jagung untuk lovebird

Jagung Muda untuk Lovebird: Manfaat, Efek Samping dan Pemberiannya

Posted on

Mungkin sebagian dari pada pembaca pernah melihat lovebird di berikan jagung pada lovebird peliharaannya, dan mungkin juga sebagian dari pembaca belum mengetahui tentang manfaat, efek samping dan juga memberikannya.

Lovebird merupakan burung yang suka mengkonsumsi pakan dari biji-bijian, akan tetapi lovebird juga menyukai pakan dari sayuran, seperti kangkung dan jagung.

Setiap pakan yang di konsumsi oleh lovebird memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan berbagai gizi yang terkandang di dalam setiap makanan tersebut.

Cara Memberikan Jagung Muda untuk Lovebird

Untuk pakan harian lovebird, biasanya di berikan milet putih, dan untuk pakan tambahannya, lovebird sering di berikan jangung.

Baca Juga : Manfaat Air Garam untuk Lovebird

Untuk jagung itu sendiri, sebaiknya di berikan jangan setiap hari, hanya beberapa kali dalam seminggu, seperti 1 – 3 kali dalam seminggu.

Karena, jika di berikan setiap hari dan dalam diberikan dalam jumlah yang banyak, maka bisa membuat kesehatan burung terganggu.

Efek Samping Jagung Muda untuk Lovebird

 Dari berbagai ragam manfaat jagung muda manis untuk lovebird, ternyata jagung juga memiliki efek samping untuk lovebird, jika di berikan dengan cara yang tepat, seperti :

  • Dapat membuat birahi lovebird menjadi tinggi jika di berikan setiap hari dan di berikan dalam jumlah banyak ( tapi cocok di berikan pada lovebird yang akan di ternakan, karena jagung memiliki kandungan yang tinggi, yang baik untuk organ reproduksi dan birahi burung agar kawin terus, namun tetap jangan di berikan terlalu banyak), namun jika di berikan pada lovebird lomba kurang bagus, karena dapat meningkatkan birahinya terlalu tinggi

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

  • Jangan berikan jagung secara berlebihan, karena bisa membuat lovebird menjadi mencret

Manfaat Jagung Muda untuk Lovebird

Agar manfaat jagung bisa di rasakan oleh lovebird, maka tentunya pemberiannya diberikan secara cukup. Dan untuk manfaatnya itu sendiri, diantaranya :

  1. Birahi lovebird akan naik, sehingga burung akan rajin ngekek, karena birahi menjadi pemicu lovebird menjadi gacor, namun hal tersebut bisa di dapatkan jika porsi jagung cukup
  2. Jangung memiliki kandungan nutrisi yang komplek, sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan gizi lovebird, yang bagus untuk metabolisme tubuh, dan membuat tubuh burung menjadi prima, segar dan fit
  3. Jagung memiliki manfaat untuk meningkan imunitas burung, sehingga bagus untuk mengatasi lovebird yang kurang fit, lesu dan sakit
  4. Terdapat kandungan beta karoten pada jagung muda manis, sehingga bagus untuk kualitas bulu burung
  5. Terdapat kandungan, protein, kalori, gula dan karbohidrat pada jagung, sehingga aktifitas burung lancar karena memiliki tenaga yang besar asupan pakan dari jagung

Lihat Juga : Manfaat Kangkung untuk Lovebird

Cara Melatih Lovebird Makan Jagung Muda

Meskipun di berikan jarang-jarang, jagung manis sangat perlu di berikan pada lovebird, dan jika lovebird tidak mengkonsumsinya makanburung bisa kekurangan supan gizi yang lengkap, karena gizi yang terdapat pada jagung manis sangat banyak.

Jika lovebird peliharaan anda belum terbiasa makan jagung, maka berikut adalah cara memberikan dan melatihnya agar terbiasa makan jagung.

  • Parut jagung muda tersebut dan mencampurkannya pada pakan milet
  • Pada awalnya, lovebird akan memilih pakan milet untuk di konsumsi, namun lambat laun lovebird akan terbiasa oleh aroma jagung dan burung akan mau mengkonsumsinya
  • Angkat pakan milet yang biasa di berikan pada pagi hingga siang hari, agar burung terpaksa makan jagung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *