cara merawat burung ciblek

√ Cara Merawat Burung Ciblek Agar Cepat Gacor dan Berkicau

Posted on

Dari sekian banyaknya burung kicauan di Indonesia, Burung ciblek menjadi salah satu jenis burung kicaun yang memiliki peminat yang banyak. 

Meskipun memiliki bentuk badan dan kaki yang kecil, suara burung ciblek yang kencang, lantang dan merdu, menjadikannya menjadi salah satu burung yang sering banyak di ikut lombakan, kicauannya.

Namun, meskipun memiiki prosfek yang baik untuk mengeluarkan kicauan yang indah tentunya memerlukan perawatan yang rutin, sehingga bukan hanya kicauan yang indah yang bisa di keluarkan oleh burung tersebut, akan tetapi mental yang di dapat dari burung ciblek ini menjadi lebih baik. Meskipun pada dasarnya burung ciblek merupakan jenis burung yang memiliki mental petarung yang baik.

Bagaimana sih cara membuat burung ciblek bisa mengeluarkan suara terbaiknya dan memiliki mental petarung yang baik ?

Sebentar lagi, dengan membaca penjelasan di bawah ini akan mengetahui tantang cara merawat burung ciblek yang tepat untuk dilakukan dan membuatnya menjadi rajin gacor.

Cara Merawat  Burung Ciblek Agar Cepat Gacor

Mungkin bagi temen-temen kicaumania.net sudah memiliki burung ciblek dan sedang melakukan perawatan yang rutin. Akan tetapi, penting untuk dilakukan cara yang lengkap, yang mungkin belum kalian lakukan sebelumnya dalam merawat burung peliharaan tersebut.

Kesehatan burung merupakan hal yang penting untuk di perhatikan, karena apapun jenis burung kicauan yang dimiliki, ketika burung memiliki kesehatan yang baik, dan melakukan perawatan lainnya, maka burung akan mengeluarkan kicauan terbaiknya.

Namun, seberapa hebatpun melakukan perawatan tanpa memiliki kesehatan yang baik dari burung ciblek, maka akan membuatnya malas untuk berkicau, malas untuk bergerak dan cenderung memilih untuk diam.

gambar burung ciblek

  1. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang ciblek, merupakan cara awal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kesehatan dari burung ciblek.

Mungkin bagi seorang pemula dalam memelihara burung kicauan tidak terlalu memerhatikan tentang masalah kebersihan kandang, karena d anggap tidak penting dan tidak terlalu mengganggu bagi burung peliharaanya tersebut.

Kandang kotor, biasanya di sebabkan oleh sisa pakan yang jatuh dan membusuk dan juga kotoran yang menumpuk.

Dengan kotornya kandang yang disebabkan kedua tersebut, maka akan mengundang bakteri dan kuman yang akan menyerang kesehatan burung sewaktu-waktu.

  1. Memandikan Burung Ciblek

Burung peliharaan, apapun itu membutuhkan mandi untuk menjaga kesehatannya, dan membuat burung tersebut menjadi segar bugar setelahnya.

Bukan hanya itu, ketika burung tersebut sering di mandikan, maka akan membuat bulu yang kotor dan berkemungkinan ada bakteri dan kuman yang mungkin menempel pada burung tersebut menjadi hilang. Terlebih , burung ciblek cukup rawan terserang penyakit.

Untuk memandikan burung ciblek, maka bisa di lakukan pada pagi atau sore hari. Jika ingin memandikan ciblek pada pagi hari, maka lakukakn pada jam 7 hingga jam 10 dan jika dilakukan pada sore hari, maka bisa memandikan ciblek pada jam 3 sore.

  1. Menjemur

Dengan penjemuran burung ciblek, tentunya bertujuan untuk mengeringkan bulu yang basah kuyup setelah di mandikan dan menghindari burung tersebut menjadi demam.

 Untuk menjemurkan burung ciblek setelah dimandikan, bisa dengan melakukannya selama 2 jam setelah di mandikan. Jika dilakukan pada am 7 pagi, maka jemur pada jam 7 hingga jam 10 dan jika dimandikan pada sore hari, maka bisa dengan menjemurnya pada jam 3 hingga jam 5 sore setelah dimandikan.

  1. Pemberian Pakan

Pakan yang berkualitas pada burung ciblek, tentunya dapat menentukan kesehatan dari burung tersebut, agar mendorong burung rajin mengeluarkankicauannya, yang secara otomatis akan melatih kualitas suaranya menjadi meningkat.

Untuk mendorong ciblek agar mau berkicau, salah satu pakan yang bisa diberikan antara lain, seperti Ekstra Food. Ekstra Food yang disukai oleh burung ciblek seperti , jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang, atau sejenis serangg kecil lainnya. Namun , kalian juga bisa memberikan pakan seperti Voer, susu bubuk untuk dikombinasikan.

Untuk mengetahui pemberian pakan untuk burung ciplek agar rajin gacor , maka bisa membaca artikel lainnya, terkait, makanan burung Ciblek agar rajin gacor di link ini.

gambar ciblek gacor

  1. Pemberian Vitamin dan Air Minum

Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan burung, maka bisa dengan memberikan minuman atau multivitamin yang diberikan pada burung ciblek.

Pemberian pakan saja tidak cukup, karena burung membutuhkan vitamin yang mungkin tidak terdapat dari pakan yang biasa diberikan.

Untuk memberikan vitamin, maka bisa dengan memberikan vitamin, yang bisa kalian beli di toko khusus untuk burung.

Selain itu, kalian juga bisa memberikan madu dan juga air hangat pada pagi hari sebelum di mandikan, dan di berikan sebelum mengkonsumsi pakan berat.

  1. Krodong Burung Ciblek

Apapun jenis burung ciblek yang anda miliki sekarang, entah itu burung ciblek putih, burung ciblek kebun, burung ciblek tambak dan jenis yang lainnya, maka penting untuk mengkrodong burung pada saat malam hari sebelum tidur atau dilakukan, sebelum di bawa jauh untuk membuatnya merasa nyaman dan menghindari stress yang dapat mengganggu kesehatan dan mental burung itu sendiri.

  1. Pemasteran Burung Ciblek

Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari burung ciblek, maka dibutuhkan dalam melatih suara kicauannya. Untuk melatihnya, maka bisa dilakukan pada malam hari atau siang hari.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka bisa dengan memilih suara kicauan dari masteran yang baik, seperti yang di inginkan, misalkan dengan memperdengarkan dari mp3, dengan memilih suara masteran yang terbaik yang bisa di Download di Internet.

Cara merawat burung ciblek agar mendorngnya rajin berkicau, maka membutuhkan perawatan yang berbeda, seperti merawat ciblek dewasa dan juga ciblek yang masih usia 5 bulan. Untuk melakukan perawatan burung ciblek yang masih anakan, tentunya tidak terlalu serumit ciblek dewasa, karena daya tahan tubuh ciblek anakan belum sekuat ciblek dewasa, yang membuatuhkan perawatan secara sederhana, dengan pemberian pakan dan menjaga suhu tubuhnya tetap hangat.

Artikel Terkait

One thought on “√ Cara Merawat Burung Ciblek Agar Cepat Gacor dan Berkicau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *