lovebird cabut bulu

Lovebird Cabul ( Cabut Bulu ): Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Lovebird yang memiliki kebiasaan cabul atau mencabuti bulunya sendiri, sering di anggap kicaumania bermasalah, karena burung lovebird tersebut di anggap burung yang sedang sakit yang perlu di sembuhkan.

Untuk beberapa EO lomba kicau lovebird, ada yang melarang lovebird yang mengalami cabul tidak bisa ikut lomba karena di anggap burung yang sedang sakit.

Penyebab Lovebird Cabut Bulu

Banyak sekali penyebab lovebird yang menjadi cabul, seperti burung mengalami over birahi dan juga karakter burung itu sendiri.

Untuk membuat lovebird berhenti cabut bulu tentunya bisa melihat penyebab itu sendiri, namun jika memang burung tersebut cabul di sebabkan oleh over birahi, maka bisa melakukan menurunkan birahi lovebird dengan perawatan yang tepat.

Dan Penyebab lovebird cabut bulu diantaranya :

  1. Over birahi
  2. Karakter dasar lovebird
  3. Kulit mengalami iritasi kulit
  4. Iritasi karena asap roko
  5. Lovebird terkena alergi
  6. Keracunan benda logam
  7. Mengalami permasalah hormonal
  8. Lovebird mangalami kebosanan
  9. Lovebird akan bertelur
  10. Faktor makanan

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Untuk merawat lovebird cabut bulu menjadi normal kembali, maka butuh melihat lebih jeli tentang penyebabnya, namun secara umum, lovebird yang cabul di sebabkan oleh lovebird over birahi .

  1. Berikan Milet Putih

Berikan milet putih polosan, tanpa racikan atau campuran bahan dan pakan lainnya, karena biasanya pakan racikan di setting untuk menambah birahi burung dengan bertujuan untuk membuat burung rajin bunyi.

Untuk itu berikan pakan polosan saja, karena biasanya pakan racikan sudah di campur dengan berbagai macam bahan untuk menambah birahi burung.

Selain itu, jangan berikan kangkung, canary seed dan jagung karena akan meningkatkan birahi lovebird, terutama dapat meningkatkan birahi lovebird balibu.

  1. Over Birahi

Over birahi merupakan kondisi birahi burung yang tidak tersalutkan, sehingga birahi burung tidak terkendali dan bisa membuat burung memiliki perilaku yang sering mencabuti bulunya sendiri.

Untuk itu, tinggal turunkan birahi burung dengan sering memandikannya, lebih sering dari sebelumnya dan mandikan pada malam hari.

Baca Juga : Jebol Birahi Lovebird

  1. Terapi di kandang umbaran atau kandang koloni

Ketika perilaku cabut bulu terjadi pada lovebird peliharaan anda, sebaiknya burung di simpan di kandang koloni atau kandang umbaran sebagai terapi burung, dan bila perlu selama di kandang umbaran, burung sering terbang untuk menyalurkan birahinya yang tinggi lewat terbang.

  1. Berikan Untulan atau pasangan

Berikan pasangan atau untulan untuk mengurangi birahi burung, dan bila disebabkan karena over birahi, lovebird yang cabul tersebut maka akan berkurang perilakunya tersebut.

  1. Lovebird akan Bertelur

Lovebird ketika akan bertelur dan tempat bersarangnya tersebut kurang, maka burung tersebut akan mencabuti bulunya sendiri untuk digunakan sebagai bahan bersarang.

  1. Lovebird Bosan

Lovebird yang mengalami kebosanan akan mengeksplor dirinya sendiri dengan berbagai macam cara, seperti lovebird gesek tangkringan, mencabuti bulu sendiri dan menggigit jarinya.

  1. Kandang yang Sempit

Kandang yang banyak lovebird lainnya atau kandangnya yang sempit bisa membuat burung menjadi stres, cemas, gelisah dan berdampak burung menjadi mencabuti bulunya sendiri.

Baca Juga : Lovebird Stres

  1. Penyakit Hormonal

Salah satu penyabab lovebird cabul bisa disebabkan oleh penyakit hormonal, seperti penyakit addison atau hipertiroid.

Dimana penyakit hormon tersebut memiliki efek gatal dan iritas dan membuat burung ingin mematuk dan mencabuti bulunya sendiri.

  1. Keracunan Logam

Hati-hati jika kandang atau sangkar terbuat dari besi yang sudah berkarat, karena besi yang berkarat bisa membuat lovebird menjadi keracunan dan membuat tubuhnya mengalami gatal dan burung mematuk dan mencabuti bulunya sendiri.

  1. Terkena Alergi

Lovebird terkena alergi bisa menyebabkan burung menjadi gatal yang di sebabkan oleh pakan yang sudah berjamur.

Pakan yang berjamur bisa disebabkan oleh air hujan atau percikan air ketika memandikan burung, untuk itu pastikan pakan yang diberikan tidak berjamur.

  1. Iritasi Asap Roko

Asap roko bisa membuat lovebird menjadi menjadi iritas, dan ketika sudah terjadi iritasi, maka burung akan menggaruk dan mematuki bulunya sendiri.

Baca Juga : Memandikan Lovebird

  1. Lovebird Iritasi

Selain iritas yang di sebabkan seperti pada penjelasan di atas, iritasi juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal lainnya yang mungkin tidak anda ketahui.

Ketika lovebird iritasi akan membuat tubuh burung menjadi gatal, dan untuk meredam rasa gatal, lovebird akan mematuk dan mencabuti bulunya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *