manfaat garam untuk lovebird

Manfaat dan Cara Memberikan Garam untuk Lovebird yang Tepat

Posted on

Pemberian air garam pada lovebird masih pro kontra, ada yang tidak setuju karena ga bagus untuk lovebird dan untuk yang lainnya malah menganjurkan untuk memberikannya, karena memiliki manfaat yang bagus untuk burung.

Ya, pro kontra yang terjadi tentunya di sebabkan oleh keyakinan dan pengetahuan dari kicau mania masing-masing.

Namun, bagi anda yang ingin menerapkan untuk memberikan air garam pada lovebird, sebaiknya terlebih dahulu tentang pemberian air garam yang sering di lakukan oleh kicaumania Eropa dalam perawatannya sering memberikan air garam dan cara memberikannya seperti yang sebentar lagi anda ketahui penjelasannya di bawah ini.

Penghobi Burung Eropa Sering Memberikan Garam Pada Burung

Seperti yang di kutip dari berbagai media, ternyata pada penghobi burung atau kicamania di eropa sering memberikan garam pada burung peliharaannya.

Baca Juga : Manfaat Batu Bata Merah untuk Lovebird

Dan hal tersebut tentunya bukan tidak ada alasan, karena kandungan kandungan yang terdapat pada garam memiliki kandungan Klorida ( CI ) dan kandungan Natrium atau soduim ( Na ).

Dari kandungan yang terdapat pada garam tersebut tentunya memiliki manfaat yang baik untuk kinerja otot, membantu mentransmisi saraf dan memenuhi kebutuhan mineral pada tubuh burung.

Cara Memberikan Garam untuk Lovebird

Namun, untuk mendapatkan manfaat dari garam untuk burung, tentunya ada cara yang harus dilakukan, seperti memberikan dengan jumlah garam yang tepat dan hal lainnya.

Dan jika pemberikan air garam pada lovebird dengan jumlah yang tidak tepat, misalkan jumlah yang berlebihan, maka hal tersebut tidak baik bagi burung, dan mungkin inilah yang di katakan oleh yang kontra memberikan air garam pada lovebird.

Untuk itu, agar tidak salah dalam memberikan, dan mendapatkan manfaat dari air garam pada lovebird, berikut adalah tips untuk memberikan garam Pada Lovebird:

Baca Juga : Perawatan Lovebird Jantan Single Fighter

  1. Jangan Berikan Setiap Hari

Jika air garam di berikan pada lovebird setiap hari, maka tubuh burung tidak akan kuat dan bisa mengakibatkan kematian.

Selain itu, burung tidak akan bisa mencerna garam jika jumlah garamnya yang berlebihan, sehingga dapat merusak sistem saraf dan ginjal.

Untuk frekuensi pemberian air garam, sebaiknya cukup dilakukan 1 -2 kali dalam seminggu dan itupun hanya di berikan dalam jumlah yang sedikit.

  1. Jangan Campur Air Garam dengan Jeruk Nipis

Beberapa informasi, dari beberapa orang kicau mania yang memberikan air jeruk dan air garam secara bersamaan pada lovebird, belum 2 menit, lovebird peliharaannya tersebut langsung mati.

Ya, hal tersebut pastinya akan terjadi, karena kandungan asam yang terdapat pada air garam dan jeruk nipis sangat tinggi, sehingga burung akan mati.

Baca Juga : Manfaat Glodok Bambu Gila untuk Lovebird

  1. Mencampur sedikit Garam dengan Biji-bijian

Campurkan sedikit garam pada pakan biji-bijian yang akan di berikan pada lovebird, atau ketika anda ingin memberikan milet putih, sebelumnya di taburi dulu dengan garam sedikit.

  1. Mencuci Pakan dengan Garam

Pakan sayur dan buah-buahan biasanya harus di cuci terlebih dahulu, agar kandungan pestisida yang ada pada buah dan sayur akan hilang.

Dan biasanya, ketika selesai di cuci, air garam yang menyerap pada sayur dan buah akan termakan oleh lovebird ketika di konsumsi.

  1. Campur sedikit Garam pada Air Minum

Campur air minum lovebird dengan mentaburi sedikit garam setiap 1 -2 kali seminggu.

Salah satu juara lovebird ratu melinda juga mengkonsumsi air garam juga, terutama pada H – 1 sebelum lomba dan pada saat over birahi agar stabil birahinya.

Lihat Juga : Download Suara Lovebird Ratu Melinda MP3

  1. 1 Kg Milet di Campur 1 Sendok Makan Garam

Campurkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 kg milet. Pertama-tama milet di bilas terlebih dahulu sebanyak 3 kali, lalu campur dengan 1 sendok garam dan 1 gelas air minum.

Aduh hingga merata, lalu milet tersebut di tiriskan dan di jemur hingga kering, dan milet siap di berikan pada lovebird peliharaan anda.

Manfaat Air Garam untuk Lovebird

Dengan melihat penjelasan cara memberikan garam pada lovebird, tentunya sebagian pembaca bertanya-tanya,

“manfaat garam untuk lovebird apa sih ? “

Manfaat Air Garam untuk lovebird di antaranya :

  • Garam sebagai asupan kebutuhan mineral untuk lovebird
  • Lovebird menjadi tidak mudah loyo dan lesu sehingga menjadikannya lebih aktif
  • Bisa mengatasi lovebird yang malas berkicau dan lemas
  • Bisa mencegah dan mengatasi lovebird mengalami kebotakan
  • Dapat menambah daya tahan tubuh lovebird, terutama ketika perubahan cuaca yang kurang kondusif
  • Mampu menstabilkan birahi lovebird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *