burung ciblek macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Ciblek Macet Bunyi

Posted on

Burung macet bunyi menjadi suatu hal akan terjadi pada burung kicauan, jika melakukan kesalahan dalam melakukan perawatannya, entah itu tidak di senagaja atau dilakukan dengan sengaja.

Banyak jenis-jenis perawatan burung kicauan yang perlu di sesuaikan oleh pemilik burung, karena untuk kondisi tertentu tidak boleh di samakan perawatannya dengan kondisi lainnya, seperti merawat burung ciblek ketika macet bunyi.

Keuletan dalam merawat burung kicauan dari pemiliknya tentunya, harus di lakukan secara rutin, apalagi burung ciblek tersebut di pelihara sejak kecil hingga dewasa. Dan ketika burung ciblek sudah gacor dengan rajin, tiba-tiba macet bunyi atau malas bunyi, hal tersebut bsia membuat pemilikya menjadi pusing tujuh keliling.

Penyebab Burung Ciblek Macet Bunyi

Ada beberapa hal yang akan membuat burung untuk memilih banyak berdiam diri dan tidak melakukan aktifitas berkicau dan aktif bergerak, seperti burung dalam keadaan mabung atau keadaan sakit. jika burung dalam keadaan mabung atau sakit, maka tinggal tunggu saja burung tesebut menyelesaikan proses mabungnya terlebih dahulu atau rawat hingga sembuh sakitnya. Toh, burung akan rajin berkicau kembali jika sudah melewati proses tersebut.

  1. Burung Kurang Fit Atau adanya perubahan Cuaca
  2. Polusi udara
  3. Perubahan perawatan secara tiba-tiba
  4. Burung ciblek bosan
  5. Drop mental
  6. Macet bunyi pasca mabung
  7. Macet bunyi pasca sakit

Cara Mengatasi Burung Ciblek Macet Bunyi

Dalam hal ini burung ciblek malas berkicau merupakan bukan kondisi terbaik bagi burung tersebut, sehingga hal yang harus dilakukan adalah dengan mengembalikannya ke kondisi terbiaknya, yaitu menjadi aktif untuk berkicau setiap harinya.

Lihat Juga : Harga Burung Ciblek 

  1. Burung Kurang Fit Atau adanya perubahan Cuaca

Burung kurang Fit atau adanya perubahan cuaca, bisa menjadi salah satu factor penyebab burung ciblek malas untuk berkicau. Untuk mengatasinya, simpan burung di dalam ruangan yang nyaman dan tenang, dan hindari angin dari luar masuk secara langsung ke burung ciblek.

Jika , cuaca tersebut berubah menjadi dingin, maka bisa menggunakan krodong atau menggunakan lampu untuk menghangatkan tubuhnya.

  1. Polusi udara

Udara yang tidak baik, seperti adanya pencemaran udara dari asap knalpot, asap dari pembakaran sampah, limbah pabrik atau hal lainnya, bisa membuat burung menjadi macet bunyi. Karena jika pencemaran udara tersebut jika sering terhirup oleh burung ciblek, maka bisa merusak paru-parunya dan mempengaruhi kualitas kicauannya hingga burung menjadi macet bunyi.

Untuk mengatasinya, sebaiknya jauhkan atau pindahkan burung di tempat yang tidak memiliki polusi udara yang dapat merusak kesehatan burung ciblek.

  1. Perubahan perawatan secara tiba-tiba

Perubahan perawatan dari pemilik lama ke pemilik baru merupakan salah satu hal yang cukup sering terjadi dari kalangan kicaumania. Maka dari itu, jika burung baru saja dibeli, maka tanyakan terlebih dahulu perihal perawatannya, dan nantinya dalam merawatnya di sesuaikan untuk pemilik baru untuk menghindari terjadinya macet bunyi.

Misalkan daalm perawatan harian burung ciblek tersebut dalam pemberian pakaknnya, diberikan 5 ekor jangkrik setiap hari, maka untuk menghindari macet bunyi, maka bisa merubah perawatannya secara bertahap, dengan memberikan pakan dari jangkrik tersebut sebanyak 4 ekor untuk 1 sampai 2 minggu pertama, dan untuk minggu berikutnya berikan pakan jangkrik sebanyak 3 ekor.

Yang penting jika ingin merubah pola perawatannya, entah itu pengaturan pemberian pakan, memandikan, menjemur dan perawatan lainnya,lakukan secara bertahap dan jangan lakukan secara tiba-tiba.

  1. Burung ciblek bosan

Bukan hanya manusia, burung juga akan mengalami kebosanan, ketika burung selalu di simpan dilokasi yang sama setiap harinya, dengan ciri-ciri burung turun ke dasar sangar sambil memutari sangkarnya bulak balik, sering menempel pada jeruji.

Untuk mengatasinya, simpan burung di tempat yang berbeda, sehari 2 kali, atau dengan menyimpan burung di pohon rindang pada seubuh hari sebelum ada matahari, untuk meciptakan suasana alam liar.

  1. Drop mental

Drop mental atau burung ciblek kalah tanding setelah latber atau lomba kicauan dapat membuat burung menjadi mogok bunyi, tidak mau untuk berkicau. Dan untuk mengatasinya adalah dengan mengisolasi burung ciblek tersebut di tempat yang sunyi, hingga burung pulih kembali.

  1. Macet bunyi pasca mabung

Pada saat mabung, burung ciblek pasti akan macet bunyi, karena kondisi tersebut merupakan kondisi terbaiknya dan begitu juga pasca mabung burung bisa saja mengalami macet bunyi. Namun , untuk menghindari macet bunyi pasca mabung pada burung ciblek, maka rubah pola perawatannya khusus untuk mengatasi burung mabung,. Karena ketika burung proses mabungnya lancar maka akan terhindar dari macet bunyi.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Ciblek Mabung

  1. Macet bunyi pasca sakit

Burung ciblek ketika sakit, sudah pasti akan macet bunyi, namun seharusnya ketika burung sudah sembuh mau berkicau kembali.

Untuk mengatasi burung ciblek macet bunyi pasca sakit adalah dengan cara memberikan pakan dari Esktrafooding , seperti kroto, jangkrik,ulat hongkong, voer dan berikan air minum bersih dan matang.

Jika, pemberian pakan dari EF tersebut masih kurang cukup untuk mengembalikan Vitalitas burung ciblek, maka bisa memberikan suplemen khusus untuk membuat Vitalitasnya naik kembali, sehingga rajin untuk gacor.