gambar burung prenjak lumut
gambar burung prenjak lumut

Burung Prenjak Lumut: Ciri-ciri, Suara, Pakan, Cara Memilih dan Perawatannya

Posted on

Burung prenjak memiliki beberapa jenis, termasuk burung prenjak lumut. Dan biasanya setiap burung prenjak memiliki kelebihan masing-masing, termasuk kelebihan burung prenjak lumut ini memiliki suara tembakan yang khas.

Dengan memiliki kelebihan suara tembakan yang khas tersebut, burung prenjak lumut sering digunakan sebagai burung masteran untuk burung lainnya atau digunakan sebagai burung pancingan untuk memancing burung lain mau bunyi.

Ciri-ciri Burung Prenjak Lumut

Untuk beberapa jenis prenjak ada yang memiliki tubuh yang mirip dengan prenjak lumut, seperti burung prenjak kepala merah.

Dan untuk ciri-ciri prenjak lumut diantaranya :

  • Ukuran tubuhnya kecil, hanya sekitar 10 cm
  • Terdapat warna merah karat di bagian atas kepalanya
  • Bagian sisi kepalanya bewarna putih
  • Memiliki warna bulu kuning dibagian mata dan alisnya
  • Sayapnya bewarna hijau zaitun
  • Dagu hingga tungir bagisn bawah memiliki warna bulu yang keabu-abuan

Ketika di alam liar, prenjak lumut biasa hidup berkelompok dalam jumlah kecil, dan ketika mencari makanan, prenjak lumut biasa mencari makanan di sekitar daun pepohonan untuk mendapatkan makanan berupa ulat dan serangga kecil.

Suara Prenjak Lumut Mp3

Yang menjadikan daya tarik prenjak lumut adalah suara tembakannya, dimana suara tembakannya terdengar rapat dan keras. Dan bagi anda yang menginginkan suara prenjak lumut untuk masteran dan pancingan, bisa mendownloadnya di bawah ini.

Lihat Juga : Kumpulan Suara Burung Prenjak Gacor Mp3

 

Suara Prenjak Lumut

Audio Prenjak lumut Versi 1 | Download

Audio Prenjak lumut Versi 2 | Download

Audio Prenjak lumut Versi 3 | Download

Audio Prenjak lumut Versi 4 | Download

Audio Prenjak lumut Versi 5 | Download

Cara Memilih Burung Prenjak Lumut Bakalan

Untuk memilih burung prenjak Lumut yang bagus sebaiknya hindari memilih prenjak hasil dari tangkapan hutan dan juga membeli yang belum terbiasa makan voer dan belum terbiasanya dipelihara di dalam sangkar, karena di khawatirkan burung mudah stres dan mati.

Akan tetapi untuk memilih prenjak lumut, sebaiknya memilih prenjak lumut yang hasil dari penangkaran, karena burung sudah terbiasa hidup bersama manusia, terbiasa di simpan di dalam sangkar, dan alangkah bainya burung sudah biasa makan voer dan juga sudah terbiasa makan ekstrafooding, seperti ktoro, jangkrik dan lainnya.

Sebenarnya untuk melatih makan voer, serangga, menjinakan bisa dilakukan, namun bagaimanapun untuk menghindari resiko burung stres atau mati, maka bisa memilih prenjak lumut burung yang seperti kami sebutkan diatas.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi Agar Rajin Berkicau

Cara Merawat Burung Prenjak Lumut

Untuk perawatan burung prenjak lumut sebenarnya cukup mudah saja, hanya memberikan pakan yang cukup, memandikan, menjemur dan menjaga kebersihan sangkar dan lain sebagainya.

  • Jangkrik di berikan sebanyak 5 ekor setiap harinya, yang diberikan pada saat pagi dan sore hari
  • Jika burung belum terbiasa memakan voer, sebaiknya untuk melatihnya mau makan voer, pakan kroto dicampur dengan voer ketika di berikan pada burung tersebut
  • Mandikan prenjak lumut sehari sekali pada pagi hari
  • Jemur burung prenjak lumut hingga bulu basahnya kering kembali setelah dimandikan. Dan untuk menjemurnya cukup dilakukan pada jam 07.00 – 10.00 dan jangan lebih dari jam tersebut, karena terlalu panas mataharinya

Harga Prenjak Lumut

Harga burung prenjak lumut tergolong murah, hanya mengeluarkan duit sekitar 30.000 – 50.000 saja, bisa membeli burung prenjak lumut.

Lihat Semua : Daftar Harga Burung Prenjak ( Semua Jenis )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *