cara merawat burung cendet

Cara Merawat Burung Cendet ( Pentet ) Agar Cepat Gacor

Posted on

Burung cendet atau biasa disebut juga burung pentet menjadi salah satu burung kicauan yang mengikut meramaikan dunia kicau Indonesia, karena memiliki suara kicauan yang khas dapat di keluarkan oleh jenis burung ini. 

Jenis-jenis burung pentet memang banyak sekali, dan tak heran banyak para kicaumania pemula kesulitan untuk membedakannya. Namun, apapun jenis burung cendet yang di miliki rasanya tidak kumplit jikalau tidak memiliki kicauan yang berkualitas yang sebenarnya mampu di keluarkan oleh burung cendet itu sendiri, terlebih burung tersebut mau di ikut lomba kicauan.

Dalam mengeluarkan suara gacor dari burung cendet, maka membutuhkan proses yang harus dilakukan memaksimalkan kualitas suara burung pentet, seperti melakukan perawatan yang rutin, dengan menjaga kesehatan dan melakukan pemasteran untuk meningkatkan kemampuan kualitas suara dan Vareasi suara kicauan.

Untuk merawat burung cendet, maka sebelumnya memilih terlebih dahulu jenis kelaminnya, karena kelamin cendet jantan memiliki kualitas yang lebih baik dari betinanya.

Untuk mengetahui jenis kelamin cendet jantan dan betina bisa dilihat dari warna hitam dominan yang dimiliki oleh burung itu sendiri. Untuk warna hitam dari jantan akan terlihat lebih pekat di bandingkan dengan betina yang terlihat agak pudar, dan untuk kicauan betina terlihat jarang berkicau dibandingkan dengan jantan yang rajin berkicau.

Cara Merawat Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Dalam melakukan perawatan burung kicauan, apapun jenisnya entah burung cendet atau burung lovebird dan jenis burung kicuan lainnya, menjaga kesehatan burung menjadi hal yang penting di dapatkan bagi burung itu sendiri, agar membuat burung menjadi rajin berkicau dan juga aktif.

Bagi pemilik burung cendet sebaiknya melakukan pemeriksaan burung itu dengan memperhatikan, apakah burung yang sedang di peliharanya dalam keadaan sehat atau malah sakit.

Untuk melihat ciri-ciri burung cendet sakit, bisa dilihat dari seringnya berdiam diri dan malas untuk berkicau dan tentunya hal tersebut sangat merugikan bagi pertumbuhan burung itu sendiri, entah itu fisiknya ataupun menurunnya kualitas kicauan.

Lihat Juga : Download Suara burung cendet untuk masteran

  1. Membersihkan kandang

Untuk memulai dalam perawatan burung cendet agar tetap sehat maka bisa dimulai dari menjaga kesehatan kandang itu sendiri. Kandang yang kotor, biasanya di sebabkan oleh banyak hal, seperti sisa pakan yang jatuh dan membusuk, kotoran burung cendet, air minum yang sudah tercampur dengan pakan dan membuatnya menjadi kumuh dan berbau.

Kandang yang kotor, bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang akan menyerang kesehatannya sewaktu-waktu. Maka bersihkan kandang secara rutin, bisa 1 minggu 2 kali atau bisa lebih banyak dari itu, tergantung kondisi kandang dan perawatannya.

  1. Pakan Burung cendet

Makanan memberikan peranan banyak untuk mendorong burung rajin untuk berkicau dan juga aktif dan membuatnya sehat tentunya.

Paling tidak, makanan yang bisa di berikan pada burung cendet memiliki karbohidrat, dan juga gizi lainnya, seperti protein, serat dan kaya akan Vitamin.

Makanan yang bisa di berikan pada burung cendet antara lain, seperti sayur-sayuran, buah-buahan,Voer dan juga serangga.

download suara burung

Pakan yang diberikan untuk burung cendet dari serangga, antara lain, seperti jangkrik, belalang, cacing, kroto , ulat bamboo dan juga jenis serangga lainnya.

Pakan dari serangga memiliki kandungan protein yang tinggi, dan dapat membuat burung cendet menjadi gacor. Akan tetapi dalam pemberiannya jangan berlebihan, karena bisa membuat burung cendet itu sendiri menjadi over birahi, dan tentunya tidak baik.

  1. Ramuan untuk Burung cendet

Selain pakan yang bisa di berikan pada penjelasan di atas, maka temen-temen kicau mania, bisa membuat ramuan sendiri agar mendorong burung cendet menjadi gacor.

Adapun bahan-bahan yang digunakan, antara lain :

  • Tahu 2 sampai 3 buah
  • 5 sampai 10 butir telur ayam
  • 2 kilo tepung jagung
  • 1 sampai 3 kilo ikan segar tanpa sisik dan tulang ( daging ikan saja )
  • 3 buah tomat

Untuk komposisinya, di sesuaikan saja dari bahan-bahan yang telah di sampaikan di atas.

Jika, sudah di siapkan semua bahan tersebut, maka selanjutnya untuk mencampurkannya semua bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender atau alat lainnya, yang penting campuran bahan tersebut bisa halus.

Setelah semua bahan dihaluskan dan dicampurkan, maka langsung di oven hingga kering, kurang lebih selama 30 menit dan setelah itu jemur dari sinar matahari, hingga ramuan tersebut kering.

Ketika bahan tersebut sudah kering, maka siap untuk di berikan pada burung cendet, dan simpan sisanya di tempat yang kering. Dan jangan lupa berikan pakan dari serangga dalam pemberian pakan hariannya.

  1. Pengasingan Burung cendet

Dalam sewaktu-waktu, mungkin pemilik burung cendet pernah melihat, dimana burung sewaktu-waktu rajin berkicau dan di waktu lain burung tersebut berhenti berkicau dan berdiam diri.

Dengan kondisi seperti itu, bisa di sebabkan oleh burung tersebut sedang menurunnya kepercayaan dirinya dan jauhkan dari burung lainnya. Hal yang di butuhkan adalah dengan cara mengasingkan terlebih dahulu burung cendet, hingga kepercayaan dirinya menjadi muncul kembali.

  1. Menjemur Burung pentet

Untuk membuatnya menjadi sehat,maka membutuhkan penjemuran setiap hari secara rutin selama 2 jam saja.

Untuk melakukan penjemuran, maka bisa dilakukan pada jam 7 hingga jam 9 pagi , dan untuk melakukan pada sore hari maka bisa dilakukan pada jam 5 sore.

  1. Pemasteran burung cendet

Untuk melatih meningkatkan kualitas kicauan dan vareasi kicauannya menjadi lebih baik, maka bisa melakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung mp3, atau menggunakan burung lainnya secara langsung. Namun , bagi yang tidak mau ribet, maka bisa menggunakan audio yang bisa di download di internet.

Dengan melakukan cara merawat burung cendet dengan tips yang telah di sampaikan di atas, maka untuk beberapa minggu atau bulan bisa dengan memperhatikan perkembangan burung itu sendiri.

Nah, demikianlah tips kita kali ini untuk mengeluarkan kicauan terbaik dari burung pentet ini, yang bisa kalian coba terapkan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *