bulu lovebird kusut

Bulu Lovebird Rusak dan Kusam ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penampilan bulu lovebird memang menjadi daya  terik tersendiri bagi pecinta lovebird, meskipun lovebird yang di pelihara bertujuan untuk setingan lomba agar memiliki durasi ngekek yang panjang.

Namun, jika bulu burung terlihat kusam, kotor, terlihat rusak, bulunya memudar dan kusut perlu diketahui, apakah lovebird anda tersebut ada permasalahan atau tidak.

Lovebird yang hanya di diberikan makanan dan minuman saja dan tidak memperhatian kebersihan kandang, burung tidak di jemur dan juga tidak di mandikan tentunya bukan hanya penampilan bulunya saja yang kurang bagus, tapi kesehatannya juga menjadi buruk.

Penyebab Bulu Lovebird Kusam atau Rusak

Bulu burung terlihat kusam, ada beberapa penyabab yang di timbulkan dari perawatan yang tepat dan faktor keturunan.

Baca Juga : Manfaat Bata Merah untuk Bulu Lovebird

Untuk penyebab bulu lovebird kusam di antaranya:

  1. Lingkungan tempat tinggal lovebird kotor
  2. Adanya gangguan tungau dan kutu
  3. Menjemur lovebird dengan cara yang tidak tepat
  4. Burung stres karena di ganggu hewan
  5. Mabung belum selesai
  6. Kurang Asupan Gizi
  7. Gangguan dalam tubuh lovebird
  8. Faktor keturunan

Cara Mengatasi Bulu Lovebird Kusam dan Rusak

Jika lovebird peliharaan anda memiliki bulu yang terlihat kusam dan kotor, sebaiknya cek terlebih dahulu, apakah lovebird peliharaan anda sudah terawat dengan tepat.

Baca Juga : Penyebab Lovebird Cabut Bulu Sendiri

Dan untuk mengatasi bulu lovebird yang kusam, perlu melihat terlebih dahulu tentang penyebabnya, dan untuk mengatasinya bisa di sesuaikan dengan penyebab tersebut.

  1. Lingkungan Lovebird Kotor

Lingkungan yang kotor, entah itu lovebird di pelihara di kandang koloni atau di dalam sangkar, dengan lingkungan yang kotor bisa membuat bulu lovebird menjadi terlihat kusut dan kusam, karena kandang tersebut menjadi sarang kuman dan bakteri dan juga kotoran yang ada pada sangkar dapat menempel pada burung dan membuat bulu burung menjadi kusam.

  1. Gangguan Tungau dan Kutu

Kutu dan tungau akan bersarang pada bulu dan kulit burung, sehingga burung sering menggaruhnya dan keberadaan tungau dan kutu tersebut bisa merusak bulunya.

Tungau dan kutu yang menempel pada lovebird bisa di sebabkan oleh kotornya sangkar, burung jarang di jemur dan juga jarang di mandikan.

Untuk itu, burung yang sudah terjangkit tungau dan kutu di pisahkan terlebih dahulu dari lovebird lainnnya, dan burung rajin di mandikan dengan menggunakan shampoo khusus untuk membunuh tungau dan kutu pada burung dan burung rajin di jemur.

  1. Dijemur Kurang Tepat

Lovebird di jemur dengan cara yang tidak tepat dapat membuat bulunya terlihat kusut. Misalkan burung di jemur langsung setelah dimandikan, sehingga burung tidak memiliki kesempatan buat merapihkan bulunya sebelum bulunya kering.

Ketika burung belum merapihkan bulunya, namun bulunya sudah kering karena di jemur langsung, maka bulunya akan terlihat kusut.

Untuk penjemuran burung yang tepat, bisa melihat artikel sebelumnnya. Baca : Cara Menjemur Lovebird .

  1. Burung di Ganggu Hewan Predator

Ketika burung stres karena di ganggu oleh hewan predator, seperti kucing, anjing, tikus dan hewan lainnya, maka bulu burung akan rusak.

Ketika saat burung di ganggu hewan, misalkan di ganggu kucing kampung, maka burung akan lari ketakutan dengan menabrak-nabrak sangkarnya, sehingga bulunya menjadi rusak.

Untuk itu, simpan burung di tempat yang nyaman dan aman untuk burung, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan.

  1. Mabung belum Selesai

Burung akan mengalami mabung 1 -2 kali dalam setahun, jika burung tidak di rawat dengan cara yang tepat, maka proses mabungnya tidak selesai pada waktunya, sehingga kualitas bulunya terlihat kusam, kusut, dan terlihat kotor.

Pada proses moulting, burung akan mulai merontokan bulu lama ( ngurak ) , dan setelah itu burung akan mengalami mabung ( proses pertumbuhan bulu baru ) . jika selama proses moulting tersebut terganggu, karena salah merawatnya, maka bulunya menjadi rusak.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Mabung

  1. Kurang Asupan Gizi

Lovebird pada umumnya sering di berikan milet putih, namun untuk mempercantik bulu lvovebird maka berikan vareasi makanan, seperti pakan tambahan seperti jagung muda manis, kangkung dan berikan juga vitamin dan suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi yang tidak terdapat pada pakan hariannya.

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan bisa membuat anakan lovebird memiliki bulu yang kusam, misalkan mengawinkan lovebird non klep dan lovebird klep dan menghasilkan lovebird barong.

Hasil kawin antara lovebird klep dan non klep dapat melahirkan anakan yang memiliki kualitas bulu yang kusam , dan yang biasa di sebut juga lovebird barong.

Jadi, kalau ingin memiliki lovebird yang memiliki bulu yang tidak kusam dan kusut, hindari untuk kawinkan lovebird non klep dan lovebird klep.

 

Untuk kali ini, demikian penjelasan kali ini kami sampaikan tentang cara mengatasi dan penyebab bulu lovebird kusam dan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *