulah cara untuk membuat burung ciblek dapat memiliki kemampuannya secara maksimal.

Cara Melatih Mental Ciblek Muda

Untuk membuat ciblek memiliki kemampuan yang optimal, alangkah baiknya memang di pelihara dan di rawat ketika pada masih muda, karena lebih mudah untuk di arahkan nantinya dalam perawatannya, terutama dalam melakukan pemasteran untuk meningkatkan variasi kicauannya.

Lihat Juga : Cara Memilih Ciblek yang Bagus

  1. Pengembunan Ciblek Muda

Hal yang penting dalam pengembunan adalah dapat membuat butung menjadi aktif dan sehat, dan nantinya ciblek akan memiliki mental tarung yang terbentuk secara bertahap.

Untuk tempat pengembunan, lebih baik di tempat nantinya terkena matahari langsung, sehingga ketika di jemur tidak harus di pindah-pindah.

  1. Kroto untuk Ciblek Muda

Ketika matahari sudah muncul dan ciblek di jemur matahari pagi, burung di berikan 1 sendok teh kroto, dengan memberikan kroto akan membuat ciblek menjadi lebih bersemangat sepanjang hari karena pemberian kroto setelah pengembunan akan membuat staminanya terdongkrak.

Di samping itu, bila di perlukan pakan dari air minum dan voer di ganti, jika sudah kotor, karena bisa tercemar oleh penyakit dan bisa menggangu kesehatan ciblek.

Baca Juga : Cara Membuat Ciblek Bersuara Ngebren

  1. Mandi dan Jemur Pagi Ciblek Muda

Mandikan ciblek hingga bulunya basah kuyup dengan semprotan atau dengan mandi sendi di keramba jika sudah terbiasa.

Setelah di mandikan, ciblek di angin-anginkan, sambil berikan 1 ekor ulat hongkong putih dan juga 2 -3 ekor jangkrik yang berukuran kecil.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Ciblek Malas Bunyi

Setelah makanannya habis, dan bulu ciblek tidak terlalu basah, bisa langsung menjemurnya selama 2 jam.

  1. Pemasteran CIblek Muda

Setiap hari ciblek mudah di master dengan burung masteran secara langsung atau menggunakan suara rekaman.

Anda bisa menggunakan burung ciblek yang sudah gacor atau bisa dengan menggunakan suara burung lainnya, seperti burung cililin, kenari, cucak jenggot, prenjak dan burung lainnya.

Note : untuk memiliki suara masteran dari berbagai macam jenis burung, bisa melihatnya pada halaman ini, Download Suara Burung Mp3 .

Untuk wantu pemasteran ciblek, bisa menggunakan siang hari, dimana burung selesai di jemur, dan mengkrodong sangkarnya agar optimal, dan biarkan ciblek di master sambil di beristirahat siang untuk mengembalikan stamina dan energinya.

  1. Perawatan Ciblek Sore hari

Perawatan ciblek, memang bukan hanya di lakukan pada pagi hari, tapi pada sore hari juga, ciblek harus di rawat setelah di master, sekitar jam 14.30.

  • Ciblek di angin-anginkan dengan membuka krodongnya, dan berikan 2 -3 ekor jangkrik kecil pada jam 14.30
  • Setelah itu, gantang burung di tempat yang tinggi dan sejuk sambil memutar suara terapi dan suara ciblek betina untuk memancingnya mau bunyi dengan suara yang lantang dan keras
  • Ketika jam 16.00 – 17.00 ciblek kembali di mandikan dan jemur sore setelah itu selama 10 – 20 menit lamanya
  • Sebelum di masukan ke dalam rumah atau menjelang petang, berikan setengah sendok kroto dan 21 ulat hongkong dan setelah itu masukan kedalam rumah untuk beristirahat

Lihat Juga : Suara CIblek Betina dan Jantan

Cara Melatih Mental Ciblek Muda

Agar mental ciblek bangkit secara bertahap, burung perlu perlakukan khsusu, seperti :

  • Setiap beberapa kali dalam seminggu, ciblek di masukan ke kandang umbaran untuk melatih fisik dan mengembangkan mentalnya
  • Ajak sering ke tempat lomba ciblek, dengan tujuan untuk membiasakan suasa di arena lomba. Bukan tujuan untuk ikut lomba, tapi memperdengarkan suasana dan suara ciblek gacor bertarung dari jarak yang jauh
  • Trek burung ciblek dengan ciblek lainnya untuk melatih mentalnya setiap 2 kali minggu

Demikian, ulasan kali ini seputar cara melatih ciblek muda agar bermental petarung yang tangguh secara bertahap dari perawatan yang konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *