burung tledekan macet bunyi
Gambar : omkicau.net

Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi Agar Rajin Berkicau

Posted on

Seperti burung kicauan lainnya, burung prenjak memiliki suatu masalah, dimana burung yang semula menjadi gacor, tiba-tiba burung menjadi macet bunyi.

Ya, dengan melihat persoalan yang di alami oleh burung prenjak tersebut, tentunya untuk mengatasinya adalah dengan cara merawat dengan tepat, sehingga mengembalikan kualitas kicauannya yang baik.

Burung prenjak memiliki suara kicauan yang tidak banyak varetif, namun memiliki suara kicauan yang kencang, akan tetapi burung prenjak itu sendiri memiliki penggemar yang cukup banyak di kalangan kicau mania. Meskipun dapat mengeluarkan suara kicauan yang tidak sebagus burung lainnya, namun bagi penggemarnya menjadi suatu hal yang harus di rawat secara rutin, agar burung mampu berkicau dengan dengan bagus.

Kebutuhan gizi yang lengkap dengan berbagai nutrisi yang di butuhkan oleh burung, menjadi salah satu hal yang membuat burung menjadi rajin untuk berkicau dan menghindari dari macet bunyi.

Ketika hidup di alam liar, burung prenjak biasa mencari makanan di sekitar semak-semak,di pekarangan rumah, tepi sungai,perkebunana,tepian hutan dan tempat lainnya. Makanan yang biasa di konsumsi oleh prenjak antara lain, seperti : jangkrik, ulat hongkong,kroto, nectar, buah berry,dan juga pakan dari Voer.

Cara Merawat Burung Prenjak Macet Bunyi

Dalam melakukan perawatan tertentu, seperti merawatnya ketika akan di ikut lomba kicauan, burung prenjak di kondisikan dengan memiliki birahi yang stabil agar bisa gacor dengan optimal dengan memberikan pakan yang di sesuaikan. Namun , ketika burung tersebut di rawat harian, maka dengan mengkondisikan burung selalu birahi, agar burung dengan rajin berkicau untuk memanggil pasangannya dan mengeluarkan suara yang kencang, dengan pemberian pakan tambahan.

  1. Pakan Burung Prenjak

Jika pakan yang biasa di berikan pada burung prenjak, di usahakan memiliki kandungan yang lengkap dan memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa di beli di kios burung atau toko online. Jika, pakan yang biasa di beli memiliki kandungan protein yang sedikit, maka bisa dengan menambahkan tepung daging atau tepung jangkrik.

Sediakan pakan dari kroto sebanyak ½ cepuk pagi dan sore hari dan ulat kandang sebanyak  berikan pada pagi hari. Sedangkan untuk pemberian pakan dari jangkrik di berikan sebanyak 6 ekor dan dalam pemberiannya di berikan setiap 1 jam sekali.

Jika memungkinkan, maka berikan juga pakan dari serangga hijau, karena bisa membuat burung prenjak menjadi jinak.

Lihat Juga : Download Suara Burung Prenjak Gacor Untuk Masteran dan Pancingan Betina Mp3

  1. Menjemur Burung Prenjak

Untuk menjemur burung prenjak, dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam saja, dan tidak melebihi dari itu. Lakukan penjemuran pada pagi hari dan sore hari. Ketika selesai di jemur pada pagi hari, burung di angin-anginkan di tempat yang teduh.

  1. Berikan Pasangan

Dalam memelihara burung prenjak, sebaiknya pelihara secara berpasangan, karena prenjak  yang berpasangan, akan membuat pejantan menjadi rajin untuk bekricau. Dan saling bersautan satu sama lain.

Setelah perawatan harisn dilakukan, maka burung di simpan ke dalam rumah untuk beristirahat pada jam 17.00 hingga pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *