lovebird tidak mau makan

Cara Mengatasi Lovebird tidak Mau Makan dan Lemas

Posted on

Lovebird yang jarang makan karena kehilangan nafsu makan tentunya bisa membuat tubuhnya terlihat tidak bergairah dan lemas, dan taukah kamu, bahwa ketika lovebird tidak nafsu makan hingga mengakibatkan tubuhnya selalu lemas bisa membuat burung lebih mudah terkena penyakit.

Setiap harinya burung butuh stamina untuk menjaga ketahatanan tubuhnya dan juga untuk perkembangnya, dan untuk lovebird sendiri, makanan yang biasa di konsumsinya adalah pakan berupa biji-bjian,buah dan sayur-sayuran yang di berikan secara lengkap.

Lovebird yang terpenuhi kebutuhan gizinya secara lengkap, maka akan membuatnya menjadi aktif dan menjadi rajin untuk berkicau.

Penyebab Lovebird Kurang Nafsu Makan

Jangan biarkan burung mengalami keadaan lemas yang berkepanjangan karena kurang asupan makanan, karena efeknya sangat buruk buat kesehatan burung.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lovebird Tidur Terus

Pada umumnya, lovebird yang tidak nafsu makan di sebabkan oleh kondisi burung tidak fit, seperti adanya gangguan kesehatan karena infeksi parasit seperti kutu dan cacing dan penyakit lainnya.

  • Lovebird terinfeksi virus
  • Terinfeksi cacing (Ascaridia galli) atau cacingan
  • Lovebird sedang adanya gangguan pencernaan akibat dari makanan yang sudah berjamur atau bakteri
  • Adanya perubahan cuaca yang menyebabkan perubahan suhu dan membuat kondisi burung menjadi sakit
  • Adanya gangguan kutu pada lovebird yang menjadikan malas makan dan stres

Lihat Juga : Cara Merubah Lovebird Fighter jadi Konslet

Cara Mengatasi Lovebird tidak Mau Makan

Untuk membantu pemulihan lovebird, peranan dari pakan perlu untuk diberikan dengan bervariasi terutama dari sayur dan buah-buahan.

Adapun pakan yang bagus untuk membantu pemulihan lovebird yang susah makan telur rebus, wortel, tauge, jagung manis, apel, lemon, jeruk, kangkung, pepaya dan lainnya.

Untuk mengatasi lovebird yang jarang makan tentunya makanan yang di sebutkan di atas merupakan hal yang mendasar.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Lovebird Kusam dan Rusak

Namun untuk faktor lainnya untuk mengatasi lovebird malas makan, bisa memberikan perawatan khusus sesuai dengan penyebabnya, misalkan penyebabnya adanya gangguan kutu bisa memandikan dengan menggunakan obat khusus untuk menghilangkan kutu pada burung, begitu juga dengan penyakit lainnya.

Setelah burung sudah benar-benar fit dan sudah pulih kembali, lovebird bsia di latih dan di rawat seperti sebelumnya agar burung menjadi rajin ngekek kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *