lovebird stres di kandang koloni

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Stres di Kandang Koloni

Posted on

Dalam memelihara burung tentunya banyak beragam cara yang dilakukan, seperti memelihara dalam sangkar dan juga memelihara burung dalam kandang koloni.

Dalam memelihara burung entah itu di kandang koloni atau sangkar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Permasalahan yang kerap kali terjadi dalam memelihara burung di kandang koloni adalah dimana burung mengalami stres, mengalami cidera dan bahkan terjadi kematian.

Namun, meskipun merawat burung di dalam kandang koloni nyatanya tidak semua jenis burung bisa di pelihara di kandang koloni, hanya beberapa jenis burung saja yang bisa di campur dengan jenis burung lain dalam 1 kandang.

Pengertian Kandang Koloni

Pengertian dari kandang koloni merupakan jenis kandang yang di isi oleh beberapa ekor burung sejenis dan juga berbeda jenis. Namun, untuk memelihara burung di kandang koloni tidak bisa dilakukan bagi burung Fighter atau burung yang bersifat teritorial. Dan untuk jenis burung yang bisa di kandang koloni merupakan burung paruh bengkok ( parrot ) seperti lovebird, parkit dan beberapa jenis burung finch.

Baca Juga : Cara Merawat Burung di Musim Hujan

Namun, jika anda ingin memelihara burung di kandang koloni dengan berbeda jenis burung, alangkah baiknya menggunakan kandang koloni yang luas yang dilengkapi dengan tempat bersarang, dan lengkap pepohonan ( Seperti kandang Aviary ).

Penyebab Burung Stres di Kandang Koloni

Seperti yang telah di sampaikan di atas, merawat burung di kandang koloni memilki kekurangan tersendiri, dan kekurangan tersebut bisa di cegah dan di atasi dengan melakukan perawatannya dengan tepat, dan untuk penyebab burung stres di kandang koloni di antaranya :

  • Ada salah satu burung fighter di antara kandang koloni
  • Tidak memiliki tempat privasi untuk burung atau tempat untuk bermesraan antar pasangan burung
  • Tenggeran yang ada di kandang koloni terlalu sedikit
  • Tempat bersarang antara burung jaraknya terlalu dekat
  • Pakan yang ada di kandang koloni terlalu di dominasi oleh burung tertentu, sehingga burung lain sulit mendapatkan makanan
  • Stok makanan yang ada di kandang koloni terlalu sedikit atau tidak cukup
  • Jumlah burung yang ada di kandang koloni terlalu banyak
  • Kandang koloni di isi dengan beberapa jenis burung ( sebaiknya di lengkap dengan kandang koloni yang luas, lengkap dengan pepohonan, tempat bersarang seperti kandang Aviary )

Baca Juga : Manfaat Jahe Buat Burung

Cara Mengatasi Burung Stres di kandan Koloni

Untuk mengatasi burung yang stres di kandang koloni tentunya ketahui terlebih dahulu tentang penyebabnya, dan cara untuk mengatasinya berbeda pula nantinya.

  1. Kurangi Jumlah Burung

Jumlah burung di kurangi, jika kandang koloni terlalu sempit. Dengan jumlah burung terlalu banyak dan jumlah burung terlalu banya maka ruang gerak burung akan terbatas, dan burung akan bisa bernafas dengan lega dengan memindahkan sebagian burung ke kandang lain, atau ke kandang koloni lainnya.

  1. Sediakan Pakan dan Air Minum yang Cukup

Pakan yang cukup di kandang koloni bisa menghindari burung mengalami stres, jika anda memiliki 5 burung di kandang koloni, maka sedikan tempat pakan dan tempat minum lebih dari 1.

Dengan menyediakan tempat pakan lebih satu untuk menghindari salah satu burung yang mendominasi pakan atau menguasai pakan yang menyebabkan burung lain tidak kebagian makanan.

Selain itu, berikan pakan tambahan untuk burung yang berada di kandang umbaran, seperti sayuran yang sudah di potong-potong dan di simpan didasar sangkar.

Baca Juga : Ragam Manfaat Jemur Burung Pagi Hari

  1. Pisahkan Burung yang Galak

Burung yang galak atau terlalu agresif bisa menyerang burung lainnya yang ada di kandang koloni, karena bisa membuat burung lain menjadi tidak nyaman dan membuatnya stres.

Terutama ketika burung akan di ternak, sebaiknya pisahkan burung yang terlalu egresif, karena bisa membuat indukan betina burung tidak mau bertelur karena tidak nyaman dengan keberadaan burung yang terlalu agresif tersebut.

  1. Sediakan Tangkringan Sendiri untuk Privasi

Memberikan tenggeran khusus atau tangkringan khusus dapat membuat burung menjadi terhindar dari stres.

Tenggeran khusus yang di gunakan harus berbeda dari tenggeran yang ada di pasaran, dan khusus di gunakan untuk masing-masing burung sebagai tempat privasi mereka sehingga burung menjadi rajin berkicau dan aktif.

  1. Perhatikan Ukuran Tubuh Burung

Alangkah baiknya jika memelihara burung di kandang koloni, memasukan burung yang memiliki ukuran tubuh yang hampir sama, tidak salah satunya terlalu besar dan terlalu kecil

Karena jika hal tersebut terjadi bisa membuat burung yang besar akan mendominasi dan berlaku agresif terhadap burung yang memiliki ukuran kecil.

Namun, jika burung kecil tidak mau mengalah terhadap burung besar dan malah melawannya, maka dalam jangka berkepanjangan, burung akan menjadi saling berkelahi dan salah satu burug akan mengalami kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *