ternak burung prenjak

Cara Ternak Burung Prenjak/Ciblek ( Kepala Merah, Lumut, Padi, Kebun dan Emas )

Posted on

Burung prenjak memiliki cukup banyak penggemar dari kalangan kicau mania Indonesia, dimana kualitas suaranya menjadi pertimbangan untuk di pelihara sebagai burung peliharaan.

Dari sekian kicau mania yang memelihara burung prenjak, ada juga yang memelihara sambil beternak untuk menghasilkan keturunan prenjak dan nantinya di jual anakan burung prenjaknya.

Untuk beternak burung prenjak tentunya tidak asal ternak saja, ada beberapa persiapan yang harus di lakukan, agar nantinya burung mau kawin, bertelur dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Cara Ternak Burung Prenjak/Ciblek

Untuk melakukan tips beternak prenjak yang akan admin bahas kali ini bisa di terapkan pada berbagai macam jenis prenjak, seperti prenjak kebun, prenjak emas, prenjak padi, prenjak sawah, prenjak lumut, prenjak kepala merah dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Jenis Prenjak

  1. Memilih Indukan Prenjak

Pilih indukan yang memiliki kesehatan yang baik dan juga memiliki fisik yang tidak cacat.

Selain itu, pilih burung prenjak yang memiliki umur yang sudah dewasa atau matang, alias siap kawin, umur prenjak yang cocok untuk beternak sekitar 1 – 2 tahun.

  1. Memilih Kandang Ternak

Persiapkan kandang untuk beternak burung prenjak yang di lengkap dengan glodok, dan bahan untuk bersarang seperti jerami atau pohon pinus yang kering.

Untuk ukuran kandang, bisa menggunakan sangkar harian atau bisa menggunakan kandang ternak prenjak dengan ukuran 90 x 90 x 90 .

Lihat Juga : Suara Prenjak

  1. Memilih Jantan dan Betina

Pilih calon indukan sepasang prenjak, jantan dan betina. untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin prenjak jantan dan betina, bisa di lihat pada bagian ekornya, dimana ekor jantan lebih panjang dari betina dan untuk warna dada di bagian dada prenjak jantan abu-abu yang gelap, lebih gelap dari bulu dada betina.

  1. Menjodohkan Prenjak

Setelah memilih calon indukan jantan dan betina prenjak, maka hal yang selanjutnya adalah dengan cara menjodohkan.

Untuk menjodohkan cukup mudah, tinggal dekatkan burung prenjak jantan dan betina di sangkar yang berbeda, dan jika keduanya terlihat berjodoh, maka burung di satu kandangkan.

Lihat Juga : Pakan Burung Prenjak

  1. Pakan Ternak Prenjak

Agar burung ketika di ternak menghasilkan telur dan anakan yang berkualitas, maka burung perlu di berikan pakan yang berkualitas pula, dengan mencampur berbagai macam makanan yang biasa di konsumsi oleh burung prenjak, seperti ulat hongkong, kroto, ulat kandang, dan pakan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *